mohon bantuan 2x ganti clucth tetap seret,kenapa ya?
Moderators: ferry, sahid, handoyo6299
- budiartha
- Staff Sergeant

- Posts: 303
- Joined: 19 Sep 2007, 20:48
- Location: bali
mohon bantuan 2x ganti clucth tetap seret,kenapa ya?
mhn di bantu.saat idle propeler terus muter ,trotle di kecilin ,engine malah mati,teman bilang ganti kopling,kasusnya tetap sama,teman bilang kopling barunya mungkin stok lama,beli lagi kasusnya tetap sama,teman bilang ganti liner?{kanvas kopling}malah tambah parah .minggu ngak sabar terbang 4x,terbang terakhir engine mati belum pernah pengalaman engine mati seluruh tubuh bahkan ubun2 ikut gemetar,syukur heli selamat,cek and ricek apa penyebab engine mati,ternyata ring shaft stater lepas,dan stank seker rontok,weleh weleh, intinya mhn pencerahan apa perekat liner yg ngak rata penyebab prop selalu muter,sebaiknya pakai lem apa ya,sy pakai epoxy,atau ada petunjuk lain
thanks before
thanks before
- Ary
- Senior Master Sergeant

- Posts: 1107
- Joined: 16 Feb 2007, 21:10
- Location: Bali
Buang kanvas kopling lama dgn cutter,kemudian gosok bell housing dgn kertas gosok sampai bersih sisa2 kanvas lama,
ambil kanvas baru, coba pas kan dulu posisinya ,potong kelebihan panjangnya sampai pas benar, tempelkan dgn lem epoxi,
tahan pada posisi yg tepat sampai lem kering, gosok lagi dgn kertas gosok halus sampai rata dan tdk ada bagian yg tdk rata
atau bergelombang,pas kan dgn clucth,coba putar ,harus berputar baik,jika tdk rata,ratakan dgn kertas gosok,sampai berputar mulus,
dgn kerenggangan .5-1mm .... demikian kira2 pak,sy dah pernah melakukannya 6X ....
Ingat ...Kalau ndak berhasil juga ...Jgn ragu Gunakan LEM BIRU...
ambil kanvas baru, coba pas kan dulu posisinya ,potong kelebihan panjangnya sampai pas benar, tempelkan dgn lem epoxi,
tahan pada posisi yg tepat sampai lem kering, gosok lagi dgn kertas gosok halus sampai rata dan tdk ada bagian yg tdk rata
atau bergelombang,pas kan dgn clucth,coba putar ,harus berputar baik,jika tdk rata,ratakan dgn kertas gosok,sampai berputar mulus,
dgn kerenggangan .5-1mm .... demikian kira2 pak,sy dah pernah melakukannya 6X ....
Ingat ...Kalau ndak berhasil juga ...Jgn ragu Gunakan LEM BIRU...

- idayats
- Senior Airman

- Posts: 147
- Joined: 06 Mar 2007, 09:28
- Location: KulonProgo/Jakarta
- Contact:
- Yudha
- First Lieutenant

- Posts: 2732
- Joined: 01 May 2007, 15:20
- Location: Medan
- Contact:
- idayats
- Senior Airman

- Posts: 147
- Joined: 06 Mar 2007, 09:28
- Location: KulonProgo/Jakarta
- Contact:
- Yudha
- First Lieutenant

- Posts: 2732
- Joined: 01 May 2007, 15:20
- Location: Medan
- Contact:
- idayats
- Senior Airman

- Posts: 147
- Joined: 06 Mar 2007, 09:28
- Location: KulonProgo/Jakarta
- Contact:
- sudjai sarmo
- First Lieutenant

- Posts: 2597
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
Mas Idayats, itu Clutch nggak perlu diganti, Anda lepas saja Engine berikut Clutchnya lalu Clutchnya dijepit pakai Ragum sampai diameternya mengecil ( bhs Banjar " takariup" ) Jadi Clutch nggak perlu dilepas dari Engine. Dengan cara ini tidak perlu penggantian. Kecuali terjadi cacat atau retak harus diganti baru. Selamat mencoba.