FoamZilla - wing span 190

Tampilkan karya foamy plane Anda disini

Moderators: hery_s, joko

Post Reply
User avatar
MrDoms
Captain
Captain
Posts: 3196
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

FoamZilla - wing span 190

Post by MrDoms »

Ini progress buat pesawat trainer... FoamZilla

Wing Span: 190 cm
Fuse: aduh lupa... sekitar 130 cm
Berat Bodi (wing+fuse+landing gear) = 700 gr

Konstruksi, foam dilapis kertas kraft untuk fuselage dan wing. Untuk stabil dan elevator pakai polifoam.. trus di cat pake pylox... terakhir stress akibat warna yang kurang balance/cakep....

Ukuran berdasarkan rumus yang diturunkan oleh para suhu2 disini... bentuk meniru pesawat trainer saza...

Image
Image
Image

lama pembuatan = 100 jam kayaknya... rencana maiden mungkin sekitar 3 minggu lagi....

Sengaja dimunculin... karena sudah tidak tahan untuk unjuk gigi... hehehehe....
User avatar
shaify
Gaero Ambassador
Gaero Ambassador
Posts: 760
Joined: 20 Jan 2007, 20:31
Location: PK-JT 310
Contact:

Post by shaify »

mantep tuh Om..btw, pake engine atau motor BL?
User avatar
kucing
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1700
Joined: 20 Jan 2007, 12:04
Location: BINTARO

Post by kucing »

wah...wah dah manteb buatannya om.... =D> =D> ..ditunggu reportnya.... =D> =D>
User avatar
coyo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1494
Joined: 17 Jan 2007, 17:00
Location: Kota Jababeka, Cikarang
Contact:

Post by coyo »

mantaffffff......... gede banget.......
User avatar
MrDoms
Captain
Captain
Posts: 3196
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Post by MrDoms »

Pake motor BL om Syaify..
Maksimum munkin beratnya bisa mencapai 950 gr

Ngejar wing loading dibawah 20 gr/dm... nggak tau akibatnya nanti apa... mungkin gampang dihembus angin...

Penampilan jadi kurang sip karena kawat landing gear yang ringkih walau cukup kuat... (botleneck juga nih mikirin yang pas but available...)
User avatar
NF
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 7145
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

...gedhe amat......bandingin dah sama mar***** light yang di atas wing..,
btw tehnik om dom's makin maju saja dengan pelapisan pakai kertas kraft........
User avatar
MrDoms
Captain
Captain
Posts: 3196
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Post by MrDoms »

Om NightFox... teknik pelapisan foam dengan kertas kraft ini saya pikir sangat bagus dan perlu di promosikan juga....

Hasilnya sangat kuat, malah untuk wing 190 cm saya tidak perlu spar bahkan leading edge atau trailing edge untuk penopang sayap... Dijamin sangat rigit/kaku dan kuat... ibarat sayap seperti dari kayu balsa semua...

Hasilnya juga smoth... bopeng-bopeng yang terjadi dari amplas (finishing) tidak akan kelihatan... dan malah bisa di cat pake pylox (hati-hati jangan kebanyakan pylox ntar meresap kena foamnya... lumer itu
foam)

Caranya:
1. Foam yang mau dilapis dengan kertas kraft dibersihkan dulu dari debu..
2. Oleskan dengan rata lem putih (lem Fox yang diencerkan sesuai dengan kompromi kekuatan dan berat yang diinginkan)
3. Kertas kraft yang akan di tempelkan sudah dipotong sesuai dg sizenya
4. Basahi bagian kertas kraft yang akan direkatkan dengan air (hanya satu permukaan saja dan jangan terlalu basah... ntar kertasnya jadi tidak kuat)
5. Rekatkan pada foam yang telah diolesi lem putih
6. Ratakan permukaan kertas yang merekat dengan kain lap..
7. Biarkan kering sekitar 30 menit...
8. Setelah itu cover permukaan dengan kain dan beri beban diatas rekatan sesuai dengan keinginan kita
9. Ingat kalau tidak diberi beban hasil dapat melengkung... akibat hilangnya kandungan air dari lem dan kertas
10. Efek lengkung ini dapat juga dimanfaatkan pada pembuatan wing (dehidral)
11. Biasanya lem sudah cukup kering dalam waktu 6 jam (tergantung kondisi ruangan tempat pengeringan)
12. dapat langsung di cat dengan pylox... (sekali lagi harus hati-hati)
13. Mungkin (belum pernah dicoba loh...) bisa dilapis dengan indocote...
14. If you do it right... believe me this will be much more stronger material construction refer to its weight ratio...
15. Sambil mengelem... jangan lupa beri senyuman yang manis pada istri... hahahahahaha.....

Selamat mencoba...
User avatar
Wind Raider
Administrator
Administrator
Posts: 4394
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Post by Wind Raider »

Waduh mantep !!!! Record breaker !!!
Paling gede di kelas foamy ...
Kejar maidennya pak.

p.s:
Teknik kertas kraftnya bisa diposting tersendiri pak ... Nanti kita sticky ..
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 13591
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

Wah, kalo kertas kraft bisa bikin kaku tanpa spar, mestinya wingnya bisa lebih ringan om, caranya beberapa bagian wing dibolongin dulu sebelum dibungkus, lumayan bisa ngurangin berat2 yg enggak perlu, terutama akibat ketambahan kertas dan lemnya sendiri.
Ngomong2 kertas kraft itu kertas jenis apa ya?, bisa beli dimana ( mode kuper : on.....)
User avatar
MrDoms
Captain
Captain
Posts: 3196
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Post by MrDoms »

Siap suhu... :smt107 teknik kertas kraft akan saya buat plus gambar2nya... namun kalau boleh saya minta waktu... (mau cuti pulang kampung besok.... pria jujur)

Benar suhu iwan... bisa dilobangin dulu... pernah saya pikirkan... namun teknik ngelobangin ini sendiri yang saya belum nemu caranya biar mantaf... ngelobangi pake cutter sering tidak rata... trus saya pikir akan ada kelemahannya; jika terjadi perubahan kelembaban bagian yang berlobang akan kendor kertasnya jika tidak di pylox... dan rawan jebol kalo kena benda tajam...

Kertas kraft itu ada dijual di gramedia (yang bagus)... warnanya coklat tapi tebal (bukan karton loh)... pakai kertas kantong semen juga bisa... namun surfacenya agak kasar kalao pakai kertas semen, kemungkinan pylox meresap juga tinggi...

Kertas kraft ini produk yang belum mengalami proses pemutihan... jadi sifat kayunya masih banyak alias kuat sekalee... makanya dapat dipakai jadi kantong semen...
Post Reply

Return to “Foamy”