Kuantitas akumulasi mAh setelah charging

Moderators: unding, ajo.naim

Post Reply
User avatar
Tirto
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 59
Joined: 05 Mar 2007, 13:23
Location: MBandung
Contact:

Kuantitas akumulasi mAh setelah charging

Post by Tirto »

Dear All,

Mohon informasi, kuantitas mAh battery LiPo yang tertera pada label misalnya 2200mAh itu jika charging dari batas bawah voltage berapa volts?

Misalnya battery 3 sel setelah dipakai voltage turun menjadi 9,6 volt (3,2v per sel) sesuai setting ESC dan dicharge sampai maximum total voltage 12,6 (4,2v per sel) apakah jika battery masih bagus akan maka charger akan menampilkan angka 2200mAh?

Terimakasih, saya tunggu jawabannya :-({|=
User avatar
Ary
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1107
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

Kapasitas yg tertera pada lipo adalah kapasitas keseluruhan dari lipo tsb,yg tentunya tdk akan pernah bisa kita kuras habis karena akan merusak lipo tsb.

Voltage cut off dari ESC ada yg bisa kita set ada yg fix, biasanya berkisar 3,2v 3v atau 2,5v per sel nya
tergantung settingnya,yang mana kapasitas dischargenya menjadi berkisar antara 60% sampai 75%dari kapasitas yg tertera pd batt.

Tentunya meskipun dgn lipo bagus kita tdk akan pernah bisa mengisi lipo tsb sebanyak kapasitas yg tertera pd kemasannya karena pd waktu pemakaian sebelumnya masih ada sisa isi karena pembatasan discharge oleh voltage cut off dari ESC.

demikian yg bisa sy amati selama ini...
User avatar
andre77
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1472
Joined: 17 Jan 2007, 14:38
Location: BANJARMASIN
Contact:

Post by andre77 »

trus gimana ya trik untuk mengetahui kondisi lipo kita masi tok cer apa tidak :-k
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

LiPo sebaiknya jangan dibebani sampai kurang dari 3V, pada Charger tertentu bila mendeteksi LiPo dibawah 3V per Cell tidak akan mau mengisi karena dianggap rusak.
LiPo masih baik kalau pada saat kita bebani maksimum tegangannya hanya turun maksimum 0,4V, beban maksimum disini ialah kapasitas Battery dikalikan Discharge Value.
User avatar
Tirto
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 59
Joined: 05 Mar 2007, 13:23
Location: MBandung
Contact:

Post by Tirto »

sudja'i sarmo wrote:LiPo sebaiknya jangan dibebani sampai kurang dari 3V, pada Charger tertentu bila mendeteksi LiPo dibawah 3V per Cell tidak akan mau mengisi karena dianggap rusak.
LiPo masih baik kalau pada saat kita bebani maksimum tegangannya hanya turun maksimum 0,4V, beban maksimum disini ialah kapasitas Battery dikalikan Discharge Value.


Bapak2 yang cararakep, terimakasih atas pencerahannya,

Oya, kalau punya charger yang tidak mau charging jika batere LiPo kurang dari 3V per sel, caranya charge dulu dengan mode NiMH atau NiCd sampai voltage persel diatas 3V kemudian dilanjutkan dengan Mode LiPo, pasti tokcer, tp jangan lupa ditungguin dan jangan sampai lupa lho, bisa2 Njeblug kalau terus2an pakai NiCd mode.... \:D/
User avatar
Ary
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1107
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

sudja'i sarmo wrote:LiPo sebaiknya jangan dibebani sampai kurang dari 3V, pada Charger tertentu bila mendeteksi LiPo dibawah 3V per Cell tidak akan mau mengisi karena dianggap rusak.
LiPo masih baik kalau pada saat kita bebani maksimum tegangannya hanya turun maksimum 0,4V, beban maksimum disini ialah kapasitas Battery dikalikan Discharge Value.


Benar pak Sudja'i, batas ideal cut off adalah 3V, Tapi memang jarang sekali ada lipo yg bisa kita bebani max sesuai dgn C yg tertera pd kemasannya tanpa menjadi panas skl dan tidak drop tegangannya,

kalau saya selalu membebani semua lipo sy max 10C saja , ini yg saya rasa bisa membuat lipo awet dan voltagenya nggak drop2 skl serta durasi terbangnya ideal.....
User avatar
Dedy
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 317
Joined: 24 Apr 2007, 12:48
Location: Manado

Post by Dedy »

Hmm terima kasih penjelasannya para suhu.. dapet ilmu baru nih.. sama halnya saya alami charger tidak detect batt lipo yg pake balancer..sempet sterss padahal batt masih baru dan terlampau drop discharge..saya coba colokin ke wall charger lipo tanpa balancer dipancing eehh mau ngercharge..dan colokin langsung ke charger balancernya. nge charge dengan baik dan . batt masih aman...
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Semua LiPo saya bila teganganya sisa 3,6V per cell sudah saya istirahatkan agar lebih tahan lama.
User avatar
mainblade
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 253
Joined: 16 Jun 2007, 22:41
Location: Cengkareng - Jakarta
Contact:

Post by mainblade »

Pak, battery saya 2200mAH baru charge sekitar 4-5 kali, kemarin main heli sampe ESC cut off, setelah itu saya charge pake charger digital dgn input 1C (2.2A) & pake balancer, setelah selesai charge saya perhatiin kapasitas yg diisi sekitar 2250 mAH (lebih 50 mAH) lalu saya ukur tegangan total sektar 12.4 volt. Kenapa bisa begini ya ? Apakah battery saya udah 'modar' ???
Post Reply

Return to “Battery & Charger”