Mukti wrote:Saya tertarik juga dengan thread ini, karena kalau lihat di video2 dan diskusi forum luar, manuver ini (mungkin yang dimaksud Rolling Harrier) jadi puncak 3D airplane kayak piroflip di Heli. Kalau baca teorinya sih gampang waktu posisi nyamping sedikit koreksi ruder pada arah yang sesuai, waktu invert koreksi elevator down dan seterusnya...... Tapi prakteknya kok jempol kanan sama kiri gak pernah akur... di simulator aja pesawat jadi liar gak jelas arahnya. Sekarang coba latihan continous slow roll sesuai petunjuk Pemula1 .... berdasarkan pengalaman enakan roll ke kanan atau ke kiri pak ???
Kayanya sih roll kekanan deh pak enggak ngagetin karena dapat percepatan akibat putaran mesin, alias pada posisi throttle relatif sama kecepatan roll kekanan akan lebih pelan dibanding dengan roll kekiri jadi masih mempunyai kesempatan walau spilt second untuk bisa menikmati bergulingnya ataupun mengoreksinya, tapi bisa ini hanya perasaan saya loh pak ... tolong dunk suhu2 bantuin untuk mengoreksi nya ... please