Singkat cerita, begitu heli mulai naik langsung FF sampai 5 meteran (pertimbangannya kalo nanti gerakannya ngaco masih sempet koreksi di udara)...... udah itu langsung gerakin stik dua-duanya kekanan untuk belok...... begitu udah belok, tiba-tiba muncul keraguan (gara-gara kepikiran kalo udah posisi nose in entar gimana)..... akibatnya konsentrasi agak pecah dan heli mulai menukik dengan cepat..... langsung reflek mundurin stik kanan dan naikin stik throttle..... kecepatan berkurang dan heli mulai naik.... tapi sayangnya udah terlalu dekat ke pucuk dahan dan...... grusakkk..... blade nyamber daun-daun.... akhirnya heli nyangkut ke pohon diketinggian sekitar 6 m........
Sempet bengong....
...... cek-cek.... ternyata "mixing lever" ada yang patah dan strut tail boom hilang satu...... waduhhh.... heli masih inreyen kok sudah crash.... Besoknya di bawa ke e-Hely Simprug buat direpair...... dicek sama teknisi, ternyata main shaft juga bengkok dikiiitt (tetep aja musti ganti)....
....... begitu mau cek spindle..... Ya Allah.....ternyata..... belum dibuka bautnya sudah kendor...ndor..... Selama ini saya selalu cek baut blade holder, tapi nggak pernah kepikiran untuk cek baut feathering shaft.....
Saya bersyukur heli saya crash sekarang.....
...... jadi ketahuan.... apa jadinya kalo blade lepas di udara...... bisa bikin celaka orang dan tentunya biaya repair lebih besar.......
Moral of the story :
- selalu berdoa sebelum terbang
- jangan pernah lupa untuk pre-flight check
- kalo udah niat mau manuver jangan ragu-ragu





