BERISIK...BUKAN BUNYI ENGINE

Diskusi tentang heli engine

Moderators: ferry, sahid, handoyo6299

User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 4448
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

BERISIK...BUKAN BUNYI ENGINE

Post by sahid »

Engine OS 50 dipakai heli knight, sudah LIMA bulan terbang seminggu rata2 2 kali terbang tiap terbang rata2 3 kali fuel. pada tanggal 24 agustus setelah terbang dg fuel pertama terdengar suara berisik ( sriing...sring ) yang biasanya tidak ada ( tapi yakin bukan dari bunyi gesekan piston ) tenaga tidak berubah. mohon masukan n pencerahan kira2 bagian apa yang mesti diperiksa ( atau kalo topik ini pernah di bahas di mana? ) terima kasih sebelumnya.
User avatar
justinus
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1969
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Post by justinus »

Mungkin bearingnya udah mulai kena. Penyakit fuel nitro.
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 4448
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Post by sahid »

Pak jus, maksudnya bearing "as yg memutar" kopling ( maaf pak mendasar sekali krn emg blom tau)
User avatar
justinus
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1969
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Post by justinus »

Bearing itu bahasa Inggrisnya "klaker". #-o Itu dudukannya as mesin. Barangnya biasanya ada bola2 besi. Dia kemakan Nitro karena nitro itu korosif.
User avatar
setyo antarikso
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 536
Joined: 01 Apr 2008, 12:33
Location: Jakarta Timur
Contact:

Post by setyo antarikso »

ganti bearingnya aja pak

di glodok buatan SKF harganya ngga nyampai 50rb untuk yg gede. Yg kecil 17rb
sy baru ganti, gara2 engine udah 3 bulan ga dipake..

skr udah maknyuss...
User avatar
Budi
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 9685
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Post by Budi »

setyo antarikso wrote:ganti bearingnya aja pak

di glodok buatan SKF harganya ngga nyampai 50rb untuk yg gede. Yg kecil 17rb
sy baru ganti, gara2 engine udah 3 bulan ga dipake..

skr udah maknyuss...


bener pak........Saya juga ganti semua bearing pak kalo lama nggak dipakai.... dan bunyi. biasanya sebelum ganti saya turunin engine dulu buka kopling, fan collet...tinggal enginenya aja buka busi dan diputer pelan2 shaftnya........
kalo terasa gretek gretek di shaft...alamat bearing luar/dalam kena.........(biasanya habis patah kopling paling parah)

tapi bisa jadi shaft starter bearing/clutch bell bearing yang oblak...........di cek satu2 deh pak....
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 4448
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Post by sahid »

ooh....laker...., Pak Jus kalo as yg muter kopling pakai laker g' ? yg sy maksud tadi apa laker yg di sini...tapi udah jelas dri ket Pak Jus ternyata laker dudukan as mesin.....lah aku bingung lagi....laker dudukan as mesin itu nyambung g' dg as yg muter kopling....biar nnti waktu bongkar tdk ngawur....soalnya di pku g' ada yang nglayani servis mesin cilik ngene iki....( latar belakang saya : bulan pebruari beli blt cp,maret t rex, april ngrakit knight 50 ini....)

Mas setyo: suwun masukane...


Ups, ada Pak Budi ( OM Pemula 1, opo iyo nama sampean Pak BUdi? ) trim's infonya ntar di coba bongkar2....mudah2an bisa PASANG JUGA...btw kapan Pak Ke PKU?
User avatar
justinus
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1969
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Post by justinus »

Lakernya yang ada didalam mesin pak. Mesinnya diturunkan dari helinya, terus putar2. Kalau terasa kretek2, berarti bearingnya udah gak bener. Bearing ada 2, yang kecil dekat tempat propeller, yang besar ada didalam. Biasanya yang besar rusak duluan, soalnya kelewatan fuel nitro.
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 4448
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Post by sahid »

justinus wrote:Lakernya yang ada didalam mesin pak. Mesinnya diturunkan dari helinya, terus putar2. Kalau terasa kretek2, berarti bearingnya udah gak bener. Bearing ada 2, yang kecil dekat tempat propeller, yang besar ada didalam. Biasanya yang besar rusak duluan, soalnya kelewatan fuel nitro.


wah...jelas banget "Cak Jus" aku jadi mudeng masalah LAKER mesin....klo laker beres terus msh brisik kira2 bagian mana lagi Pak? klo kopling itu yang logam bulat warna hitam yg ada celahnya dua itu ya Pak? klo kai koplingnya yang mana? koq perasaan waktu ngrakit g' nemu kain koplingnya?
User avatar
justinus
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1969
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Post by justinus »

Yang itu yang namanya kopling. Yang item pecah 2 dan lonceng yang ada kampasnya. Dari kata "couple" yang artinya pasangan. Kalau yang pecah 2 itu diputar kencang, maka dia akan melebar karena gaya centrifugal menggigit kampas yang ada dalam lonceng. Akibatnya blade bisa berputar.
Post Reply

Return to “RC Heli : Fuel Engine Powered”