beda seting engine untuk fuel nitro 15%&30%

Diskusi tentang heli engine

Moderators: ferry, sahid, handoyo6299

User avatar
rindra
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 119
Joined: 28 Jul 2007, 19:27

beda seting engine untuk fuel nitro 15%&30%

Post by rindra »

kalo seting engine biasanya untuk fuel nitro15% trus ganti pake nitro 30% biasanya needle dibuat rich ato lean ya?
hari ini coba seting engine heli pake fuel nitro 15%, engine dibuat rich biar gak over heat (jadinya agak brebet di throttle 30-40%) idle up juga asepnya banyak, trus ganti pake nitro 30%, brebet ilang power juga jadi gede banget, setelah +-5 menit idle up suara mesin berubah, cepet-cepet landing pas diliat baut medium needle valve udah ilang entah kemana, engine juga ngebul (over heat), kok bisa copot ya?over heat gara-gara copot baut medium needle ato salah seting karbu ketika ganti fuel nitro 15% ke 30%? mohon pencerahan dari suhu-suhu grage (disini gak ada temen diskusi, yang ada cuma bengong ](*,) ](*,) )
User avatar
Dharwinz
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 155
Joined: 14 Dec 2007, 13:07
Location: Bintaro jaya
Contact:

Re: beda seting engine untuk fuel nitro 15%&30%

Post by Dharwinz »

rindra wrote:kalo seting engine biasanya untuk fuel nitro15% trus ganti pake nitro 30% biasanya needle dibuat rich ato lean ya?
hari ini coba seting engine heli pake fuel nitro 15%, engine dibuat rich biar gak over heat (jadinya agak brebet di throttle 30-40%) idle up juga asepnya banyak, trus ganti pake nitro 30%, brebet ilang power juga jadi gede banget, setelah +-5 menit idle up suara mesin berubah, cepet-cepet landing pas diliat baut medium needle valve udah ilang entah kemana, engine juga ngebul (over heat), kok bisa copot ya?over heat gara-gara copot baut medium needle ato salah seting karbu ketika ganti fuel nitro 15% ke 30%? mohon pencerahan dari suhu-suhu grage (disini gak ada temen diskusi, yang ada cuma bengong ](*,) ](*,) )


duh aku juga baru mo coba heli engine... jadi blm bisa bantu ](*,) , semoga cepet2 dibahas dech...
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Kalau ada medium needle berarti ini engine kelas 90. Kalau OS50Ring Hyper nggak pakai medium needle.
User avatar
rindra
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 119
Joined: 28 Jul 2007, 19:27

Post by rindra »

sy pake karbunya memang os60k, engine os 50, bisa jalan kok (sebetulnya sy jg gak tau itu buat os 60 ato 90), powernya jadi ok loh cuma ya itu tadi masalhnya
User avatar
rindra
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 119
Joined: 28 Jul 2007, 19:27

Post by rindra »

seting buat nitro 30% uda ketemu, lebih gampang nyeting pake 30% ya, gak ada brebet, pake yang 15% kok brebet terus di throttle sekitar 20-40% kenapa ya? trus kalo pake gyro 401 delay biasanya diset berapa ya?(servo bawaannya) soalnya kalo idle up kadang masih ada godek2
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Rappy saya Gyro 401 untuk Delay diposisi 0, mode Normal sensitivitasnya di 60% AVC.
User avatar
Yudha
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2732
Joined: 01 May 2007, 15:20
Location: Medan
Contact:

Post by Yudha »

Saya pake delay 0, normal gain 70 % iddle up 60 %
User avatar
rindra
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 119
Joined: 28 Jul 2007, 19:27

Post by rindra »

uda dicoba nih, ternyata emang ngelock, kenapa kemarinnya enggak ya? mungkin sugesti dari pendapat orla... kalo tail blade nya lentur ngaruh enggak ya?
User avatar
e12ry
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 355
Joined: 06 May 2007, 20:05
Location: -Earth-

Post by e12ry »

Buntut ngga nge lock.....
1. kalo saya boleh tahu posisi gyro nya di mana ya? apakah di taro di depan? atau deket dengan servo lainnya.... such as cyclic servo dll... biasanya pas gyro initial dia ngga boleh goyang soalnya...... kalo di ada goyang dikit aja...... jadi slengeean buntutnya.....
2. apa kah ada binding di tarikan servo rudder? Coba buka linkage tarik tekan pake jari.... kalo 100% loss berarti ngga ada binding..... kalo rada seret berarti harus di bikin ngga seret dulu....
Dari pengalaman pribadi saya..... dulu buntut ngga nge lock gara2 itu....

15% - 30% = Di rich in dikit......
30% - 15% = Di lean nin dikit.....

Semoga membantu....
Regards
Erry S.
User avatar
e12ry
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 355
Joined: 06 May 2007, 20:05
Location: -Earth-

Post by e12ry »

kalo pake 15% nge brebet..... mixture valve mesti di cekek dikit..... kalo needle dah dapet setelannya baru mixturenya di buka dikit2 sampe ke tahap hampir brebet.....
Post Reply

Return to “RC Heli : Fuel Engine Powered”