Page 3 of 4
Posted: 17 Feb 2008, 12:01
by ArdianFlyer
Om2 semuanya, mau cerita saja tentang pengalaman saya nerbangin Zoom 450 IC (BlackHawk 500GP). Puas banget rasanya saya terbangin heli ini. Malahan saat ini sya merasa lagi bulan madu sama 'dia'
Enggine sudah saya ganti menggunakan OS15CVA. Kemaren sore waktu saya terbangin di Hali (JAC) dengan fuel 15%, suhu-suhu di sana ngomong kalo seprtinya over power heli ini. Biar lebih ngirit saya ganti saja dengan fuel 5% oplosan, rasa2nya tenaganya sama saja dengan fuel 15%. Dengan menggunakan subtank, kapasitas fuel menjadi 175 cc, untuk hover saja sanggup terbang sekitar 25 mnt, dan untuk forward sekita 15 - 20 menit. Ya jatuhnya ongkos sekali terbang dengan fule 5% hanya sekita 5000 rupiah saja. Hayo ngirit mana dengan Ando nerbangin heli elektrik kelas 450 yang harga batterynya 700 ribu
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
Mana ga usah nungguin ngecharge lai. Fuel habis turun, isi n terbang agi deh..
[continued]
Posted: 17 Feb 2008, 12:15
by ArdianFlyer
Ngomong2 masalah spare parts, mostly spare part yang rawan rusak bisa diganti dengan punye heli elehtrik kelas 450. Main blade bisa menggunkan punya TREX, Belt CP dll. Cari yang minimal 325 mm or menggunakan produk RJX 335mm. Blade aslinya 365mm. Tail blade bisa menggunakan punya TREX, Belt CP dll. Rotor head bisa diganti menggunakan punya TRX, except swasplate menggunkan punya Belt CP yang metal. Tail gear box bisa menggunkan punya TREX, Belt CP dll...

Yang tidak bisa menggunakan punya heli elektrik seperti gear set, frame, tail boom.
Kalo memang Anda berminat saya sarankan untuk membeli kitnya tanpa enggine, lalu engginaka pake saja OS15CVA 1,1 jt. Atau kalo mau pake yang lebih murah cukup menggunkan Enggine OS15LA saja, sekitar 600rbua. Power enggine OS15CVA = 0.5HP, dan OS15LA =0.4 HP. Saya dan teman2 di Halim (JAC) siap membantu setting bagi Anda yang membutuhkan.
Dijamin PUAS pokoknya

Posted: 17 Feb 2008, 12:22
by yuda
Pake batre emax & 3e juga sudah memuaskan, harga juga 300 mpe 350 rebuan..
Untuk ngecas cepat & aman buat lipo juga ada charger Imax, dimana featurnya lengkap bisa buat ngecas macem2 batre bahkan accu kering juga bisa

..
Kelebihan dari treex450, Beam, Belt cp adalah partnya yg sangat mudah didapet, jadi beban mental pilot akan lebih tenang karna di beckup part yg melimpah &harga yg terjangkau

..
sebenarnya BlackHawk500Gp juga bagus, cuman yah itu tadi sayangnya ada sebagian part yang masih susah didapat,, harusnya sih para bisnisman & importir hely juga harus memikirkan kelangsungan hidup sihely, jadi si penyayang hely tsbt tidak dipusingkan dengan part.. Dimana kalo sudah rusak &tidak teratasi cuman menambah sampah di indonesia

gara-gara sebagian tubuh heli tidak ada & tidak bisa dikanibalkan dari hely lain..
Posted: 17 Feb 2008, 12:42
by arief
sparepart blackhawk tersedia di HAC
harga part hampir sama dgn heli 450
sbg contoh:
tailboom 45rb
Main shaft: 45rb
spindle shaft: 30rb
landing skid: 45rb
Main gear: 75rb (tp jarang rusak)
wood blade 365mm: 125rb
kopling: 35rb
dst
ini ada link mengenai
zoom450ic / blackhawk 500gp
Posted: 17 Feb 2008, 12:47
by ArdianFlyer
o ya.. Emax cuma 350 ribuan ya? Bisa digunakan terbang berapa kali ya? Ya murah berarti tu Pak Yuda kalo memang harganya cuma segitu... Saya khawatirnya kalo kita charging cepat (dengan I charge tinggi) baterry cepet jebol. Flight Power saya biasa charge dengan Imax 1A saja (lebih dari 2 jam) dengan Imax B5.
Spare parts Blackhawk 500GP sudah tersedia cukup lengkap di beberapa LHS di Jakarta dengan harga yang rata2 sama dengan parts heli elektrik 450. Yang saya sangat khawatirkan dari parts BlackHawk hanyalah tail beltnya saja, saya belum menemukan substitusi di heli laen. Jika memang parts menghilang dari pasaran, Main frame kita bisa kita buat sendiri dengan fiberglass plate, Tail boom kita bisa sambung dari punya TREX, Belt CP dll, Gear set kita bisa beli pesen di glodok, Fuel tank bisa pake punya pesawat.
Ya cuma itu tail belt saja Pak yang masih buntu, saya sudah punya spare satu, dan mungkin nanti saya akan menemukan substitusinya.
Mohon maaf jika ada yang salah, Just Share Pak. Rgds,
Posted: 17 Feb 2008, 12:51
by ArdianFlyer
arief wrote:sparepart blackhawk tersedia di HAC
harga part hampir sama dgn heli 450
sbg contoh:
tailboom 45rb
Main shaft: 45rb
spindle shaft: 30rb
landing skid: 45rb
Main gear: 75rb (tp jarang rusak)
wood blade 365mm: 125rb
kopling: 35rb
dst
ini ada link mengenai
zoom450ic / blackhawk 500gp
NAH tuh, 'trendsetternya' BlackHawk angkat bicara

Posted: 17 Feb 2008, 17:10
by yuda
@Ardian flayer: asal pemakean bagus tidak masalah dicas pa',, sebaiknya untuk pengecasan cukup 1/2 a dari a batre,, misal 2200A yah cukup 1.1mAh,, boleh lebih asal tidak terlalu sering

..
Pemakean juga jangan sampe habis, ketika power sudah kerasa drop sebaiknya disudahi,,
lippo jangan dicas dalam keadaan masih hangat, sebaiknya didinginkan dulu..
Klo dengan pemakean seperti diatas dijamin awet deh,, kecuali lippo cacat produck

..
@arief: nah pawangnya BH 500GP dah turun tangan

.. Kalo boleh saran sebaiknya partnya dilengkapi pa'

,, supaya BH500gp bisa menyebar keseluruh nusantara,, karna saya yakin hely ini bagus, &saya sendiri juga pernah memiliki, juga merasa puas dengan performa BlackHawk500GP

Posted: 17 Feb 2008, 19:42
by Redblur
gampangan belt cp apa Black hawk?
Posted: 17 Feb 2008, 20:04
by ArdianFlyer
Redblur wrote:gampangan belt cp apa Black hawk?
Ya klo prosedur terbangnya gampangan belt CP, di charge trus di colokin, trus terbang. Prosedurnya gampang, tapi chargenya butuh waktu lama..
Klo BlackHawk lebih ribet dikit, isi fuel, colok glowplug starter, starter baru terbang. Cuma kan ga perlu charge 2 jam...
Klo di jkt kayak gini, buat ke lapangan saja paling tidak butuh waktu 2 jam di jalan pulang pergi. Kalo ga bisa terbang banyak kali rugi doong, cape di jalan doang.. Saya biasa terbang 6 kali minimal kalo lagi maen, budget buat fuel cukup 6 x 5rb = 30 rb saja. Bandingkan saja kalo nerbangin elektrik, harus punya minimal 5 batre (1 kali charge di lapangan), senilai 5 x 700 rbu = 3.5 juta ! Terus terang kalo batre saya slalu ngitung dengan standar Flight Power, karena performance batre ini jauh lebih bagus dari merk laen.
Just share, silahkan ditanggapi

Posted: 17 Feb 2008, 21:54
by sevenslidegrills
ArdianFlyer wrote:Gear set kita bisa beli pesen di glodok
Di glodok ada yg jual gear set buat heli pak?