Page 1 of 3

tentukan cg trainer

Posted: 08 Feb 2011, 15:00
by sulistio
apa fuel harus di isi penuh untuk menentukan cg high wing trainer 46?
di itung berapa cm untuk menentukan cg di sayap.apa 1/3 dri total sayap or 1/4 dri total sayap?

Re: tentukan cg trainer

Posted: 08 Feb 2011, 15:44
by toto
salam kenal lagi ah,

untuk menentukan CG pesawat dengan tenaga engine harus dalam kondisi fuel tank kosong

secara empiris menentukan CG apabila tidak ada penjelasan di manual mulailah dari 1/3 wing chord diukur dari leading edge dan titik penimbangannya sedekat mungkin dengan fuselage atau bisa juga dengan memegang dengan jari di ujung kedua sayapnya (wing tip), awalnya disarankan agak nose heavy dikit aja loh (hal ini untuk meminimalisir pesawat masuk kondisi stall) nah abis itu silahkan di atur kembali setelah penerbangan sesuai dengan selera sang penerbangnya

pada saat maiden apabila tidak yakin sebaiknya didampingi oleh yang memiliki jam terbang lebih tinggi atau setidak-tidak nya ada yang membantu melakukan setting trim agar pesawat menjadi steady

semoga informasi ini sesuai adanya dan para suhu mohon koreksiannya

salam

Re: tentukan cg trainer

Posted: 08 Feb 2011, 16:13
by doditsky
kalo nggak ada tandemnya berarti setengah nekat ya pakde toto....hiks...untungnya trainer 46 ku dulu sudah level saat seting di bawah.....Alhamdulillaah....seting diatas dengan setengah gemetar...modal penggaris pakde toto...asal lurus dengan garis sayap dengan aileron..dintip sampai ngeces :ngl :ngl :ngl ...lurus....saya anggap level..pake penggaris lagi ke elevator...intip lagi...hahaha setengah ngawur sih....nggak saya ukur cg...percaya dgn pabrikan dan contoh disimulator..suer berat kalo dengan satu jari..pernah sekali saya ukur..pesawat malah kayak timbangan...gandul-gandul... :ha3 :ha3 :ha3 ...

Re: tentukan cg trainer

Posted: 08 Feb 2011, 16:18
by toto
ya enggak nekad juga lah om suhu doditsky ... yang perlu yakin dan terukur serta mengenal medan sekitar kita terbang, itu aja modalnya kalau musti nunggu yang nemenin padahal emang dilingkungan tidak ada lah kapan terbangnya entar ................ begitu loh om suhu ........... :ok

Re: tentukan cg trainer

Posted: 08 Feb 2011, 19:58
by sulistio
salam kenal jg pakde toto dari tarakan.
ini masi belum berani maiden trainernya.
takut salah di cg nya.rencana nya setelah lolos dicesnna elektrik mau langsung nyoba trainernya.

Re: tentukan cg trainer

Posted: 08 Feb 2011, 21:46
by doditsky
waahh...susahan pake chesna electrik om sulistyo...kalo dah lulus chesna ..kembali ke high wing...kayaknya tambah anteng saja...

pakde toto....barusan glider electrik yang saya piloti ilang. :whoaa :whoaa :whoaa ..hehehehe berarti belum suhu dunk.....nggak gubrak..tapi ilangggggg.....kena angin nggak kuat..sudah saya down masih saja naik...kena angin....

Re: tentukan cg trainer

Posted: 09 Feb 2011, 07:30
by setyo antarikso
Pakde Toto, nyuwun wejangan kalo selama ini saya ngukur cg selalu dengan kondisi tanki setengah penuh..

pertimbangannya jika setting cg dgn tanki setengah range batas cg tanki penuh dan batas cg tanki kosong tidak terlalu besar....
kalo disetting pas cg tanki kosong, pada saat tanki penuh jadi nose heavy suhu karena ketambahan fuel..itu sih juga teoritisnya loh suhu...mohon pencerahannya...

:thx

Re: tentukan cg trainer

Posted: 09 Feb 2011, 09:13
by toto
wah ada pelajaran baru nih dari suhu setyo perlu ditulis nih dalam buku catatan saya dan kiranya patut di pertimbang kan juga untuk di coba dengan pemikiran saya maka dengan cara om suhu mas Setyo :

1. pada saat takeoff agak nose heavy
2. pada saat udar ider beberapa menit setelah airborne kondisi balance
3. pada saat landing dengan catatan fuel sudah mendekati habis agak tail heavy

maka kira2 kestabilan dari meninggalkan landasan sampai menclok kembali kira2 balance, gitu enggak ya suhu hasil penalaran pemula nih

nah sekarang pemahaman saya kenapa CG ditimbang pada kondisi fuel tank kosong gini nih :

1. memang benar pada saat take off fuel tank pada kondisi penuh akan mengakibatkan nose heavy tapi dengan kondisi nose heavy akan memudahkan mengontrol pesawat karena pada take off umumnya power engine dibuka relatif agak besar sehingga kemungkinan waktu airborne pesawat langsung mendongak sebelum mendapatkan kondisi speed dan ketinggian aman yang diharapkan menjadi relatif lebih kecil, kondisi yang tiba2 mendongak ini merupakan hal yang sangat dihindari karena pesawat akan masuk kondisi mlorot atau stall atau mlintir
2. pada saat cruising karena fuel masih penuh biasanya saya lakukan trim
3. begitu juga pada saat landing pun saya bermain juga trim juga jadi tidak semata mengontrol melalui gimbal

jadi selama penerbangan trim selalu saya lakukan ini kira2 sama lah seperti menerbangkan pesawat sebenarnya, jadi yang fix itu hanya setting didalam menu saja tapi hal ini pun juga tidak tertutup di ubah apabila selama penerbangan dirasakan kontrol melalui gimbal di rasakan tidak sreg misalnya terkait dengan sensitivitas kendali, karena trim sering digunakan maka step trim saya ubah juga dari standard yg tadinya 1 klik itu 4 point menjadi 8 point biar lebih kerasa, yang terang koreksi melalui trim akan lebih halus daripada dilakukan melalui gimbal maklum jempol saya sudah kaku om

saya belajar dari suhu saya untuk memanfaatkan agar lebih optimal dalam penggunaan remote, maka saat ini di remote di set dalam 3 kondisi lebih pun juga bisa kalau mau yang terang setting tersebut adalah untuk condition

1. take off dan landing (coordinated antara throttle dan elevator dan bumbu2 yang lain)
2. normal (coordinated antara aileron dan rudder dan lagi2 bumbu2 yang lain)
3. aerobatic dan 3D (coordinated bumbu khusus)

nah kira2 gitu deh hubungannya fuel tank penuh - CG - setting menu di remote - trim terus kan om suhu mas Setyo pakai remote sakti sayang dong kalau enggak digunakan lebih optimal menu2 yang tersedia kan waktu beli udah termasuk bayar untuk menu2 tersebut ................ :htg

semoga apa yg saya sampaikan ini tidak membingungkan karena mungkin keluar dari pakem ber aero dan mohon maaf apabila ada yang tidak sesuai apalagi tidak benar adanya terus kalau ada yang salah mhon koreksinya untuk memperbaiki catatan saya

salam

Re: tentukan cg trainer

Posted: 09 Feb 2011, 09:25
by Syafik
pelajaran berharga buat yang belum pernah punya pesawat engine... seperti saya

Re: tentukan cg trainer

Posted: 09 Feb 2011, 09:27
by toto
ah pa'de Syafik bikin saya mengkerut aja deh .................... :ok