Lipo alert : Time Bomb ???
Moderators: AgoesAurelz, JetFlyer
- nubli
- Senior Airman
- Posts: 149
- Joined: 13 Apr 2007, 20:17
- Location: Alor Star, Malaysia
- Contact:
boleh saya beri masukan? izinkan saya buat masukan lipo ini.
1. jangan cari LIPO yang murah dan rendah C nya. kadang2 tak sampai 10 kali charge sudah hilang kuasanya. Biar mahal sedikit tapi tahan lama. (saya punya LIPO sudah 80 kali charge, masih utuh..ada juga yang melebihi 100 kali charge)
2. jangan guna LIPO sehingga terlalu panas, kembung. (panasnya kira2 air bila menggelegak, kalo dipegang tidak sampai sedetik perlu dilontar kerna terlalu panas). punca panas kerna kita throttle full power terlalu lama.. jangan lebih 30 detik... jika panas begini maka lipo hilang kuasa, munkin 10 kali cas aje.
3. jangan guna hingga LIPO turun voltannya kurang dari 2.5 volt setiap satu cell... akibatnya seperti 2. diatas
4. jangan cas melebihi kapasitas (c), sebaiknya hanya 0,5 hingga 0,8 C. (komentar2 diatas sudah ada, hanya mau ulang) ..makanya bisa meletup semasa cas. (memang RTF yg bekalkan dari kilang2 di china chargernya melebihi kapasitas bateri..memang itu silap pabrik..)
awas kereta saya hampir meletup kerna cas melebihi kapasitas dibelakang bonet kereta...saya lagi asyik terbang, tiba2 boom bunyi dalam kereta..nasib saya baik saya cepat buangkan apinya...(ngeri sekali)
5. gunakan parrellel charger atau balance charger yang bisa ngecas setiap satu cell berasingan.. kalau guna serial charger bateri tidak awet dan kapasitas berbeda maka kurang power.
hati2 rakan2ku..memang lipo punya power to weight ratio yg bagus tapi jagaanya harus betul..
(minimalis kurang praktikal dlm hal lipo..minimalis disini adalah beli yang mahal asal boleh pake lama, bukan beli yang murah tapi kerap dibuang)
happy flying
1. jangan cari LIPO yang murah dan rendah C nya. kadang2 tak sampai 10 kali charge sudah hilang kuasanya. Biar mahal sedikit tapi tahan lama. (saya punya LIPO sudah 80 kali charge, masih utuh..ada juga yang melebihi 100 kali charge)
2. jangan guna LIPO sehingga terlalu panas, kembung. (panasnya kira2 air bila menggelegak, kalo dipegang tidak sampai sedetik perlu dilontar kerna terlalu panas). punca panas kerna kita throttle full power terlalu lama.. jangan lebih 30 detik... jika panas begini maka lipo hilang kuasa, munkin 10 kali cas aje.
3. jangan guna hingga LIPO turun voltannya kurang dari 2.5 volt setiap satu cell... akibatnya seperti 2. diatas
4. jangan cas melebihi kapasitas (c), sebaiknya hanya 0,5 hingga 0,8 C. (komentar2 diatas sudah ada, hanya mau ulang) ..makanya bisa meletup semasa cas. (memang RTF yg bekalkan dari kilang2 di china chargernya melebihi kapasitas bateri..memang itu silap pabrik..)
awas kereta saya hampir meletup kerna cas melebihi kapasitas dibelakang bonet kereta...saya lagi asyik terbang, tiba2 boom bunyi dalam kereta..nasib saya baik saya cepat buangkan apinya...(ngeri sekali)
5. gunakan parrellel charger atau balance charger yang bisa ngecas setiap satu cell berasingan.. kalau guna serial charger bateri tidak awet dan kapasitas berbeda maka kurang power.
hati2 rakan2ku..memang lipo punya power to weight ratio yg bagus tapi jagaanya harus betul..
(minimalis kurang praktikal dlm hal lipo..minimalis disini adalah beli yang mahal asal boleh pake lama, bukan beli yang murah tapi kerap dibuang)
happy flying
- Wind Raider
- Administrator
- Posts: 4394
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
nubli wrote:hati2 rakan2ku..memang lipo punya power to weight ratio yg bagus tapi jagaanya harus betul..
(minimalis kurang praktikal dlm hal lipo..minimalis disini adalah beli yang mahal asal boleh pake lama, bukan beli yang murah tapi kerap dibuang)
happy flying
Setuju pak nubli . Minimalis itu bukan berarti "asal murah saja" , terus disebut 'minimalis' . Beli yang murah tapi kerap dibuang itu malah suatu pemborosan .
Minimalis itu lebih condong kearah 'kreativitas ' dan 'efisiensi'.
Misalnya :
- kalau di tempat Anda tidak ada carbon fibre , bisa diganti dengan bambu
- kalau di tempat Anda tidak ada ripstop , bisa diganti dengan kain payung
- kalau kebetulan Anda kehabisan push rod , bisa diganti dengan ruji payung atau bambu
- dan lain lain
Juga jangan sampai ada yang mengabaikan 'safety' dengan alasan 'minimalis ' . Coba bayangkan kalau terjadi kecelakaan dan timbul korban . Bukankah uang yang dikeluarkan tambah banyak ? Apalagi sampai ada anggota tubuh yang cacat . Belum lagi kalau harus berurusan dengan yang berwajib .
Nah .... ingat ingat !!!! "SAFETY FIRST !!!!"
-
- Staff Sergeant
- Posts: 461
- Joined: 26 Jan 2007, 00:48
- Location: Bekasi
- Contact:
SETUJU om Darwin!!!!
cuma memang yg namanya barang bagus emang sedikit lebih mahal.. cuma kalo kita itung2 invest malahan bisa lebih untung. saya pernah punya charger yg agak murahan. setelah beberapa saat malahan batre cepet jebol dan gembung.. begitu saya coba charger merk lain.. ternyata battre itu masih lumayan!!! gmn tu??
Tambahan juga.. battre lipo di chg semalaman gak menjamin masuk banyak pak arusnya. kan kalo chg dah cut off sendiri gak ada arus masuk.. justru arus sedikit terkuras dan mbalik lagi ke chg.
kedua, sebuah lipo yg over chg tidak baik untuk lifetime batre itu sendiri. memang investasi charger lipo agak mahal, tp ujung2 nya nanti batre kita awet semua. terutama balancer yg juga menunjang kinerja CHG. ini pengalaman pribadi pak.
cuma memang yg namanya barang bagus emang sedikit lebih mahal.. cuma kalo kita itung2 invest malahan bisa lebih untung. saya pernah punya charger yg agak murahan. setelah beberapa saat malahan batre cepet jebol dan gembung.. begitu saya coba charger merk lain.. ternyata battre itu masih lumayan!!! gmn tu??
Tambahan juga.. battre lipo di chg semalaman gak menjamin masuk banyak pak arusnya. kan kalo chg dah cut off sendiri gak ada arus masuk.. justru arus sedikit terkuras dan mbalik lagi ke chg.
kedua, sebuah lipo yg over chg tidak baik untuk lifetime batre itu sendiri. memang investasi charger lipo agak mahal, tp ujung2 nya nanti batre kita awet semua. terutama balancer yg juga menunjang kinerja CHG. ini pengalaman pribadi pak.
- antolorent
- trainee
- Posts: 10
- Joined: 25 May 2007, 12:44
- Location: Jakarta Timur
- Contact:
- Yudha
- First Lieutenant
- Posts: 2732
- Joined: 01 May 2007, 15:20
- Location: Medan
- Contact:
Lamanya charge tergantung kapasitas mah dan charging rate nya, cara ngecharge yang bapak lakukan sudah bener yaitu 1 C tapi ada beberapa temen yang menyarankan charging rate nya 1/2 dari mah lipo, contohnya jika lipo nya 2200 mah maka charging rate di 1.1 A memang waktu ngecharge lebih lama tapi lipo lebih awet
- e12ry
- Staff Sergeant
- Posts: 355
- Joined: 06 May 2007, 20:05
- Location: -Earth-
Setuju sama om yudha.... aku pake Imax B5.... mendingan pake 1/2c aja om... biar lebih awet... aku pake flight power 2170 charging current pake 1 ampre... hehehe kalo pake b5 mendingan selain capacity cut off.... timer cut off nyalain aja om.... setel aja di 130 menit.... biasa batre aku sih charge 112 menit... jadi biar kalo ngga mati pass mah penuh ada pengaman ke 2.... hehehehe
- Yudha
- First Lieutenant
- Posts: 2732
- Joined: 01 May 2007, 15:20
- Location: Medan
- Contact:
- andre77
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1472
- Joined: 17 Jan 2007, 14:38
- Location: BANJARMASIN
- Contact:
Yup setuju charge LIPO usahakan 1/2 dari C, trus pengalaman pribadi saya saya charge LIPO 1/2C saat LIPO kosong setelah penuh saya ulangi lagi menchargenya dengan arus 0,25A hasilnya Voltage tiap cell bisa maximal dan selisih tidak lebih dari 0,02A tiap Cellnya.
Trus LIPO yang udah cacat alias udah pernah gembung dan rusak dan kebetulan bisa di pakai lagi karena udah kita balancer dgn benar,jangan di pakai untuk terbang pecicilan, terlalu riskan untuk terjadinya los power.(ini berlaku pada HELI)
Trus LIPO yang udah cacat alias udah pernah gembung dan rusak dan kebetulan bisa di pakai lagi karena udah kita balancer dgn benar,jangan di pakai untuk terbang pecicilan, terlalu riskan untuk terjadinya los power.(ini berlaku pada HELI)
- sudjai sarmo
- First Lieutenant
- Posts: 2597
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact: