Ducted Fan dg motor cdr
- NF
- Gaero Public Relation

- Posts: 7145
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
- iwan21
- Administrator

- Posts: 13591
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Oke saya lanjutin lagi soalan ini...
model 1
pada model diatas, cdr motor dicari yg diameter bell nya masuk ke motor housing EDF,saya pakai motor cdr yg diameter statornya 18mm utk ini (baik di EDF-55 yg sudah saya pakai maupun yg akan saya test dg EDF-64 nanti), impeller nantinya akan menempel dibelakang stator dg bell diarah sebaliknya, jadi dibutuhkan shaft yg panjang (bisa 2mm atapun 3mm tergantung adapter shaftnya)
model2
Model ini sebenernya lebih mudah pasangnya cdr motornya, karena stator terletak diluar housing dan bell nempel di impeller hub langsung.
Untuk model 2 perlu dilakukan modfikasi pada impeller hub agar bell bisa masuk semua ...
Untuk saya sendiri akan lakukan dg model 1, sedang om Coyo akan mulai dg model 2....nanti kita akan bahas dan test sama2 hasilnya
model 1
pada model diatas, cdr motor dicari yg diameter bell nya masuk ke motor housing EDF,saya pakai motor cdr yg diameter statornya 18mm utk ini (baik di EDF-55 yg sudah saya pakai maupun yg akan saya test dg EDF-64 nanti), impeller nantinya akan menempel dibelakang stator dg bell diarah sebaliknya, jadi dibutuhkan shaft yg panjang (bisa 2mm atapun 3mm tergantung adapter shaftnya)
model2
Model ini sebenernya lebih mudah pasangnya cdr motornya, karena stator terletak diluar housing dan bell nempel di impeller hub langsung.
Untuk model 2 perlu dilakukan modfikasi pada impeller hub agar bell bisa masuk semua ...
Untuk saya sendiri akan lakukan dg model 1, sedang om Coyo akan mulai dg model 2....nanti kita akan bahas dan test sama2 hasilnya
- iwan21
- Administrator

- Posts: 13591
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
- coyo
- Senior Master Sergeant

- Posts: 1494
- Joined: 17 Jan 2007, 17:00
- Location: Kota Jababeka, Cikarang
- Contact:
Sesuai kesepakatan dgn suhu, sy kebagian yg model 2:
Hasil sementara seperti ini: (sorry fotonya gak jelas, blm dpt pinjeman camera yg bagus)
berhubung beli EDF64 langsung ke pabriknya, bisa dapet 3 macam hub (shaft adapter)
dari kanan ke kiri: hub untuk shaft Ø3mm, Ø2mm (panjang), Ø2mm (pendek), Ø2mm (pendek setelah modif)
Hub yg paling kiri sama dengan yg kedua dari kiri, hanya saja sudah dimodif jadi lebih pendek supaya end bell bisa masuk semuanya ke dalam impeller. Bagian dalam impeller juga di modifikasi. Bagian luar impeller juga diberi tambahan 2 lubang kiri-kanan untuk obeng kecil buat muter baut di hub.
Hasilnya seperti ini:
sementara motor cdr-nya pake kawat 0.5 12T WYE, 12 magnet NN-SS-NN-SS-NN-SS-
klo hasilnya tidak memuaskan mo diganti pake 20T delta.
Hasil tes static thrust-nya menyusul klo udah jadi.....
btw, EDF VTOL keren euy !!!! http://www.youtube.com/watch?v=hhgtMFX3ATo
Hasil sementara seperti ini: (sorry fotonya gak jelas, blm dpt pinjeman camera yg bagus)
berhubung beli EDF64 langsung ke pabriknya, bisa dapet 3 macam hub (shaft adapter)
dari kanan ke kiri: hub untuk shaft Ø3mm, Ø2mm (panjang), Ø2mm (pendek), Ø2mm (pendek setelah modif)
Hub yg paling kiri sama dengan yg kedua dari kiri, hanya saja sudah dimodif jadi lebih pendek supaya end bell bisa masuk semuanya ke dalam impeller. Bagian dalam impeller juga di modifikasi. Bagian luar impeller juga diberi tambahan 2 lubang kiri-kanan untuk obeng kecil buat muter baut di hub.
Hasilnya seperti ini:
sementara motor cdr-nya pake kawat 0.5 12T WYE, 12 magnet NN-SS-NN-SS-NN-SS-
klo hasilnya tidak memuaskan mo diganti pake 20T delta.
Hasil tes static thrust-nya menyusul klo udah jadi.....
btw, EDF VTOL keren euy !!!! http://www.youtube.com/watch?v=hhgtMFX3ATo
- coyo
- Senior Master Sergeant

- Posts: 1494
- Joined: 17 Jan 2007, 17:00
- Location: Kota Jababeka, Cikarang
- Contact:
- NF
- Gaero Public Relation

- Posts: 7145
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
