Heli TZ 50

Diskusi tentang heli engine

Moderators: ferry, sahid, handoyo6299

User avatar
Prabowo
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 128
Joined: 14 Mar 2007, 13:18
Location: Brebes/Purwokerto
Contact:

Heli TZ 50

Post by Prabowo »

Salam...

Ini sedikit tulisan bebas yang mungkin bisa dianggap review atau juga cuma sekedar narasi tentang membangun heli pertama ku, benar benar pertama.

sebelum membeli heli ini sebenarnya banyak pertimbangan yang muncul untuk memulai dari heli 4 ch atau pun dari heli 6 ch dengan spesifikasi elektrik dan lebih nudah dalam penyetingan dengan pembelian paket RTF, seperti falcon 3D atau semacamnya.

tapi ketertarikan saya dengan aeromodelling justru dari mempersiapkan sendiri semua hal berkaitan dengan benda terbang (pesawat) kita. menghabiskan waktu untuk membangun adalah sebuah kenikmatan sendiri menurut saya, maka dengan alasan ini dan alasan kepuasan memilih karakter terbang heli engine yang lebih besar dan berat juga kompleks, saya memilih TZ sebagai heli pertama yang saya bangun.

Tz menjadi pilihan saya karena alasan paling ekonomis, dan mempersiapkan diri menghadapi berbagai temuan dari review produk ini di beberapa forum heli tetangga, tapi semangat lebih dominan, jadi apapun orang bilang boleh aja, yang penting keinginan buat membangun heli sendiri harus dimulai, sekarang! (he, he semangat 45!)

heli saya pesan dari jogja, dan salam beberapa hari datang dengan box yang buat oran pertama kali liat box heli kelas 50 lang sung bereaksi dengan wuih....

Tapi sayang saat itu belum ada kamera buat dokumentasiin. nah setelah beberapa malam berkutat dengan frame dan mainshaft yang udah terpasang, tail rotor dan tail boom asesmbled maka beginilah heli ini setelah rotor hub dan bladeholder metal terpasang. btw 2 part metal ini saya beli terpisah dengan kitnya.

Image

Image

Image

saat mulai menunggu bebrapa komponen lain yang saya pesan dari bandung (engine), saya melihat mufler bawaan heli ini masih dengan pori pori proses cor yang membuat risi ngeliatnya, jadi daripada nganggur dan biar enak dilihat ahirnya mufler standar saya poles. ini mufler sebelum dipoles.

Image

ini setelah seharian memoles mufler dengan minigrinder dan beberapa tahap amplas, 240, 400,600,dan 1200,

Image

ini setelah dipoles ahir dengan autosol dan siap dipasang setelah engine datang

Image

Image

oh iya engine yang saya pakai memang bukan khusus untuk heli, saya pakai TT 46 untuk plane, setelah berdiskusi via dunia maya kesimpulannya OK aja pake TT 46 karena powernya juga cukup gede buat heli dan bisa dipacu di RPM tinggi layaknya engine khusus heli, asal ga dipaksa untuk running terlalu lama dan dijaga jangan sampe overheat. saya pikir buat pemula yang baru belajar nerbangin heli, ga bakal bisa berbuat banyak manuver, jadi kayaknya engine ini ga bakal terforsir sampe batas kemampuannya. dengan masih deg degan sampe sekarang, ahirnya TT 46 datang juga, n gak tau entar bakal gimana waktu first flight. kemarin waktu masang engine ada masalah dengan clutch yang friksi ama clutch bell nya, tapi beres setelah seharian nyari masalahnya, ternyata posisi clutch bell di starter shaft harus dinaikkan 1 mm, jadi bikin "goresan" baru naik 1 mm dari tempat "E-clip" untuk ngunci clutch bell, jadi "E-clip" naik 1mm dan alhamdulilah beres sampe saat ini.

Image

terahir, saya pake auto start buat start engine, ada beberapa penyesuaian dengan membuat dudukan switch nya, karena autostart ga punya dudukan buat TZ, hari ini dudukan itu udah terpasang dengan rapi. tapi sementara gambar yang ada foto setelah merapikan kabel kabelnya dulu, belum ada kamera buat ngambil gambar bentuk dan letak dudukan baru tersebut.

Image

dan gyro saya pakai Piezo gyro jr g450

Image

ini canopy pengecatan kedua, dan kasaaarr... selalu ga puas kalau yang ngerjain orang lain (tukang air brush)

Image

nah sekarang tinggal hunting servo2 3001 standar aja.... pemula gitu he,he,he,,,
(segini dulu rev nya bersambung.......)


buat om om senior, kalu ada kritik dan saran saya persilahkan... :bow: :bow:
Last edited by Prabowo on 25 Mar 2007, 21:40, edited 1 time in total.
User avatar
ferry
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2015
Joined: 18 Jan 2007, 08:49
Location: Surabaya
Contact:

Post by ferry »

Good effort!
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Perbedaan yang kelihatan antara mesin fixwing dengan mesin heli hanya pada cylinder head, di fixwing cilinderheadnya biasanya kecil saja tapi di mesin heli cylinderheadnya harus cukup lebar untuk membuang panas ke aliran udara. Di fixwing aliran udaranya effective sekali mendinginkan seluruh permukaan mesin sedang di heli hanya ditiup di kepala silinder saja.
User avatar
andre77
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1472
Joined: 17 Jan 2007, 14:38
Location: BANJARMASIN
Contact:

Post by andre77 »

Wah keren tuh helinya tapi semangatnya yang lebih penting dari segala-galanya

Btw, reviewnya mesti di lanjutin sampe udah terbang ya biar lengkap
User avatar
Prabowo
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 128
Joined: 14 Mar 2007, 13:18
Location: Brebes/Purwokerto
Contact:

Post by Prabowo »

sudja'i sarmo wrote:Perbedaan yang kelihatan antara mesin fixwing dengan mesin heli hanya pada cylinder head, di fixwing cilinderheadnya biasanya kecil saja tapi di mesin heli cylinderheadnya harus cukup lebar untuk membuang panas ke aliran udara. Di fixwing aliran udaranya effective sekali mendinginkan seluruh permukaan mesin sedang di heli hanya ditiup di kepala silinder saja.


iy apak jai, perbedaan dasar nya lebih banyak di heatsink. soalnya kerja pendinginan kan mengandalkan luas permukaan heat sink yang bersentuhan dengan aliran udara bebas, di heli kan aliran udara nya minim, cuma ngandalin fan . sebenarnya dari bandung udah dibawain heat sink untuk memperbaiki kinerja pendinginan, tapi penampang nya terlalu besar buat masuk ke frame TZ.

saya sedang mencoba mengusahakan membuatnya dari block heat sink prosesor komputer, sirip nya lebih rapat, lebih bagus kayaknya.

iya he,he, semangat nya berlebih ga sebanding ama kantong mhs. iya nanti setelah terbang review ini saya lanjutkan om andre.

salam..
User avatar
andre77
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1472
Joined: 17 Jan 2007, 14:38
Location: BANJARMASIN
Contact:

Post by andre77 »

Saya juga bisa punya heli karena semangat nunggu yang murah kok hehehehe
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Sudah terbang belum helinya?
User avatar
kadek
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 147
Joined: 17 Mar 2007, 19:50
Location: Gianyar, bali

Post by kadek »

tz kok persis kayak raptor ya.,
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Memang jiplakan Raptor hanya flybarnya dibawah main balade.
User avatar
Abi Ghiffa
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2494
Joined: 19 Jan 2007, 13:30
Location: Jakarta - Lombok
Contact:

Post by Abi Ghiffa »

Ini namanya From Zero to Hero,..saya salut dengan semangatnya Om Prabowo ini,...
Dari Pemilihan janis heli sampai pada penggunaan eng Fixwing luar biasa, bisa-bisa jadi master modifikasi ke depannya...
Siap-siap ditanyain ya Om Prabowo :D

Bravo dan ditungguin Maidennya (heheh kalimat standard di forum ini)
Post Reply

Return to “RC Heli : Fuel Engine Powered”