Keanehan pada saat nge-charge Li-Po

Moderators: unding, ajo.naim

User avatar
x wing
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 625
Joined: 06 Mar 2007, 10:23
Location: Pamulang
Contact:

Post by x wing »

hal kecil yang terlupakan :-)... di tempat kita ini kan listrik sering... eh .. kadang tidak Stabil...
kalo pengalaman ku yang sudah2x, tegangan dan arus listrik dari PLN siang dan malam itu ada perbedaan :-)

aku cuman test pake AVO meter aja, cek tegangan siang juga cek tegangan waktu malam... aga' cape' memang bikin penelitian seperti ini xixixixixxii... tapi kita jadi tau , perbedaan nya bisa sampai 20Volt lebih untuk arus AC nya :-)

br :-)
xwing
User avatar
adipur
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 127
Joined: 11 Jan 2008, 10:31
Location: Pamulang, Tangerang
Contact:

Post by adipur »

iwan21 wrote:Pengalaman saya dg T-15 dan balancer ( Prolux, karena gak punya T6B hehehe) :

Charge batere kapasitas gede (diatas 1500 mah) dg Chargin current dibawah 1C, maka charger akan stop sebelum Lipo sampe peak voltagenya (jadi masih dibawah 4,2 volt/sel). maka utk peakingnya saya cabut balancer dan batere langsung dicharge ke T-15, hasilnya batera akan mencapai 4,2 volt/sel.

Untk kenapa kok batere 2170 mah bisa diisi sampe 2060 ma ? , nah utk batere yg selnya masih sehat katanya memang bisa dipake sampe 90 % kapasitas tanpa menurunkan tegangan persel dibawah 3,7 volt. Jadi jangan heran kalo habis dipake trus di charge isinya sampe hampir sebesar kapasitas baterenya tanpa batere tersebut rusak waktu dipake.

Kondisi hover bukan jaminan pake baterenya sedikit om, banyak faktor juga yg menentukan pemakaian batere itu boros apa irit..


I see. Ilmu baru nih. Berarti masalahnya kira-kira di T15 atau di balancernya pak?
Sebenarnya kalau saya isi dgn 1C sih gak masalah, batre selalu sampai 4,2v. Cuman karena pengen awet saja makanya coba2 pake 0.5C. Ehh.. ternyata malah aneh hasilnya. Cuman kalo memang karakteristik dari T15 seperti itu ya kepaksa di charge di 1C terus nih.

Mengenai bisa diisi s/d 2060 saya mau coba test lagi. Memang waktu itu sepertinya maennya rada over, sepertinya udah mulai berkurang power batrenya tapi saya paksakan maen terus. Maklum pemula, jadi belum tahu tanda2 batre udah mulai abis.

Barusan saya main lagi, tapi gak sampai powernya turun. Nanti saya coba charge lagi and dilihat brp amp yg masuk.
User avatar
adipur
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 127
Joined: 11 Jan 2008, 10:31
Location: Pamulang, Tangerang
Contact:

Post by adipur »

Mr. Dom's wrote:halo saya mau ikutan diskusi nih... salam kenal semua....

Om Adipur: maaf saya nggak bisa komen banyak karena kurang paham sistem charger yang om punya. Kalau charger milik saya ada selector arusnya. Jadi untuk bermain <1 C saya akan pilih 0.5A, 1A, 1.5A, atau 2A tergantung batre saya. Kalau untuk batre 2200 mAh maksimal saya akan pilih 2A. Tapi saya biasanya untuk batre tersebut main di 1A dan paling sering di 0.5A. Setelah balanced dan cut off voltase sudah di 4.2V.

Sepertinya charger milik om Adipur mirip dengan pom bensin, mau isi berapa untuk batre yang kita punya. Misalnya batre 2170 mAh, kita isikan 1200 mAh ya tentu saja nggak full dianya... (maaf inilah pengertian saya).



Saya juga sempet berfikiran seperti itu pak. Jgn2 kayak meteran pompa bensin....
Tapi ya lucu aja, masa charger kok kayak gitu. Tar kalo cuman dipake 500mAh, trus diset 1200mAh jebol donk... hehehehe
User avatar
adipur
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 127
Joined: 11 Jan 2008, 10:31
Location: Pamulang, Tangerang
Contact:

Post by adipur »

Wah.. sepertinya benar kata Pak Iwan nih. Kalo di set < 1C nge-cut sebelum 4,2V.
Saya barusan coba lagi charge dgn 0.5C ternyata nge-cut di 4.1V.

Akhirnya saya coba charge lagi batrenya dgn 0.5C baru deh dia nge-cut di 4.2V. Jadi harus 2x nge-charge nih kalo mau pake < 1C ](*,)
User avatar
xrichs
Airman
Airman
Posts: 42
Joined: 11 Jan 2008, 12:17
Location: South Kalimantan
Contact:

Post by xrichs »

kalo main di r/c car eletrik batere NIMH/CD kalo gak salah ada formula nya jika semakin besar charge rate yang digunakan maka voltage akhirnya akan semakin tinggi dan kapasitasnya mengecil.
Begitu juga sebaliknya apabila charge rate mengecil maka volt akhir lebih rendah dan kapasitar jadi lebih besar.

Tapi besar maximum charge rate tergantung kualitas batere yang digunakan.

Tidak tahu apakah hal ini berlaku di li-po juga ?

Mohon Koreksi dari para suhu semua.
User avatar
adipur
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 127
Joined: 11 Jan 2008, 10:31
Location: Pamulang, Tangerang
Contact:

Post by adipur »

xrichs wrote:kalo main di r/c car eletrik batere NIMH/CD kalo gak salah ada formula nya jika semakin besar charge rate yang digunakan maka voltage akhirnya akan semakin tinggi dan kapasitasnya mengecil.
Begitu juga sebaliknya apabila charge rate mengecil maka volt akhir lebih rendah dan kapasitar jadi lebih besar.

Tapi besar maximum charge rate tergantung kualitas batere yang digunakan.

Tidak tahu apakah hal ini berlaku di li-po juga ?

Mohon Koreksi dari para suhu semua.


Kalo NiMh perlu di discharge dulu gak pak? Kebetulan batre Tx saya NiMh. Kalau iya, di discharge sampe brp volt tiap cellnya?
User avatar
xrichs
Airman
Airman
Posts: 42
Joined: 11 Jan 2008, 12:17
Location: South Kalimantan
Contact:

Post by xrichs »

NIMH dan NICD perlu di discharger dulu setau saya.
besaran voltage cut off per cell untuk discharging adalah NIMH 0.9 V/Cell dan NICD 0.7 V/Cell
User avatar
darma
Airman
Airman
Posts: 35
Joined: 13 Jul 2007, 13:51
Location: Jakarta Barat
Contact:

Post by darma »

adipur wrote:
iwan21 wrote:Pengalaman saya dg T-15 dan balancer ( Prolux, karena gak punya T6B hehehe) :

Charge batere kapasitas gede (diatas 1500 mah) dg Chargin current dibawah 1C, maka charger akan stop sebelum Lipo sampe peak voltagenya (jadi masih dibawah 4,2 volt/sel). maka utk peakingnya saya cabut balancer dan batere langsung dicharge ke T-15, hasilnya batera akan mencapai 4,2 volt/sel.

Untk kenapa kok batere 2170 mah bisa diisi sampe 2060 ma ? , nah utk batere yg selnya masih sehat katanya memang bisa dipake sampe 90 % kapasitas tanpa menurunkan tegangan persel dibawah 3,7 volt. Jadi jangan heran kalo habis dipake trus di charge isinya sampe hampir sebesar kapasitas baterenya tanpa batere tersebut rusak waktu dipake.

Kondisi hover bukan jaminan pake baterenya sedikit om, banyak faktor juga yg menentukan pemakaian batere itu boros apa irit..


I see. Ilmu baru nih. Berarti masalahnya kira-kira di T15 atau di balancernya pak?
Sebenarnya kalau saya isi dgn 1C sih gak masalah, batre selalu sampai 4,2v. Cuman karena pengen awet saja makanya coba2 pake 0.5C. Ehh.. ternyata malah aneh hasilnya. Cuman kalo memang karakteristik dari T15 seperti itu ya kepaksa di charge di 1C terus nih.

Mengenai bisa diisi s/d 2060 saya mau coba test lagi. Memang waktu itu sepertinya maennya rada over, sepertinya udah mulai berkurang power batrenya tapi saya paksakan maen terus. Maklum pemula, jadi belum tahu tanda2 batre udah mulai abis.

Barusan saya main lagi, tapi gak sampai powernya turun. Nanti saya coba charge lagi and dilihat brp amp yg masuk.


Om Adipur..... supaya aman dan batere awet, terbangnya dihitung pake timer.... atau mau yang lebih praktis pasang "lipo monitor".... ada yang berupa deretan lampu LED, ada juga yang LED + buzzer......
User avatar
christoffel
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1547
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Post by christoffel »

Saya pake T30 + T6B dan sampai sekarang nggak ada masalah ...
Ini sekedar kemungkinan pak, dari yg saya alami ...
Kalau koneksi ke batt kurang bagus (kabel dan konektor), terjadi tahanan yg cukup besar di perjalanan arus ke batt, sedangkan sensor tegangan pada charger hanya mengukur tegangan batt pada sisi charger ... jadi saat charger mengukur 4.2V, ternyata di batt belum sampe segitu ... ada selisih tegangan yg mungkin cukup besar.
Coba di amatin lagi,
balancer tetep dipasang ke konektor balancer batt, lalu di aktifkan.
kabel dari charger dipasang langsung ke batt dan diusahakan sependek mungkin, lalu mulai charge.
mudah2-an berhasil ...
User avatar
adipur
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 127
Joined: 11 Jan 2008, 10:31
Location: Pamulang, Tangerang
Contact:

Post by adipur »

darma wrote:Om Adipur..... supaya aman dan batere awet, terbangnya dihitung pake timer.... atau mau yang lebih praktis pasang "lipo monitor".... ada yang berupa deretan lampu LED, ada juga yang LED + buzzer......


Iya om Darma, skrg kalo terbang pake timer. Max di set 6,5 menit dipake hover doank.
So far OK lah, paling kepake 1400mAh. Cuman kadang pas udah 6,5 menit suka gak kedengeran suara warning dari Tx-nya. Helinya kedeketan kali ya, atau telinga saya yg rada budek =P~
Post Reply

Return to “Battery & Charger”