KOPLING RAPTOR TITAN

Diskusi tentang heli engine

Moderators: ferry, sahid, handoyo6299

User avatar
Iskandar Komar
Airman
Airman
Posts: 35
Joined: 21 Apr 2007, 12:03
Location: Bekasi
Contact:

Post by Iskandar Komar »

e12ry wrote:
Iskandar Komar wrote:
e12ry wrote:wah kalo itu emang penyakitnya raptor pak engage..... hampir semua rapto begitu pak....
kalo saya saya diemin aja..... kalo jebol baru ganti...
cuman saran pak jai di ragum sih bisa...... cuman lama2 gitu lagi....
bosen juga.... ahirnya di diemin aja...


Mas e12ry,

Wah kalau itu penyakitnya Raptor aneh juga ya ... jadi gak bisa idle dengan anteng engine mati melulu, aku gak paham jalan keluar ngatasinya......
Kalau Trotle agak gede dikit blade pinginnya muter melulu ....agak kuarang nyaman juga startingnya.


rgds.

Iskandar Komar


mesin os ya.....
dulu saya juga gitu... coba mixture valve di cekek dikit biar idle nya ngga mati2.....
cuman needle harus lebih di buka.....
tapi yg saya rasakan tenaga jadi boyo....

maka itu kalo aku aku buka lagi mixturenya biar needle nya bisa lebih di cekek.... cuman ya gitu idlenya setengah mati....
kalo masalah clutch.... aku udah nanya sama yg main raptor.... ya emang itu sih penyakitnya.... kebanyakan gitu.... tapi ngga semua juga....
tergantung hoki2 an juga sih....
hehehehe

Engine OS hyper,

Kalau diganti dengan menggunakan clutch dan housingnya milik Trex-600 bisa nggak ...ya, karena clutchnya milik raptor itu lemah sangat kalau digetok pakai palu dekit aja udah bisa balik normal....sehingga waktu ngembang cendrung gak mau balik posisi semula.....ini berandai andai saja.....habis belum ketemu cara ngatasinya ini penyakit.....sayang dulu waktu belinya lagi gak hoki......jadi deh begini.....capek deh.


Iskandar Komar

Semoga membantu.....
Erry .S
User avatar
Ravenchan
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 2844
Joined: 31 May 2007, 11:07
Location: M-E-D-A-N
Contact:

Re: KOPLING RAPTOR TITAN

Post by Ravenchan »

kebetulan ada pembahasan Kopling, mau tanya soal kopling ini. Hirobo Sceadu 50 teman saya mengalami masalah. RPM engine masih bagus/tinggi tetapi putaran blade serasa menurun rpmnya dibanding pada saat masih baru. Apakah ini gejala kopling bermasalah?

Apakah yang harus diganti?
1. Apakah cukup diganti kain clutchnya saja?
2. Bagaimana cara/step mengganti kain clutch yang benar?
3. Ataukah harus diganti seluruh clutch bell beserta dengan clutch shoenya?
4. Bagaimana ciri2 bahwa clutch bell / clutch shoe masih layak digunakan/kondisi masih bagus?
5. Berapakah jarak antara clutch bell dan clutch shoe yang benar?
6. Apakah ada trik untuk menghemat penggantian kain clutch ini?

Mohon bantuan dan tips trik teman2 para pemain heli...

terima kasih sebelumnya
User avatar
e12ry
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 355
Joined: 06 May 2007, 20:05
Location: -Earth-

Re:

Post by e12ry »

Iskandar Komar wrote:Engine OS hyper,

Kalau diganti dengan menggunakan clutch dan housingnya milik Trex-600 bisa nggak ...ya, karena clutchnya milik raptor itu lemah sangat kalau digetok pakai palu dekit aja udah bisa balik normal....sehingga waktu ngembang cendrung gak mau balik posisi semula.....ini berandai andai saja.....habis belum ketemu cara ngatasinya ini penyakit.....sayang dulu waktu belinya lagi gak hoki......jadi deh begini.....capek deh.


Iskandar Komar


Clutch ukuran beda sama 600... dan ngga bisa di ganti... ya harus terima aja..... kalo mau ganti pake quick uk..... beli di singapore.... mockingbird.... call aja....
User avatar
e12ry
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 355
Joined: 06 May 2007, 20:05
Location: -Earth-

Re: KOPLING RAPTOR TITAN

Post by e12ry »

Kalo menurut saya......
1. Apakah cukup diganti kain clutchnya saja?
tergantung slutch shoe nya dah lemah belum..... alias kadang enggage kadang suka nge jerit sendiri tapi head speed malah turun.......

2. Bagaimana cara/step mengganti kain clutch yang benar?
clutch bell di amplass dulu biar lem bisa nempel.... trus linearnya di ukur sampe pas... jangan lebih jangan kurang.... trus kasih deh lem besi atau araldite.... atau apa aja lah yg kuat.... trus sebelum di pasang.... clutch shoe di kasih selotip dulu setebal jarang yg di ingin kan antara linear sama clutch shoe... dah gitu linear di pasang sambil di lem trus clutch yg dah di tambah selotip teken masuk ke dalam diemin deh 1 harian.... beres deh.....

3. Ataukah harus diganti seluruh clutch bell beserta dengan clutch shoenya?
Ngga... buang2 duit....

4. Bagaimana ciri2 bahwa clutch bell / clutch shoe masih layak digunakan/kondisi masih bagus?
Gigitannya masih sip.... coba di terbangin dan di lihat pas idle.... seperti penjelasan ku di atas atau di lihat linear yg di clutch bell dah... robek2 kaya gembel belum heheheheheh...

5. Berapakah jarak antara clutch bell dan clutch shoe yang benar?
se cukupnya ngga terlalu lebar dan ngga terlalu nempel.....

6. Apakah ada trik untuk menghemat penggantian kain clutch ini?
maksudnya?? ngga ngerti hehehehehehe #-o #-o

Sekian....
User avatar
setyo antarikso
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 536
Joined: 01 Apr 2008, 12:33
Location: Jakarta Timur
Contact:

Re: KOPLING RAPTOR TITAN

Post by setyo antarikso »

e12ry wrote:5. Berapakah jarak antara clutch bell dan clutch shoe yang benar?
se cukupnya ngga terlalu lebar dan ngga terlalu nempel.....

6. Apakah ada trik untuk menghemat penggantian kain clutch ini?
maksudnya?? ngga ngerti hehehehehehe #-o #-o
Sekian....


Point 5 ditest, setelah start engine, blade diem. Kl throtle di up trim, koplng mulai engage blade muter

Point 6: Clutch liner maksudnya? Sangat bisa. Ganti dengan bahan paking mobil, ada yg asbes free, ada juga yg asbestos..selembar 30cm persegi skt 25rb. Tinggal gunting seperlunya. Awetnya ampun....bayangin aja bahannya sama kayak kampas rem mobil.

salam
setyo
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 4448
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: KOPLING RAPTOR TITAN

Post by sahid »

setyo antarikso wrote:
Point 6: Clutch liner maksudnya? Sangat bisa. Ganti dengan bahan paking mobil, ada yg asbes free, ada juga yg asbestos..selembar 30cm persegi skt 25rb. Tinggal gunting seperlunya. Awetnya ampun....bayangin aja bahannya sama kayak kampas rem mobil.

salam
setyo

Pengalaman neh......kalo soal linear clutch ma belting oom Setyo reverensinya..... =D> =D> tq
User avatar
Ravenchan
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 2844
Joined: 31 May 2007, 11:07
Location: M-E-D-A-N
Contact:

Re: KOPLING RAPTOR TITAN

Post by Ravenchan »

terima kasih untuk penjelasannya yang komplit, biasanya jika diakali dengan paking mobil ukuran berapa mm ya bang?
User avatar
setyo antarikso
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 536
Joined: 01 Apr 2008, 12:33
Location: Jakarta Timur
Contact:

Re: KOPLING RAPTOR TITAN

Post by setyo antarikso »

paking saya nemu yg 1mm. Perlu diamplas dulu biar ngepasin. Kampas saya pasang dulu di clutch bell, sekalian di epoxy, baru clutch bell diputer sambil diamplas kampasnya itu sampe dipasang koplingnya ngeplak
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 4448
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: KOPLING RAPTOR TITAN

Post by sahid »

setyo antarikso wrote:paking saya nemu yg 1mm. Perlu diamplas dulu biar ngepasin. Kampas saya pasang dulu di clutch bell, sekalian di epoxy, baru clutch bell diputer sambil diamplas kampasnya itu sampe dipasang koplingnya ngeplak


mas berapa jarak yg ideal yg mas setyo lakukan antara kopling dg kampas baru ini?...maksudnya "NGEPLAK" disini bisa masuk tapi seret atau seret tapi bisa di putar atau ngeplak tenanan...ha...ha....
User avatar
Ravenchan
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 2844
Joined: 31 May 2007, 11:07
Location: M-E-D-A-N
Contact:

Re: KOPLING RAPTOR TITAN

Post by Ravenchan »

oh ya.. bang setyo, apakah setelah diganti dengan paking mobil performanya akan balik seperti semula? Apakah tidak bermasalah untuk di idle 3D? Jika boleh tolong share informasi merk paking mobil yang dipake.
Terima kasih
Post Reply

Return to “RC Heli : Fuel Engine Powered”