wah pertanyaan om Wisnu makin berat nih ( ujian ?? hi hi hi hi hi..., mudah2an aja saya lulus dan dapet hadiah kek kek kek kek)
1. Kenapa saat power ditambah masih mau nukik terus ?, nah utk jawabannya kenapa, bisa enggak saya dikasih foto pandangan samping si BB, sapa tau ada penerawangan disitu.
2. Definis pusher, kalo propeler madep kebelakang, gak peduli motor/engine ada dimana, nose kek, tengeh2 body kek, tail kek.
3. Gleider bermotor yg om Wisnu punya ya tetep tractor type karena prpellernya madep depan.
Utk konsep thrust line
1. Kalo tractor dg motor/engine inline dg sumbu body, mesti ada down thrust (thrsut line negatif) karena utk kompensasi wing incidence, kalo gak ada maka pesawat akan menanjak terus kalo power ditambah.
2. Untuk motor/engine diatas sumbu body dan dibelakang CG/ baik tractor maupuin pusher, perlu up thrust karena kalo thrust line 0 akan membuat hidung pesawat terdorong kebawah/nukik
3. Untuk motor/engine di tengah dan di tail,utamanya pusher, dg posisi inline sumbu body, tidak diperlukan up/down trhust
begitu kira2nya...(mudah2an ujiannya dari Guru besar luar biasa SU-31 ini saya bisa lulus....)
KPR - RedBlur : Buset Bee (plesetan Bussy bee)
- iwan21
- Administrator
- Posts: 13591
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
- Redblur
- Lieutenant Colonel
- Posts: 4324
- Joined: 01 Apr 2007, 19:48
- Location: Cinere
- Contact:
- su-31
- First Lieutenant
- Posts: 2507
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
iwan21 wrote:...(mudah2an ujiannya dari Guru besar luar biasa SU-31 ini saya bisa lulus....)
Jangan gitu lah oom,
Waktu ground school di Juanda dulu, ujian theory of flight saya fail/ngulang tuh buktinya...
...Lha kita kan waktu Blur maiden itu ikut sibuk, malah pada debat pertahanin argument masing2.
Seru lah pokok nya.., dan itulah dunia Aeromodel..., sarat ilmu pengetahuan...,
...yg bikin si Blur waktu itu garuk2 kepala..., iya gak Blur ?
Terahir, beda nya Incidence angle dengan Angle of Attack (AoA)...
Saya bilang AoA itu relatif thd Airflow, sedang Incidence itu thd Longitudinal axis, Stab.
...dst, dll.
Si Blur mungkin bingungnya, kok dia yg ujian, eh malah oom2 nya yg pada diskusi...

- iwan21
- Administrator
- Posts: 13591
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
su-31 wrote:
Terahir, beda nya Incidence angle dengan Angle of Attack (AoA)...
Saya bilang AoA itu relatif thd Airflow, sedang Incidence itu thd Longitudinal axis, Stab.
...dst, dll.
Si Blur mungkin bingungnya, kok dia yg ujian, eh malah oom2 nya yg pada diskusi...
Betul om, (kata buku, buku kata saya lho.., saya kan lagi ujian ama om Wisnu he he he he..

- Redblur
- Lieutenant Colonel
- Posts: 4324
- Joined: 01 Apr 2007, 19:48
- Location: Cinere
- Contact:
- Wind Raider
- Administrator
- Posts: 4394
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
- Redblur
- Lieutenant Colonel
- Posts: 4324
- Joined: 01 Apr 2007, 19:48
- Location: Cinere
- Contact:
oh iya terbang nya buset bee kurang recomended untuk beginer(kata om ade)
cuman menurut saya ini mah kok mirip2 wilga yah tapi kelebihan nya......Saat belok ada yg berbeda Dalam gaya nya (bukan Sytle hihihihi )
pesawat BB1 ini sedikit melenceng dari teori yaitu
Fuselage jangan bengkok..........dan ini malah mencong2
cuman menurut saya ini mah kok mirip2 wilga yah tapi kelebihan nya......Saat belok ada yg berbeda Dalam gaya nya (bukan Sytle hihihihi )
pesawat BB1 ini sedikit melenceng dari teori yaitu
Fuselage jangan bengkok..........dan ini malah mencong2

- Redblur
- Lieutenant Colonel
- Posts: 4324
- Joined: 01 Apr 2007, 19:48
- Location: Cinere
- Contact:
Oh iya...... kok lucu yah ??
kalau pas takeoff sangat berat untuk ke atas nya ( mau nya ke bawah)
dan saat airborne elevator di lepas malah bisa lurus saja.......! ( bisa lurus tanpa kebawah terus)
kalau elevator di besarin.......apakah bisa melawan efek dari thrust?
Oh iya Review ke 2
INI PESAWAT MIRIP SEKALI LOW WING !!!
belok harus tambah power atau nge bank !!
dan ngebut.....rencana minggu dog fight sama Mustang
kalau pas takeoff sangat berat untuk ke atas nya ( mau nya ke bawah)
dan saat airborne elevator di lepas malah bisa lurus saja.......! ( bisa lurus tanpa kebawah terus)
kalau elevator di besarin.......apakah bisa melawan efek dari thrust?
Oh iya Review ke 2
INI PESAWAT MIRIP SEKALI LOW WING !!!
belok harus tambah power atau nge bank !!
dan ngebut.....rencana minggu dog fight sama Mustang
