masalah WD.....
- andre77
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1472
- Joined: 17 Jan 2007, 14:38
- Location: BANJARMASIN
- Contact:
- scoobyd00
- Airman
- Posts: 47
- Joined: 03 Jun 2007, 12:39
- Location: Pondok Gede - Bekasi
- Contact:
- Mukti
- Senior Airman
- Posts: 215
- Joined: 19 Jan 2007, 13:17
- Location: Bekasi
Pegang ujung nose pake ujung jari dan tangan satunya lagi pegang ujung bawah ruder juga pake ujung jari, tinggal lihat WD nya berat ke kanan atau ke kiri... Gak balance bisa jadi memang wingnya berat sebelah atau masang wingnya gak center jadi harus digeser2 biar pas. Tapi sebenarnya miring2 dikit buat WD gak papa karena Wingspannya besar dan prop diameternya kecil.Yudha wrote:Mukti wrote:kayak saya baru pertama kali nerbangin WD.... Selain yang disampaikan oleh suhu2 di atas, coba cek balance kana-kirinya. Soalnya kalau 3ch gak balance, apalagi lebih berat ke arah torque motor buat pemula pasti susah karena langsung panik counter dengan ruder.
Cara ngukur balance nya gimana tuh om ?
- Abi Ghiffa
- Second Lieutenant
- Posts: 2494
- Joined: 19 Jan 2007, 13:30
- Location: Jakarta - Lombok
- Contact:
Saya kemaren juga ngerakit WD 4, Motor Brushless 2409 / Li-Po 3S 1200mAh / Prop 8060 dipotong 1.5 cm / ESC 25A.
Saat Rogging pesawat kok selalu belok kanan (Stang padahal udah gak terkunci).
Trus take off sedikit pesawat juga cenderung meleot ke kanan dan stall. hiks,..kenapa pesawat yang saya terbangin semua begitu yach ??? apa saya settingan elevator terlalu Norak kali yach?, akhirnya karena gak nahan anginnya kekencengan diputuskan membatalkan terbang lanjutan hari itu.
Dasar emang jempolnya belum oke nich,..kalo pesawatnya saya yakin cuman butuh sedikit sentuhan,..
Ada yang bisa bantu ???? Om paskal lupa bawa tustel kemaren,..
Saat Rogging pesawat kok selalu belok kanan (Stang padahal udah gak terkunci).
Trus take off sedikit pesawat juga cenderung meleot ke kanan dan stall. hiks,..kenapa pesawat yang saya terbangin semua begitu yach ??? apa saya settingan elevator terlalu Norak kali yach?, akhirnya karena gak nahan anginnya kekencengan diputuskan membatalkan terbang lanjutan hari itu.
Dasar emang jempolnya belum oke nich,..kalo pesawatnya saya yakin cuman butuh sedikit sentuhan,..
Ada yang bisa bantu ???? Om paskal lupa bawa tustel kemaren,..

- iwan21
- Administrator
- Posts: 13591
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Coba cek lagi dudukan motor 2409 nya om, mungkin kurang right thrust mengingat 2409 punya power dan kv gede (180W/1600) dibanding yg 2408 (sekitar 110W/1200). Ditambah lagi pake Lipo 3s dan prop dg pitch 6..kalo ada stok coba dulu dg Batere 2 sel..
Atau coba dulu handlaunch dg 1/2 throttle, jangan langsung maksimum throtle dulu.
Atau coba dulu handlaunch dg 1/2 throttle, jangan langsung maksimum throtle dulu.
- NF
- Gaero Public Relation
- Posts: 7145
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
- Yudha
- First Lieutenant
- Posts: 2732
- Joined: 01 May 2007, 15:20
- Location: Medan
- Contact:
- Abi Ghiffa
- Second Lieutenant
- Posts: 2494
- Joined: 19 Jan 2007, 13:30
- Location: Jakarta - Lombok
- Contact:
- iwan21
- Administrator
- Posts: 13591
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
side thrust = right thrust,sudut antara sumbu motor dan sumbu pesawat kalo diliat dari atas (sumbu motor miring sedikit terhadap sumbu pesawat) bertujuan mengkompensasi efek roll akibat torsi motor/engine.
Liat topiknya disini :
http://gaero.info/forum/viewtopic.php?p=10940#10940
Liat topiknya disini :
http://gaero.info/forum/viewtopic.php?p=10940#10940
Last edited by iwan21 on 06 Jun 2007, 13:41, edited 1 time in total.
- iwan21
- Administrator
- Posts: 13591
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact: