Page 1 of 2
Tanya Tipe motor anti air BL/Brushed
Posted: 03 Oct 2011, 12:50
by hartanto
Om2 Suhu2 numpang tanya sesuai judul
kira kira apa ya letak posisi kerendam air
makasih infonya.

Re: Tanya Tipe motor anti air BL/Brushed
Posted: 03 Oct 2011, 12:55
by iwan21
Seinget saya om Hartanto belom isi data diri dan perkenalan deh ( atau udah tapi saya belum baca ? )
Re: Tanya Tipe motor anti air BL/Brushed
Posted: 03 Oct 2011, 13:18
by hartanto
sepertinya udah deh tapi waktu itu blm ada avatarnya udah lama yah klo lupa
salam kenal lagi deh untuk semuanya
udah saya bikin lagi data dirinya mohon bimbingannya
Re: Tanya Tipe motor anti air BL/Brushed
Posted: 03 Oct 2011, 13:56
by NF
BL anti air ?......mo buat apa om ?.....setahu saya , malah motor brush tahan air krn dulu kalo breakin motor RS 500 selalu ta' rendem dlm air supaya ga panas krn rpm rendah.
kalo bl mah belon pernah coba
>>>>met gabung om....<<<<<<<
Re: Tanya Tipe motor anti air BL/Brushed
Posted: 03 Oct 2011, 14:03
by dulbehek
NF wrote:BL anti air ?......mo buat apa om ?.....setahu saya , malah motor brush tahan air krn dulu kalo breakin motor RS 500 selalu ta' rendem dlm air supaya ga panas krn rpm rendah.
kalo bl mah belon pernah coba
>>>>met gabung om....<<<<<<<
iya soale dulu pernah waktu kecil punyak boat pake motor brush
walau kelelep itu motor tetep muter
Re: Tanya Tipe motor anti air BL/Brushed
Posted: 03 Oct 2011, 19:30
by hartanto
Jadi yg tahan air itu motor brush ya suhu
rencananya sih buat main boat pake motor bekas wd esc wd 30A
Re: Tanya Tipe motor anti air BL/Brushed
Posted: 04 Oct 2011, 00:03
by muchtar
hartanto wrote:Jadi yg tahan air itu motor brush ya suhu
rencananya sih buat main boat pake motor bekas wd esc wd 30A
salam kenal om hartono, setau saya semua motor dc atau Ac kalau kelamaan kerendem air pastinya kebakar ,tapi.... kalau hanya kepercikan air sdikit lah ya mungkin ga apa2,
saya pernah main WD pakai floting pertama yang saya protek adalah ESC dibungkus dengan plastik dan di lem dgn lem GLUGAN .begitu pesawat tekoff langsung terbalik sayap WD nyungsep kerendem air termasuk motornya dan alhamdulilaih motor masih aman, motor langsung dikeringkan lagi, setelah perbaikan posisi CG di pesawat WD akhirnya berhasil naik diudara
>Jadi kesimpulannya Motor Brasles tahan AIR dengan catatan sewaktu kerendem air motor tidak ada setrum atau tidak dijalankan.
Mungkin dari para suhu2 bisa memberikan pencerahan,...
salam
Re: Tanya Tipe motor anti air BL/Brushed
Posted: 04 Oct 2011, 00:05
by muchtar
sory Om nulis namanya salah ,....salam kenal om hartanto,
Re: Tanya Tipe motor anti air BL/Brushed
Posted: 04 Oct 2011, 00:45
by christoffel
ralat dikit ...
motor BL relatif lebih tahan air daripada motor brush. (karena nggak ada brush nya)
secara electric, semua motor tegangan rendah tahan air (tidak akan korslet/terbakar berapa lama pun di rendam air).
Secara mekanis, air kurang baik pengaruhnya. bagian yg nggak suka air adalah bearing nya. kecuali kalau bearingnya diganti yg waterproof (sealed). semua bahan logam kurang suka air karena akan mempercepat proses korosif, pada motor brush ketambahan lagi bagian brush dan komutatornya bakalan berkarat dan mengganggu kontak listriknya ...
Re: Tanya Tipe motor anti air BL/Brushed
Posted: 04 Oct 2011, 02:11
by hartanto
christoffel wrote:ralat dikit ...
motor BL relatif lebih tahan air daripada motor brush. (karena nggak ada brush nya)
secara electric, semua motor tegangan rendah tahan air (tidak akan korslet/terbakar berapa lama pun di rendam air).
Secara mekanis, air kurang baik pengaruhnya. bagian yg nggak suka air adalah bearing nya. kecuali kalau bearingnya diganti yg waterproof (sealed). semua bahan logam kurang suka air karena akan mempercepat proses korosif, pada motor brush ketambahan lagi bagian brush dan komutatornya bakalan berkarat dan mengganggu kontak listriknya ...
Terima kasih om Chris sekarang jadi jelas jadi motor BL walau dalam air masih ada arusnya gak apa2 dalam jangka waktu yg tdk lama