tanda-tanda ganti busi

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

Post Reply
User avatar
tomee
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 149
Joined: 23 Jan 2007, 16:40
Location: jakarta
Contact:

tanda-tanda ganti busi

Post by tomee »

om..om semua,
mo tanya dong, gejala2 yg muncul pada engine, yg mengharuskan ganti busi/glow plug itu apa aja ya???
kalo udah nggak nyala/putus sama sekali kan ketauan...nah kalo masih bisa nyala tapi udah gak layak untuk dipakai itu gimana tanda2nya??
mohon elmunya...
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Glowplug atau busi pijar yang dipakai pada engine berbahan bakar methanol sama seperti busi pada sepeda motor, kalau di sepeda motor harus ada catu tegangan tinggi yang kontinyu maka di engine methanol cukup busi pijar yang disulut dengan catu battery pada awalnya sampai engine hidup kemudian catu batterynya bisa dilepas. Meskipun busi sudah tidak mendapat catu battery busi harus tetap bisa menyimpan panas yang diakibatkan pembakaran methanol sehingga engine bisa hidup berkelanjutan. Bila busi tidak atau kurang bisa menyimpan panas yang diakibatkatkan oleh kerak kotoran yang menempel di kawat pijarnya biasanya pada saat batterynya kita lepas engine akan mati, bisa juga pada saat engine full throttle malah mati padahal pada saat throttle setengah engine hidup dengan normal. Kalau mendapati gejala seperti itu sebaiknya businya diganti saja.

Beberapa Modeller mengakali enginenya dengan memasang Switch khusus yang dikendalikan Radio untuk menghidupkan catu battery ke busi saat pesawatnya mengudara agar engine tidak mati saat idle diudara.

Selamat terbang dengan selamat.
User avatar
tomee
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 149
Joined: 23 Jan 2007, 16:40
Location: jakarta
Contact:

Post by tomee »

makasih pa dja'i atas elmunya...
User avatar
Tralala
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 466
Joined: 20 Jan 2007, 19:04
Location: Timika-Papua
Contact:

Post by Tralala »

Pengalaman saya:
-engine nggak bisa idle
-sewaktu strart susah hidup dan harus posisi trottle agak tinggi baru hidup
-dan bila glow heater dilepas engine mati (seperti yg pak dja'i bilang)
User avatar
Iskandar Komar
Airman
Airman
Posts: 35
Joined: 21 Apr 2007, 12:03
Location: Bekasi
Contact:

Post by Iskandar Komar »

Tralala wrote:Pengalaman saya:
-engine nggak bisa idle
-sewaktu strart susah hidup dan harus posisi trottle agak tinggi baru hidup
-dan bila glow heater dilepas engine mati (seperti yg pak dja'i bilang)


Pengalaman saya .....maaf nambahin

Yang saya alami pada Heli saya hampir mirip dengan pak Tralala, diwaktu start kadang susah hidup dan kadang agak gampang dengan trottle agak tinggi, kemudian kalau dilepas catu accu kayaknya mau mati tapi tidak mati, begitu di naikin trottle nya mati deh.......waktu itu pak Pramusinto sarankan saya harus ganti busi, karena waktu itu sempat hover +/- 5 meter sama pak Sinto tiba tiga engine mati.....untung sepat auto rotation.......selamet.

Begitu di ganti busi yang baru.......bagus jadinya.

Is,
Flaying 4ever
User avatar
nedi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1163
Joined: 30 Mar 2007, 17:51
Location: Cibinong, BOGOR
Contact:

Post by nedi »

[quote="sudja'i sarmo"]

Beberapa Modeller mengakali enginenya dengan memasang Switch khusus yang dikendalikan Radio untuk menghidupkan catu battery ke busi saat pesawatnya mengudara agar engine tidak mati saat idle diudara.


pak Dja'i saya tertarik dengan keterangan tersebut diatas , mohon pak kalau ada gambar atau skemanya, dan peralatan yang dibutuhkan. Trims
User avatar
Ary
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1107
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

Trik catu batt kebusi tsb biasa dilakukan untuk 4stroke dan multi silender pak, tp tdk lazim dilakukan untuk 2stroke ,yg notabene lebih gampang setting idlenya, jadi sebaiknya cari permasahannya dan ditangani, jgn ditutupi dgn trik tsb ......
Post Reply

Return to “Engine”