flytosky wrote:dalam dunia penerbangan sebenarnya, elevator itu bisa di ubah sudut kemiringannya (keseluruhan elevator lho ya). perhatikan foto dibawah ini :
nah, inilah alasan kenapa pesawat sebenarnya walau dihajar full flaps, AoA (angle of Attack / Sudut serang) pesawat tidak berubah. Flaps increasing = sudut Elevator menyesuaikan.
Walau pesawat dengan elevator full moving, perubahan flap akan merubah AoA pesawat. Elevator ditrim hanya untuk mengimbangi momen tukik pesawat akibat flap, sehingga pesawat tetap stabil.
Flap dikeluarkan bila memerlukan terbang lebih lambat (dibawah 1.2 kecepatan stall tanpa flap).
flytosky wrote:ohya, settingan take off pesawat itu tergantung berat pesawat dan panjang landasannya (sy berbicara soal pesawat dalam kenyataan ya). kalau landasan panjang dan berat pesawat ringan, ya kadang ga pake flap atau 5'. take off flaps itu mulai 5', 10' sampai 15'. kalau landing, mulai dari 15' sampai maksimal 45'
Pada pesawat penumpang umumnya setting flap untuk take-off atau landing sudah tertentu (ditentukan sejak didisain) tidak bisa sesukanya. Berat pesawat akan menentukan speed schedule saja. Hanya pada pesawat besar memang ada beberpa pilihan setting flap untuk take-off dan landing. Tetapi take-off atau landing tanpa flap hanya bila terjadi emergency (flap rusak).