Kabar gembira : Lipo generasi baru LiFePo4

Moderators: unding, ajo.naim

Post Reply
User avatar
coyo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1494
Joined: 17 Jan 2007, 17:00
Location: Kota Jababeka, Cikarang
Contact:

Post by coyo »

rindra wrote:wah kalo sy malah pernah denger DMFC
direct metanol fuel cell
carakerjanya metanol dirubah menjadi enegi listrik, jadi masuk metanol, keluar listrik tapi tanpa adanya pembakaran. Ada yang pernah denger? kapan keluarnya ya? jadi ngegosip :-#


sorry OOT, klo yg ini sih setau sy masih dalam tahap prototype belum ada yg produksi massal.
[web]http://www.chem-is-try.org/?sect=artikel&ext=110[/web]

Walaupun beberapa perusahaan besar mulai mengembangkan perangkat portabel seperti MP3 player, PDA, laptop dll sayang sekali regulasi internasional masih melarang metanol untuk dibawa dalam penerbangan karena merupakan bahan yg mudah terbakar.
[web]http://www.kompas.com/kompas-cetak/0602/15/telkom/2438221.htm[/web]

kita tunggu aza deh perkembangan selanjutnya, mudah2an bisa cepet2 dpt dipakai dalam dunia aeromodelling.
sy pernah gak sengaja nemu web tentang pesawat aeromodelling pertama yg memakai fuel cell tapi dicari2 lagi belum ketemu, ada yg bisa bantu??
User avatar
Wind Raider
Administrator
Administrator
Posts: 4394
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Post by Wind Raider »

Kalu yang ini kabar lebih gembira ......
bener2 elekrik rasa engine krn pake metanol segala .
User avatar
dion
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 631
Joined: 10 Oct 2007, 20:30
Location: Jogja
Contact:

Post by dion »

Jadi ada bau2 nya alkohol ya om WR :D.... artikel yang menarik om coyo .. thanks for share :)
User avatar
Ravenchan
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 2844
Joined: 31 May 2007, 11:07
Location: M-E-D-A-N
Contact:

Post by Ravenchan »

wah.. kalo gitu terbangkan elektrik juga gak kalah dengan engine lagi. sama2 bau metanol.. cuman beda di suaranya saja..
User avatar
x wing
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 625
Joined: 06 Mar 2007, 10:23
Location: Pamulang
Contact:

Post by x wing »

biasanya berita produk seperti itu Heboh nya bisa dua kali lebih hebat...
Ngeri nya lagi kalo bisa di transform berkhayal kaleee :-)

methanol jadi charger otomatis ??? kalo methanol nya terjadi penyusutan masa gimana tuh ya? apa bisa di buat konstan? :-)
User avatar
coyo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1494
Joined: 17 Jan 2007, 17:00
Location: Kota Jababeka, Cikarang
Contact:

Post by coyo »

bahasa tingkat tinggi...... ndak ngerti aku....... :smt017
User avatar
Ary
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1107
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

Rekan2 apa sdh ada yg pakai batt litium pospat ini ya ?? sy kok jd tertarik skl mencoba karena keunggulan2nya tsb diatas,
sy sendiri sdh order 3 biji tp barang belum datang, rencananya saya pakai di pes GSW formasa II yg baru sy dapat,
rumornya sih batt ini peformanya ngalahin lipo..... jadi penasaran juga saya..
User avatar
AgoesAurelz
Major
Major
Posts: 3576
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Post by AgoesAurelz »

Ary wrote:Rekan2 apa sdh ada yg pakai batt litium pospat ini ya ?? sy kok jd tertarik skl mencoba karena keunggulan2nya tsb diatas,
sy sendiri sdh order 3 biji tp barang belum datang, rencananya saya pakai di pes GSW formasa II yg baru sy dapat,
rumornya sih batt ini peformanya ngalahin lipo..... jadi penasaran juga saya..


Saya dapat kabar dari salah satu teman, bahwa batt ini lebih berat dari li-po... Jadi menurut dia kurang efektif dipake di pswt ringan AUW > 600gram..
Buat pesawat ringan (apalagi buat 3D) jelas berat sangat-sangat berpengaruh... Mungkin para EP mania harus sedikit bersabar sampai batt generasi terbaru ini beratnya setara or lebih ringan dari batt li-po pada umumnya.. :)

Sampai saat ini li-po tetap lebih cocok buat pesawat EP ringan... Yg penting perlakuan thd batt li-po sesuai prosedur saya rasa batt li-po relatif aman, dan saya rasa li-po masih "panjang umur" peredarannya di pasaran... Ngga usah terlalu risaulah EP mania yg udah terlanjur invest batt/charger li-po...
User avatar
Ary
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1107
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

Pabrikan asli batt litium pospat mengeluarkan 2 macam ukuran yaitu kapasitas 1100mA dgn
berat 117 gram 3S sedangkan lipo dgn kapasitas yg sama beratnya 113 gram jadi selisih 4gram,

kenapa tidak bisa 3D ? untuk pes ringan juga ?

Ukuran yg kedua dari litium pospat adalah 2300mA dgn berat 3S nya 210gram, sedangkan Lipo dgn kapasitas yg
sama beratnya 205gram ,hanya selisih 5gram.... ?
Litium pospat yg size inilah yg sy rencanakan untuk formosa 2 sy, yg auw nya sekitar 800gram... Wah bakal mantap
terbangnya ni ,.. sepertinya Lipo bakal kalah pak AA... O:)
User avatar
AgoesAurelz
Major
Major
Posts: 3576
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Post by AgoesAurelz »

Ary wrote:Pabrikan asli batt litium pospat mengeluarkan 2 macam ukuran yaitu kapasitas 1100mA dgn
berat 117 gram 3S sedangkan lipo dgn kapasitas yg sama beratnya 113 gram jadi selisih 4gram,

kenapa tidak bisa 3D ? untuk pes ringan juga ?

Ukuran yg kedua dari litium pospat adalah 2300mA dgn berat 3S nya 210gram, sedangkan Lipo dgn kapasitas yg
sama beratnya 205gram ,hanya selisih 5gram.... ?
Litium pospat yg size inilah yg sy rencanakan untuk formosa 2 sy, yg auw nya sekitar 800gram... Wah bakal mantap
terbangnya ni ,.. sepertinya Lipo bakal kalah pak AA... O:)


Saya rasa bli Ary lebih tau soal EP.. Utk hal diatas saya cuman dapat info aja dari teman... :)
Li-pospat bisa berapa C ya om?
Kalo lipo Flight Power kuning (favorit saya) bisa 50C utk continousnya.. Kalo Flight Power yg hijau 28C continous..
Kalo li-pospat C-nya besar saya mau coba juga nih...
Post Reply

Return to “Battery & Charger”