Pengalaman belajar membuat heli terbalik

Berbagi kisah aeromodelling ( pengalaman pertama , crash , aneh tapi nyata )

Moderators: NF, nyonk

Forum rules
Room Cerita Kita dimaksudkan untuk berbagi cerita mengenai kisah menarik dalam menekuni hobby aeromodelling .
Jangan ada topik lain seperti : survey , review , salam perkenalan dll .
Thread yang terlalu singkat , akan dihapus atau dipindah ke room latihan posting .
Persiapkan Thread Anda dengan baik dan menarik . Selamat berbagi cerita .
User avatar
Budiman
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1894
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

Setelah sekian minggu menunggu redanya hujan..dan angin yg tidak menentu...ditambah konsultasi sana sini..plus latihan refleks membalikkan heli pagi siang sampe pagi lagi..hehehe :compuf:
...akhirnya saya membulatlan tekad untuk mencoba invert lagi...
Jumat pagi..jam 08.30...cuaca cerah di atas Bekasi...tepatnya Bintara...angin..lumayan kencang buat heli nyamuk saya..
dengan arah yg tidak tentu..kali ini..mental crashed sudah saya matangkan...mau jatuh itu heli..jatuhlah...
Seperti biasa latihan diawali dengan Fast forward flight ..posisi side in...jarak pendek....idle-up...sekaligus memastikan semua control response dan heli behaviour tetap pada kondisi normal...
Lalu kali ini...saya mencoba mengawali inverted dengan cara normal tail-in hover...heli saya betot ke atas..ups.. ternyata battery sudah keburu low...yg terjadi..heli malah cuma ngangguk2 ..hehhehe..ok,babe...i know what you want...
Landing dulu....ganti lagi dengan fresh battery...sambil tetap monitor kondisi angin ...
Nampaknya angin memberi saya kesempatan hari itu...tiba2 angin menghilang...heli langsung saya hover...idle-up activated....
Sekali lagi heli saya betot..hingga mencapai altitude kurang lebih 7m....elevator up..saat nose heli naik,saya mulai ubah pitch..dari positive pitch ke mendekati 0 deg...hingga akhirnya heli benar inverted....tapi...saat itu juga heli tiba2 berpusing...bukan tail...tapi nose :shock: ...seperti nya heli ketarik ke arah torque yg dihasilkan main blade..yaitu ke arah kiri...cyclic control stick Tx pada posisi neutral...tapi heli tetap berpusing seperti Druken Master... :smt030
Kali ini...saya coba me-recovery heli...saya coba ngeyel utk menyelamatkan heli nakal ini...dasar heli tidak punya sopan santun... ](*,) ...
Karena heli berpusing sedemikian hingga...saya tunggu sampe nose heli menghadap ke arah saya..begitu tiba saatnya..elevator down...hingga nose heli terangkat...dan balik lagi pd posisi normal...sambil melakukan perubahan pitch dr negative ke 0 deg dan positive...begitu heli pd posisi tail-in normal...masi mau lari juga...weleh...no no no [-X ..come to papa :getbtw: ....
Akhirnya heli saya posisikan side-in...dan fast forward melintas depan saya...sampe akhirnya hover dan landing....
Alhamdulillah...pada saat kritis tadi saya diberikan ketenangan...terus terang ini adalah chaos terberat yg perna saya alami selama menerbangkan sayap putar... :cry:
Setelah semua saya off kan...baik pada heli dan Tx...barulah saya gemetaran...bahkan utk menjinjing Tx...ampir jatuh..
dengan masi gemetaran..saya contact salah seorang pilot heli senior...beliau ngakak setelah saya ceritakan semuanya..
dan menyarankan kepada saya..untuk sementara terbang sopan dulu sampe beliau mengadakan investigasi terhadap
heli nakal saya.... ](*,) ](*,)
Demikian balada dari seorang pemula spt saya untuk kali ini..semoga bisa diambil hikmahnya oleh saya dan rekan2 sekalian.. O:)

salam,

Budi
User avatar
Franky
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 144
Joined: 13 Mar 2007, 11:13
Location: Jakarta
Contact:

Post by Franky »

Huahahaha.... ceritanya seru, apalagi cerita soal gemeteran itu yg bikin lucu...
krn merasa pas dengan pengalaman pribadi dan hampir semua pilot pernah mengalaminya pak...

Makanya senior2 pada bilang sebelum melangkah ke invert mesti khatam dulu 4 posisi hover (dari tail in, 2 side in sampai nose in)
jadi waktu invert dan rudder heli muter tiba-tiba ga bingung recoverynya, memang kendalanya spt itu sering terjadi pak... waktu normal mode,
heli terasa baik2 aja, gyro masih bersahabat dan angin no problem...!
tapi pas inverted, semuanya terasa berubah 180 derajat...
User avatar
ucha
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 388
Joined: 19 Jan 2007, 09:29
Location: Manado - Sulut

Post by ucha »

Om Budiman udah lulus chapter nyali nih..
Besok2 klo main heli, start langsung di idle dan langsung invert nih.
User avatar
Roy_95
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 728
Joined: 24 Sep 2007, 15:18
Location: Manado
Contact:

Post by Roy_95 »

Sedikit sharing,.. mau sukses belajar 3D helinya harus ok dulu performance-nya, kuat dan lincah dan safe... supaya kalau ada apa-apa, loss orientasi atw ada masalah gampang untuk recover ke posisi aman (jangan lupa ketinggian heli harus agak tinggi dulu.. ) saya belajar loop, flip, invert juga masih tinggi-tinggi.. nanti klu sudah jago kayak senior-senior kita baru terbang semeteran, setinggi lutut juga ok..
Buat yang sudah pakar saja perlu heli yang top performance (hi spec lah istilahnya..) apalagi yang jempol pas-pasan seperti saya, yang lamban menganalisa, mencounter apabila ada kesalahan, terlambat respon ke Tx, servo juga bergerak lamban, tau-tau heli sudah merumput... wakaka
User avatar
ferry
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2015
Joined: 18 Jan 2007, 08:49
Location: Surabaya
Contact:

Post by ferry »

Seru jg ceritanya om Budi, kapan maen ke Laguna lagi?,......kalo pengalamanku dulu belajar membalik heli kira2 awal th 2005 ketika trex CDE baru dilauch......diawali dengan latihan di simulator posisi hover inverted harus bisa menahan posisi tsb 2~3 menit dijamin dech penyesuaian di lapangan akan lebih cepat......betul jg saat latihan awal dimulai dgn fast forward kemudian tarik elevator untuk membuat heli loop saat mencapai top position tarik pitch ke negatif gak usah terlalu cepat berusaha pertahankan posisi tsb sesaat lakukan berulang2 sampai waktu untuk bertahan bertambah.......kalo heli sering berputar dari posisi tail in ke nose in atau sebaliknya coba kencangkan beltnya sedikit.....mudah2 bisa sembuh.....selamat berlatih.
User avatar
rindra
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 119
Joined: 28 Jul 2007, 19:27

Post by rindra »

wakakak... @pak budi, sampe hari ini sy selalu gemetaran kalo nerbangin heli meski cuma hover, itu hasil dari efek trauma crash berturut-turut sampe 2x, terbang crash...terbang lagi crash lagi, sampe ada penonton yang ngetawain eh itu lutut pilotnya gemeteran, trus si penonton liat jempol sy dan bilang "jempolnya juga gemeteran, bentar lagi ngompol" untung anak kecil yang ngomentarin :-s
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Nyali menjadi faktor utama keberhasilan manuver baru, nyali dalam menghandle heli, nyali manuver baru, dan nyali kalau crash harus dikuatin dulu.

Kalau sudah dicoba sekali dan sukses akan terasa bahwa manuver yang kita coba lebih mudah dikendalikan dan akan lebih percaya diri untuk dicoba berulang2.

@Budi: sayang saya tidak lihat progresnya berinvert ria saat di surabaya, ntar kalau sudah mantap berinvert kita terbang bareng di surabaya yuk...
User avatar
Budiman
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1894
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

Terimakasih atas tanggapan dan saran dari temen2 sekalian...

Nampaknya saya agak menahan diri dulu untuk belajar invert..karena lagi krisis ESC dan motor... [-(
Satu ESC 35G udah ngebul..gara2nya motor BL 3550kv short circuited di kumparannya... #-o
Setelah itu...heli nyungsep saat forward flight idle setelah ganti dgn ESC 35A yg lama..gara2nya..solderan dean connector lepas ](*,) ..ketinggian kurang dr 1 meter....walhasil...boom patah,main blade patah...flybar patah...servo rudder pecah holdernya...tailboom brace dan horizontal fin mencelat ga tau kemana.... :-&
Terakhir...setelah recovery...wkt flight test...idle-up...heli batuk2 di udara...alias ESC cut off....dgn sangat terpaksa...harus auto rotation...untung belum tinggi tuh heli.. #-o ..mendarat dgn selamat... [-o<
Ya udahlah..untuk sementara...heli saya simpen dulu....krn besoknya harus berangkat ke sawah...
Oh ya..sebelum semangat buat belajar invert pupus..mungkin temen2 bisa menyarankan...berapa throttle curve yg pas buat idle-up ya?...
Terima kasih sebelumnya..

salam,

Budi
User avatar
andre77
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1472
Joined: 17 Jan 2007, 14:38
Location: BANJARMASIN
Contact:

Post by andre77 »

Ayo pak Budi tetap semangat
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

ntar turun dari sawah pasti trexnya mabur lagi dg motor dan esc baru...
Post Reply

Return to “Cerita Kita”