Page 1 of 2
EDF Trainer
Posted: 06 Sep 2010, 15:05
by redsky767
Masih terinspirasi dengan Fan Trainer. Karena belom berani bikin kayak suhu iwan21 (keliatannya susah) makanya bikin lagi jet trainer versi sendiri.

. Bahannya semua dari poly foam 5 mm.
Data2 :
WS : 130 cm
Wing Root : 21 cm
Wing Tip : 7 cm
Fuselage : 89, 5 cm
Servo : Esky 12 Gram 4 x
Motor : BDUS 3800 kv
EDF : 68 mm 7 blade
ESC : BDUS 30 Amp
Static Thrust : 850 gram (di test dengan batre Dualsky 2200 mAh)
AUW : 800 gram (menggunakan batre Turnigy Nano Tech 2650 mAh) masih belum dapat menyerap elmu meringankan badannya para suhu gaero
berikut gambar2 nya :

berfoto dengan flight enginernya


tampak samping


canopy dari tutup spray pembersih kaca


landing gear with steering whell dari ruji motor disambung dengan ruji payung

gear belakang pake jurus suhu Doms, cuma saya modif pake plat alumunium 3 mm yang dilapis dua dan di sandwich dengan epoxy.
mohon masukan dan terawangan dari rekan2 dan para suhu gaero, agar waktu maiden bisa sukses.
Salam Hangat
Re: EDF Trainer
Posted: 06 Sep 2010, 15:15
by iwan21
Kalo liat thrustnya sih mestinya cukup
(Fantrainer saya beratnya 550 gr, statik thrus EDF-64 nya sekitar 500gr, take off masih ringan dan kenceng, bahkan handlaunch juga gampang)
cuman wingloadingnya agak mengkhawatirkan ( antara 38 sampe 40 gr/dm2 kalo lebar sayap saya ambil rata2 15-16 cm)
glidenya agak kecil dan terbang mesti dg power terus
( fantrainer saya yg wingloadingnya 32 gr/dm2 masih bisa glide bagus)
Re: EDF Trainer
Posted: 06 Sep 2010, 15:22
by redsky767
berarti harus lebarin wing rootnya lagi ya suhu iwan ? atau kalo nambahin wingspannya bisa gak ya ? apa tidak akan berpengaruh terhadap kestabilan pesawat (mengingat panjang fuselagenya cuman 89,5 cm). atau saya pake batre dualsky yang 2200 maH saja suhu ? karena kalo pake yang 2200 maH bisa hemat 50 gram beratnya. oh ya data tambahan suhu ; airfoilnya saya pake yang flat bottom dgn harapan agar daya angkatnya menjadi lebih besar.
Terima kasih atas petunjuknya suhu iwan21.
Re: EDF Trainer
Posted: 06 Sep 2010, 15:37
by iwan21
selama pake yg 2200 mah cukup, lumayan om bisa lebih ringan 50 gr
gak usah dirubah dulu lah, terbangin dulu aja, kalo puas ya gak perlu diubah2 lagi hehehehehee, apalagi airfol udh cocok pake flat bottom
Re: EDF Trainer
Posted: 06 Sep 2010, 16:20
by atari7up
Re: EDF Trainer
Posted: 06 Sep 2010, 16:54
by redsky767
wah mau kali oom atari, tunggu setelah lebaran ya.

pasti saya datang. Salam buat teman2 DAC
Re: EDF Trainer
Posted: 07 Sep 2010, 00:37
by atari7up
Ditunggu kehadirannya Om....

Re: EDF Trainer
Posted: 30 Sep 2010, 01:40
by redsky767
Temans dan parah suhu Gaero sekalian, pada saat maiden EDF Trainer v.1, pesawat berhasil terbang dengan baik. Takeoffnya cukup 4 meteran udah terbang. Karakterisktiknya stabil, sangat cocok buat pemula seperti saya. Sayangnya karena kebelet pengen ngetes, jadi lupa ngerekam
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
. Benar seperti pandangan suhu iwan21, dengan perkiraan wingloading antara 38 sampe 40 gr/dm2 ternyata pesawatnya keliatan berat waktu climbing, tapi diluar itu batre dan esc + motornya cukup adem. Saya bisa maen sekitar 10 menit dengan batre 2200 mAh (dua kali terbang). Dengan batre ini AUW menjadi 740 gram.
Karena masih penasaran untuk praktekin elmu ngeringankan tubuh dari para suhu gaero, akhirnya nyoba bikin v.2 nya. pada v.2 saya pake EDF 70 serta batre Turnigy 2650 mAh (esc dan perangkat lainnya tetap), hasilnya AUWnya dapat 810 gram.

, susah ternyata elmu menringankan tubuh
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
. Tapi luamayanlah...mungkin karena thrust nya lebih lebih besar(belum sempat ngukur) jadi pasti rasionya lebih kecil dibanding yang v.1.
berikut gambar EDF trainer v.2




ini lagi dijampi2 ama pilotnya

ini sedikit pidionya :

oh ya sekalian nampilin pesawat twins motor pertama saya. berhasil terbang setelah gagal take off 4 kali. karena pada saat take off motornya mati mendadak. Penyebabnya sepertinya setelah (prop-nya sinkron) saya naikin throtle -nya secara seketika. 4 kali mencoba akhirnya ketemu juga selahnya. pesawat harus dilarikan dengan jarak yg cukup jauh, agar trhottle bisa dinaikkan secara perlahan (apakah ini karena menggunakan satu ESC ?)

. pas mengudara ternyata pesawat ini ternyata cukup anteng terbangnya. bisa terbang slow. cuma karena penempatan motornya gak pake right thrust dan juga gak pake contra rotating, pesawatnya cenderung banking ke kiri. masalah ini saya atasi dengan mengetrim aileron berat kekanan sedikit.
berikut gambar2nya :




berikut pidionya :

sekian dulu laporannya,
tabek.
Re: EDF Trainer
Posted: 30 Sep 2010, 03:45
by hery_s

pesawatnya yg EDF mantaf om....gimana dengan hasil terbangnya nih ? biar coba buat juga, ada edf yg nganggur.wingnya bisa dilipat dua nggak ya. kalo ukuran 130 cm susah kalo mau dibawa-bawa kayaknya om.
Re: EDF Trainer
Posted: 30 Sep 2010, 08:12
by iwan21
Mantaf..ternyata EDF trainer terus beranak cucu nih..
redsky767 wrote:oh ya sekalian nampilin pesawat twins motor pertama saya. berhasil terbang setelah gagal take off 4 kali. karena pada saat take off motornya mati mendadak. Penyebabnya sepertinya setelah (prop-nya sinkron) saya naikin throtle -nya secara seketika. 4 kali mencoba akhirnya ketemu juga selahnya. pesawat harus dilarikan dengan jarak yg cukup jauh, agar trhottle bisa dinaikkan secara perlahan (apakah ini karena menggunakan satu ESC ?)

. pas mengudara ternyata pesawat ini ternyata cukup anteng terbangnya. bisa terbang slow. cuma karena penempatan motornya gak pake right thrust dan juga gak pake contra rotating, pesawatnya cenderung banking ke kiri. masalah ini saya atasi dengan mengetrim aileron berat kekanan sedikit.
sekian dulu laporannya,
tabek.
Twin dg satu ESC memang untung2an bisa sinkronnya, proyek twin saya sementara brenti dulu, gak berani pake ESC satu
Utk ngatasin twin motor dg blade yg gak contra rotating, coba kedua motor di hadapkan keluar semua ( yg kiri offset ke kiri, yg kanan offset ke kanan) model pesawat twin motor yg kontrolnya pake thrust differensiator, semoga membantu masalah ini