Dear rekan2, untuk warbird banyak sekali jenis2nya yang dijual oleh lhs, kira2 menurut rekan2 sekalian warbird apa yang sering dimainkan yah.
Thanks.
Untuk RC Plane, Warbird apa yang sering dimainkan yah ?
- ersud
- Airman
- Posts: 48
- Joined: 07 Sep 2007, 09:48
- Location: Jakarta
- Contact:
- Redblur
- Lieutenant Colonel
- Posts: 4324
- Joined: 01 Apr 2007, 19:48
- Location: Cinere
- Contact:
- shaify
- Gaero Ambassador
- Posts: 760
- Joined: 20 Jan 2007, 20:31
- Location: PK-JT 310
- Contact:
- jedx
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1350
- Joined: 17 Jan 2007, 16:34
- Location: BPT ( Bekasi Pinggir Tol ) ... Asline Ponorogo
- Contact:
- flytosky
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1791
- Joined: 14 Apr 2007, 17:02
- Location: Nanga Pinoh
- Contact:
according to wikipedia, warbird itu khusus sebutan untuk pesawat militer baheula yang udah jarang tapi masih layak terbang. kata ini aslinya sebutan untuk pesawat pesawat tempur pada era WW2, cuman skr banyak disebut juga untuk pesawat militer jet-powered.
warbird R/C yang banyak beredar itu :
- P - 39 Airacobra (dari TWM ada tuh, sy pernah liat terbangnya, cakep n suaranya garang bener)
- P - 51 Mustang (rame banget nih pesawat. konon agak repot waktu take off)
- Spit Fire ( siapa yang punya? silahkan review nya)
- September Fury
- Sea Fury
- P - 40 Warhawk
- F8F BearCat
- F4U Corsair
- T6 Texan
warbird R/C yang banyak beredar itu :
- P - 39 Airacobra (dari TWM ada tuh, sy pernah liat terbangnya, cakep n suaranya garang bener)
- P - 51 Mustang (rame banget nih pesawat. konon agak repot waktu take off)
- Spit Fire ( siapa yang punya? silahkan review nya)
- September Fury
- Sea Fury
- P - 40 Warhawk
- F8F BearCat
- F4U Corsair
- T6 Texan
- Redblur
- Lieutenant Colonel
- Posts: 4324
- Joined: 01 Apr 2007, 19:48
- Location: Cinere
- Contact:
Saya Spitfire
Spitfire By GuangLi / China Production
Spitfire pesawat Perang dunia Punya nya Royal Air Force (Inggris)
enak pesawat buatan guangli,Lincah sampai kemarin Dog Fight dengan P51D mustang yg lalu Tabrakan di udara.........Hik2
Pesawat nya bisa manuver loop terus-terusan,Roll kurang gesit sih tapi cukup lah!!
pesawat ini Foam,Electric
dan Liar kalau lawan angin, dan angin yg saya maksud adalah Pohon ikut2 tiduran hehehe
Spitfire By GuangLi / China Production
Spitfire pesawat Perang dunia Punya nya Royal Air Force (Inggris)
enak pesawat buatan guangli,Lincah sampai kemarin Dog Fight dengan P51D mustang yg lalu Tabrakan di udara.........Hik2
Pesawat nya bisa manuver loop terus-terusan,Roll kurang gesit sih tapi cukup lah!!
pesawat ini Foam,Electric
dan Liar kalau lawan angin, dan angin yg saya maksud adalah Pohon ikut2 tiduran hehehe
- hadi
- Staff Sergeant
- Posts: 298
- Joined: 22 Jan 2007, 07:49
- Location: Bogor,Balikpapan
- Contact:
Menurut pengalamanku, pesawat warbird maupun scale hanya enak di lihat, tapi ga enak di terbangin. Kenapa , ya kita kembali lagi ke pelajaran mengenai fluida.
Intinya, jika ada suatu pola/bidang bergerak di fluida (spt air dan udara ) akan terjadi dua hal, aliran laminar, dan turbulensi, yang tergantung pada Reynolds number(Re) -nya.
Re (non-dimensional ) = Kerapatan masa fluida( misal udara)/viskositas x air speed x wing chord (jarak leading - trailing edge sayap)
Kerapatan masa udara = 1.225
Viskositas udara (std) = 0.0000179 kg/m/detik
Jadi kl ada psw dg chord 1 m bergerak di udara dg 1 meter / detik :
Re = 1/225/1.79E+5 x1 x1 = 68459
ato
Re= 68459 x air speed x chord
Dari persamaan in ketahuan, psw gede (full size) dg wing lebar, dan kecepatan tinggi, Viskositas (konstanta) udara tidak dominan (yg dominan ya massa dan moment inersia psw tsb) , sedang pada psw model yang di 'skala'-kan , dg wing chord jauh lebih kecil dr psw full size, viskositas udara jd dominan. Makanya karakter psw scale bisa jadi beda jauh sama yg aslinya.
Ini contoh ilustrasinya (inget, yg bisa di scale-down cuma dimensi psw, kerapatan udara kan ga bisa...)

Intinya, jika ada suatu pola/bidang bergerak di fluida (spt air dan udara ) akan terjadi dua hal, aliran laminar, dan turbulensi, yang tergantung pada Reynolds number(Re) -nya.
Re (non-dimensional ) = Kerapatan masa fluida( misal udara)/viskositas x air speed x wing chord (jarak leading - trailing edge sayap)
Kerapatan masa udara = 1.225
Viskositas udara (std) = 0.0000179 kg/m/detik
Jadi kl ada psw dg chord 1 m bergerak di udara dg 1 meter / detik :
Re = 1/225/1.79E+5 x1 x1 = 68459
ato
Re= 68459 x air speed x chord
Dari persamaan in ketahuan, psw gede (full size) dg wing lebar, dan kecepatan tinggi, Viskositas (konstanta) udara tidak dominan (yg dominan ya massa dan moment inersia psw tsb) , sedang pada psw model yang di 'skala'-kan , dg wing chord jauh lebih kecil dr psw full size, viskositas udara jd dominan. Makanya karakter psw scale bisa jadi beda jauh sama yg aslinya.
Ini contoh ilustrasinya (inget, yg bisa di scale-down cuma dimensi psw, kerapatan udara kan ga bisa...)

- flytosky
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1791
- Joined: 14 Apr 2007, 17:02
- Location: Nanga Pinoh
- Contact:
- hadi
- Staff Sergeant
- Posts: 298
- Joined: 22 Jan 2007, 07:49
- Location: Bogor,Balikpapan
- Contact:
mungkin krn pada RC model psw aerobatic, baik pada airfoil, fuselage, stab/fin , desainnya udah memperhitungkan agar flow udara di daerah control surface terjaga laminar (sampai pd kecepatan tertentu), jadi tidak asal "scale down" dari dimensi aslinya.
Coba kalo P-40 nya di kasih airfoil simetris, sayap di taruh di tengah2 fuselage, trus jarak antara main wing dan stabiliser di jauhin, pasti tambah enak tuh terbangnya. hehe
Ayo dong rekan lain share ilmunya,
Coba kalo P-40 nya di kasih airfoil simetris, sayap di taruh di tengah2 fuselage, trus jarak antara main wing dan stabiliser di jauhin, pasti tambah enak tuh terbangnya. hehe
Ayo dong rekan lain share ilmunya,