ADa yang Pernah Pake Engine SPE - Gasoline
Moderator: sudjai sarmo
- beta_james
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1796
- Joined: 03 Apr 2007, 00:31
- Location: Jakarta
ADa yang Pernah Pake Engine SPE - Gasoline
Siapa yang sudah pernah memakai jenis Engine SPE - Gasoline yang 26cc ato 40cc, gimanqa karekter mesinnya, tolong penjelasannya bagi yang sudah pernah menggunakannya, makasih
- Ary
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1107
- Joined: 16 Feb 2007, 21:10
- Location: Bali
Saya beberapa bulan yg lalu sempat beli spe 26, sy Untuk kwalitas pembuatan agak kasar ya, mirip juga dgn CCRC pro 45 yg sebelumnya sempat saya coba juga. Tentunya karena harganya murah juga,kalau dibandingkan dgn zenoah yg lebih mahal dan satu kelas diatasnya jauh bikinannya.
Setelah sy break in, kira2 12 liter premium biasa,(dari awal saya sama skl tidak pernah pakai elektrik starter,hanya dgn tangan) engine ini mualai stabil dan gampang sekali distarternya,bahkan dgn 1 jari kelingking pun sdh nyala. Powernya bagus,cuma getarannya terbilang keras sama seperti CCRC pro (sekali lg sy cuma bisa bandingkan dgn Zenoah,krn punya yg lain cuma zenoah yg mana jauh lebih halus getarannya) Dan SPE yg sy dapat ini terlihat rembesan oli melalui bearing sealnya jd agak kotor ni mesin. Setelah dipakai dipesawat, powernya bagus, kira2 setara engine 120 fs.suaranya seperti pes beneran beda skl dgn mesin glow.
Begitu kira2 yg sy dapat sementara ini....
Setelah sy break in, kira2 12 liter premium biasa,(dari awal saya sama skl tidak pernah pakai elektrik starter,hanya dgn tangan) engine ini mualai stabil dan gampang sekali distarternya,bahkan dgn 1 jari kelingking pun sdh nyala. Powernya bagus,cuma getarannya terbilang keras sama seperti CCRC pro (sekali lg sy cuma bisa bandingkan dgn Zenoah,krn punya yg lain cuma zenoah yg mana jauh lebih halus getarannya) Dan SPE yg sy dapat ini terlihat rembesan oli melalui bearing sealnya jd agak kotor ni mesin. Setelah dipakai dipesawat, powernya bagus, kira2 setara engine 120 fs.suaranya seperti pes beneran beda skl dgn mesin glow.
Begitu kira2 yg sy dapat sementara ini....
- beta_james
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1796
- Joined: 03 Apr 2007, 00:31
- Location: Jakarta
- kahar
- Senior Airman
- Posts: 143
- Joined: 12 Feb 2007, 10:40
- Location: Banjarbaru
- Contact:
- sudjai sarmo
- First Lieutenant
- Posts: 2597
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
- Wind Raider
- Administrator
- Posts: 4394
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
kahar wrote:saya ingin tahu banyak tentang engine gasolin, dimana sy bisa dapat info lengkapnya?
Coba bbrp link ini :
http://www.fpengines.com/html/engines.htm
http://gotgasradiocontrol.com/
http://www.fuji-imvac.com/
http://www.ywengine.com/
http://www.zenoah.net/
- kadet
- Senior Airman
- Posts: 221
- Joined: 21 Mar 2007, 09:07
- Location: Balikpapan
- Contact:
Mas Ary Salam kenal (dan juga bagi semua Aeromodeller Seluruh Ind..)
Saya punya engin SPE 26 cc..disini ada beberapa hal yg mau saya tanyakan :
1. Apakah jarum H (bawaan pabrik lurus / bengkok)
2. Bagaima penyetelan jarum L & H agar mendapatkan Top Speed yg maximal karena punya saya Jarum H udah mentok (apakah tdk boleh sampe mentok)tapi kayaknya top speed belum ketemu.
3. Apakah ada perbedaan kalo kita pake Petramax ama Premium dan apakh cocok takaran oil yg biasa dipeke utk motor digunakan juga utk engin psw.
4. Bagaimana cara memperbaikan shaft prop yg goyang / oglek (apakah harus diganti bearingnya muka belakang)..
Terima kasih atas responnya..kami mohon pencerahan yg secerah cerahnya..
Salam/ From Balikpapan (oil city)
Saya punya engin SPE 26 cc..disini ada beberapa hal yg mau saya tanyakan :
1. Apakah jarum H (bawaan pabrik lurus / bengkok)
2. Bagaima penyetelan jarum L & H agar mendapatkan Top Speed yg maximal karena punya saya Jarum H udah mentok (apakah tdk boleh sampe mentok)tapi kayaknya top speed belum ketemu.
3. Apakah ada perbedaan kalo kita pake Petramax ama Premium dan apakh cocok takaran oil yg biasa dipeke utk motor digunakan juga utk engin psw.
4. Bagaimana cara memperbaikan shaft prop yg goyang / oglek (apakah harus diganti bearingnya muka belakang)..
Terima kasih atas responnya..kami mohon pencerahan yg secerah cerahnya..
Salam/ From Balikpapan (oil city)
- Ary
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1107
- Joined: 16 Feb 2007, 21:10
- Location: Bali
Salam kenal juga mas kadet,
1.Jarumnya setahu saya ya lurus , saya sejak baru tdk pernah utak atik jarum H,selama breakin yg perlu disesuikan adalah jarum L saja , penyetelan engine gasoline tdk sekritis engine glow dan cara penyetelan karbu gas berbeda dgn glow, jangan gunakan cara glow pd gas .. , jarumnya gede tuh masak sampe bengkok ?
2. Jarum H tdk pernah sampai mentok,masalah top speed engine gasoline jgn disamakan dgn glow,gasoline engine tenaganya di RPM rendah ,top rpm sekitar 8000 jauh dr glow yg powernya max di rpm 14000 paling tdk, jadi gasoline lebih mirip dgn elektrik ...
Misal untuk spe 26 , dgn prop 16X8 bisa top rpm 8500 sdh bagus.. yg penting transien trotel nya mulus..
3. Saya cenderung memakai premium biasa dgn oli castrol 1:32.
4. Masalah shaft prop goyang, inilah yg saya katakan sebagai kekurangan mesin ini dibandingkan dgn mesin jepang atau ceko yg pernah saya coba. mesin spe ini bergetar bukan karena beringnya rusak,tapi rumah bering pada body engine yg kalah karena kwalitas metal engine ini yg kurang baik,sehingga mereparasinya sulit sekali karena secara keseluruhan bahan metal mesin ini kurang bagus,
saya pribadi sdh trauma mencoba gasoline produk cina (sdh beberapa merk sy coba) memang lebih murah tp banyak masalah belakangan, kalau boleh saya sarankan jika mo beli gasoline lagi,belilah setidaknya yg sekelas Zenoah....
1.Jarumnya setahu saya ya lurus , saya sejak baru tdk pernah utak atik jarum H,selama breakin yg perlu disesuikan adalah jarum L saja , penyetelan engine gasoline tdk sekritis engine glow dan cara penyetelan karbu gas berbeda dgn glow, jangan gunakan cara glow pd gas .. , jarumnya gede tuh masak sampe bengkok ?
2. Jarum H tdk pernah sampai mentok,masalah top speed engine gasoline jgn disamakan dgn glow,gasoline engine tenaganya di RPM rendah ,top rpm sekitar 8000 jauh dr glow yg powernya max di rpm 14000 paling tdk, jadi gasoline lebih mirip dgn elektrik ...
Misal untuk spe 26 , dgn prop 16X8 bisa top rpm 8500 sdh bagus.. yg penting transien trotel nya mulus..
3. Saya cenderung memakai premium biasa dgn oli castrol 1:32.
4. Masalah shaft prop goyang, inilah yg saya katakan sebagai kekurangan mesin ini dibandingkan dgn mesin jepang atau ceko yg pernah saya coba. mesin spe ini bergetar bukan karena beringnya rusak,tapi rumah bering pada body engine yg kalah karena kwalitas metal engine ini yg kurang baik,sehingga mereparasinya sulit sekali karena secara keseluruhan bahan metal mesin ini kurang bagus,
saya pribadi sdh trauma mencoba gasoline produk cina (sdh beberapa merk sy coba) memang lebih murah tp banyak masalah belakangan, kalau boleh saya sarankan jika mo beli gasoline lagi,belilah setidaknya yg sekelas Zenoah....
- tn
- Master Sergeant
- Posts: 974
- Joined: 17 Jan 2007, 17:44
- Location: seribu sungai (Banjarmasin)
- Contact:
- sudjai sarmo
- First Lieutenant
- Posts: 2597
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact: