Charger or Battery Ngaco ?

Moderators: unding, ajo.naim

Post Reply
User avatar
mainblade
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 253
Joined: 16 Jun 2007, 22:41
Location: Cengkareng - Jakarta
Contact:

Charger or Battery Ngaco ?

Post by mainblade »

Om sekalian, mohon bantuan info mengenai charger saya. Saya menggunakan charger Bantam e-station 301, power supply ex computer, balancer flight power v-balance, battery xtreme power 2200 (18c) & align 2200 (18C). Setiap kali charge saya pake 1.1 A (0.5c). Pertanyaan saya adalah sbb :
1. Pada waktu charge, pada display charger tertera tegangan dr battery yg mana angkanya naik terus dari 11,xx volt s/d 12.67 volt kemudian akhirnya turun & selesai di 12.60 volt. Apakah kondisi ini normal ? Mengingat 12.67 volt = 4.22 volt x 3 cell, sedangkan berdasarkan teori batteri lipo gak boleh dicharge lebih dari 4.2 volt. CMIIW.
2. Setelah charge selesai, biasanya saya ukur pake multitester digital (standard, bukan yg mahal), tegangan akhir yg didapat cuman sekitar 12.4 volt ! Sedangkan kalau kita lihat dari teg. akhir di charger adalah 12.6 volt, ada kesalahan dimana ya ?
Mohon pencerahan dari para suhu listrik mengenai hal diatas, thanks.
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 13591
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

Normal kok Om itu....4,2 Volt/sel adalah kondisi peak batere, jadi bisa aja saat charge naik dikit diatas itu dulu baru stop diatas 4,2..setelah dicabut chargernya bisa aja turun dikit lagi. Apalgi pake DVM yg enggak terkalibrasi tentu kesalahan pembacaan/penunjukan juga mempengaruhi
User avatar
mainblade
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 253
Joined: 16 Jun 2007, 22:41
Location: Cengkareng - Jakarta
Contact:

Post by mainblade »

Om Iwan, thanks atas infonya. Setidaknya saya agak tenang sekarang krn battery lipo saya sudah ada 2 yg bunting.
User avatar
Ary
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1107
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

Biasanya sel yg bunting lebih disebabkan oleh pemakain arus terhadap batt tsb yg melebihi kapasitas C nya...jadi kalau bisa selalu cek pemakain arus pesawat/heli anda, dan kadang2 bunting terjadi juga kalau kita sering mencharge batt yg masih panas habis dipakai.....jadi sebaiknya dinginkan dulu baru dicharge...
Post Reply

Return to “Battery & Charger”