[tanya] home build landing gear
Moderators: im-sad, GandrungMaBur
- flytosky
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1791
- Joined: 14 Apr 2007, 17:02
- Location: Nanga Pinoh
- Contact:
[tanya] home build landing gear
sy sering liat temen temen bikin pesawat home made lengkap dengan landing gearnya. kebetulan sy lagi mau buat nih, cuman mentok di landing gear aja. gimana caranya ya?
pesawat yang sy mau buat profile, dengan engine 46. mungkin ada yang bisa kasi masukan? thanks
pesawat yang sy mau buat profile, dengan engine 46. mungkin ada yang bisa kasi masukan? thanks
- NF
- Gaero Public Relation
- Posts: 7145
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
- x wing
- Technical Sergeant
- Posts: 625
- Joined: 06 Mar 2007, 10:23
- Location: Pamulang
- Contact:
- flytosky
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1791
- Joined: 14 Apr 2007, 17:02
- Location: Nanga Pinoh
- Contact:
- seasickers
- Senior Airman
- Posts: 183
- Joined: 23 Jan 2007, 13:50
- Location: Semarang
- Contact:
Bos Ivan kalo landing gear pake pelat aluminium tipis kan banyak yang juak tuh di toko bangunan, ato kawat yang agak kuat.
kalo roda bisa bikin dari telapak sandal om (he..he...he...) bukan sandal kulit tentunya
kalo mau ringan pake sandal gabus (sandal dari depron tebal itu loh...)
gmn bisa di nalar gak ya ide aku ini.......
kalo roda bisa bikin dari telapak sandal om (he..he...he...) bukan sandal kulit tentunya
kalo mau ringan pake sandal gabus (sandal dari depron tebal itu loh...)
gmn bisa di nalar gak ya ide aku ini.......
- christoffel
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1547
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
kalo untuk engine 46, nggak bisa pake jeruji, kurang kuat.
Saya biasanya pake kawat baja, 3mm untuk engine sampai 32, 4mm untuk engine sampai 50, 4mm dobel untuk engine 60 keatas.
Kawat baja biasanya ada dijual di toko hardware, kalo di surabaya ada di AJBS. Kalau nggak ada, bisa pake kawat beton, trus setelah di bentuk, dilakukan pengerasan / karbonisasi ...
kawat jeruji sepeda motor bisa untuk sampai engine 15. Dibawahnya ada jeruji becak, untuk pesawat foam kecil.
Saya biasanya pake kawat baja, 3mm untuk engine sampai 32, 4mm untuk engine sampai 50, 4mm dobel untuk engine 60 keatas.
Kawat baja biasanya ada dijual di toko hardware, kalo di surabaya ada di AJBS. Kalau nggak ada, bisa pake kawat beton, trus setelah di bentuk, dilakukan pengerasan / karbonisasi ...
kawat jeruji sepeda motor bisa untuk sampai engine 15. Dibawahnya ada jeruji becak, untuk pesawat foam kecil.
- toto
- Colonel
- Posts: 6656
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
christoffel wrote:kalo untuk engine 46, nggak bisa pake jeruji, kurang kuat.
Saya biasanya pake kawat baja, 3mm untuk engine sampai 32, 4mm untuk engine sampai 50, 4mm dobel untuk engine 60 keatas.
Kawat baja biasanya ada dijual di toko hardware, kalo di surabaya ada di AJBS. Kalau nggak ada, bisa pake kawat beton, trus setelah di bentuk, dilakukan pengerasan / karbonisasi ...
kawat jeruji sepeda motor bisa untuk sampai engine 15. Dibawahnya ada jeruji becak, untuk pesawat foam kecil.
Om Chris paling bisa mengusik orang jadi pengen tahu/belajar terus, hal ini dari cuplikan diatas "............ bisa pake kawat beton, trus setelah di bentuk, dilakukan pengerasan / karbonisasi .......".
Pertanyaannya gimana tuh cara melakukan pengerasan/karbonisasi nya, apa dmaksudnya dibungkus pake kertas karbon yang untuk ngetik gituh ..... he ..... he .... (becanda 'on'), ayo dong penjelasannya terusin om jangan bikin penasaran dan gara2 penasaran bikin enggak bisa tidur biasanya yang nantinya berbuntut di kantor jadi ngantuk trus ketahuan boss lagi ketiduran dan trus ................ tahu aja deh akibatnya.
Ditunggu ya om, please .............



Teng kyu sebelumnya
- christoffel
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1547
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
waduh ... om toto bisa aja ...
proses karbonisasi itu sebenarnya proses menambah kadar karbon pada besi supaya menjadi lebih keras, atau bahasa awamnya untuk bikin besi jadi baja, meskipun cuman sebatas lapisan luarnya aja.
Cara yg paling sederhana, adalah dengan memanaskan kawat secukupnya, lalu dicelupkan kedalam oli bekas pakai, dilakukan beberapa kali. Olinya harus bekas pakai, karena yg digunakan adalah endapan karbon pada oli bekas tadi. kalau oli baru, malah nggak ada endapan karbonnya.
proses karbonisasi itu sebenarnya proses menambah kadar karbon pada besi supaya menjadi lebih keras, atau bahasa awamnya untuk bikin besi jadi baja, meskipun cuman sebatas lapisan luarnya aja.
Cara yg paling sederhana, adalah dengan memanaskan kawat secukupnya, lalu dicelupkan kedalam oli bekas pakai, dilakukan beberapa kali. Olinya harus bekas pakai, karena yg digunakan adalah endapan karbon pada oli bekas tadi. kalau oli baru, malah nggak ada endapan karbonnya.
- christoffel
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1547
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Cara yg lebih benar, cairan untuk pencelupannya harus cairan karbon ... itu bisa dibeli di toko alat2 bengkel / hardware ... namanya saya nggak tau, tapi biasanya saya cuman bilang untuk pengerasan, pelayannya udah tau. Biasanya digunakan orang bengkel untuk bikin keras produk mereka, misalnya untuk bikin palu dll ... Coba tanyain ke bengkel2 terdekat deh (bukan bengkel spd mtr lho pak ...)
- christoffel
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1547
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Teorinya sih, susunan atom besi murni akan membentuk konfigurasi tertentu (seperti kalau nyusun kelereng dalam box) yg dalam teknik bahan kita kenal sebagai HCC, BCC dll ...
Lalu dimasukkan impuritas karbon, yg mana ukuran atomnya lebih kecil dan lebih keras dari pada atom besi. atom karbon ini akan masuk / mengisi / mengganjal di sela2 atom besi sehingga konfigurasi atom keseluruhan jadi lebih padat.
Lalu dimasukkan impuritas karbon, yg mana ukuran atomnya lebih kecil dan lebih keras dari pada atom besi. atom karbon ini akan masuk / mengisi / mengganjal di sela2 atom besi sehingga konfigurasi atom keseluruhan jadi lebih padat.