OS15, dilempar kok mati ya?

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
scratcher
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 309
Joined: 22 Jan 2007, 13:15
Location: Banten

OS15, dilempar kok mati ya?

Post by scratcher »

Buat Para pakar Engine,
Saya punya masalah dengan engine OS15 yg saya pasang di pst. karena gak punya landing gear sementara napsu menggebu, maka metode lempar jadi pilihan. cuma kenapa ya tiap kali dilempar langsung brebet & mati ? barangkali ada yg punya pengalaman serupa & cara mengatasi ?
untuk fuel saya pake oplosan standard castor 20%.
thanks sebelumnya.
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Kalau pesawat dilempar kedepan bahan bakar akan terkumpul ditangki bagian belakang karena adanya gaya kinetik dari pesawat yang semula diam langsung dikejut dilempar kedepan otomatis bahan bakar yang harusnya mengalir kedepan kearah engine akan berbalik lagi kembali ketangki ( kecepatan bahan bakar agak tertunda dibanding kecepatan pesawat ) dengan begitu pasokan bahan bakar ke engine terhenti yang mengakibatkan engine mati. Coba Anda naikan fuel pressure ditangki dengan cara dipasang oneway valve dari muffler ketangki, mungkin bisa membantu.
User avatar
tomee
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 149
Joined: 23 Jan 2007, 16:40
Location: jakarta
Contact:

Post by tomee »

kalopun sukses take off....gimana landingnya kalo gak ada landing gear???? handcatch take off & landing gitu???
User avatar
Wind Raider
Administrator
Administrator
Posts: 4394
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Post by Wind Raider »

belly landing mas tomy alias landing pake perut psw .
om scratcher pas handlaunch jangan terlalu keras lemparnya .
User avatar
tn
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 974
Joined: 17 Jan 2007, 17:44
Location: seribu sungai (Banjarmasin)
Contact:

Post by tn »

klo nurut saya sih...bukan cara ngelemparnya yg bikin engine nya mati.tapi setting dari engine itu sendiri yg blom pas benar.coba setting lagi.pada saat full thrtl coba pesawat di turun/naikan nosenya (seperti petunjuk manualnya),klo settingnya pas,jamin tuh engine ga mati2....

coba lagi om.....
User avatar
seasickers
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 183
Joined: 23 Jan 2007, 13:50
Location: Semarang
Contact:

Re: OS15, dilempar kok mati ya?

Post by seasickers »

scratcher wrote:Buat Para pakar Engine,
Saya punya masalah dengan engine OS15 yg saya pasang di pst. karena gak punya landing gear sementara napsu menggebu, maka metode lempar jadi pilihan. cuma kenapa ya tiap kali dilempar langsung brebet & mati ? barangkali ada yg punya pengalaman serupa & cara mengatasi ?
untuk fuel saya pake oplosan standard castor 20%.
thanks sebelumnya.


Udah di brek in om? kayaknya carbu ya blum pas bener tuh setelan anginnya.
kalo udah pas, walopun idle (rpm terendah sblm mati) pun gak mrebet kok.
Kalo pengalaman saya, mrebet karena carbu saya tetutup cowl semua.

di manual book nya OS ada cara nyetel sewaktu pesawat di pegang trs mesin dah nyala terus di coba posisi menukik(masih di pegang) dan menanjak (juga di pegang) kalo udah gak ada keluhan baru bisa di kata settingan angin carburatoe nya pas.
Mungkin begitu ya om-om senior?
User avatar
aan mahdie
trainee
trainee
Posts: 18
Joined: 28 Mar 2007, 13:42
Location: Banjarbaru
Contact:

Post by aan mahdie »

Kalau menurut saya masih beruntung, coba kalau enginenya nggak mati tapi battery receivernya yang mati ( in trouble ) bisa makin pusing Anda jadinya. Pesawat ngacir tanpa bisa dikendalikan.
User avatar
scratcher
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 309
Joined: 22 Jan 2007, 13:15
Location: Banten

Post by scratcher »

Kemarin kita coba simulasikan dengan cara dihentak kedepan seolah-olah dilempar dan dilakukan berulang-ulang, yg terjadi mesin brebet setiap kali gerakan kedepan dan akhirnya mati. Kita amati gerakan fuel ditangki berguncang gak karuan cuma klang/bandul fuel masih tetep kerendam.
Kemudian dgn full throttle dan setting yg normal (tidak terlalu rich/lean) kita coba dongkakkan keatas dan memang rpm turun. tangki berada kira2 20cm dibelakang engine, diposisi balance (pesawat delta).
Kita coba juga tiup neddle valve kawatir kalau ada kotoran.

Selanjutnya kita test dongak keatas dan sepertinya rpm sdh stabil dan kita rubah teknik cara melemparnya dgn tidak dihentak tapi dgn cara gerakan awal lemparan perlahan dari belakang kemudian semakin kencang kedepan dan dilepas.... pswt langsung ngacir....

dari kejadian tsb diatas, sepertinya teori pak Dja'i ada benarnya, mungkin gerakan yg tiba2 membuat fuel ketarik kebelakang sehingga teknik melemparpun harus diperhatian spy gerakannya tidak menghentak tapi gradual. mengenai jarak tangki sepertinya tidak masalah karena sebelumnya sdh pernah terbang 3 sorti. Sedangkan mengenai kotoran halus di n-valve bisa jadi demikian meskipun didepannya sdh ada filter (kurang halus?). buktinya setelah diflushing (tiup), engine lancar saat dongak.

Mengenai break in, kita sudah habis 4 tangki x 200cc sebelumnya setelah rpm dinyatakan stabil saat ful trotel.

Ditempat kami, Cilegon belom ada runway, adanya sawah & rumput alang2. kalaupun ada tanah luas juga berbatu/ berumput. jadi landing gear bukan suatu kebutuhan (justru sering bikin masalah), hanya pemanis saja....

anyway, terima kasih banyak atas saran2 / masukan2nya dari para pakar engineer semuanya yg sangat membantu dan menyemangati...Maju terus dunia aeromodeling....

thanks.
User avatar
Q-roen
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 51
Joined: 28 Jan 2007, 20:52

Post by Q-roen »

Kebetulan aku juga pake os 15 la aku pasang di zagi take off dilempar juga. selama ini nggak ada masalah. terahir terbang hari minggu kemarin juga nggak pernah mati saat dilempar. saya kira masalahnya pada settingan engine bukan pada pelemparan.
User avatar
tn
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 974
Joined: 17 Jan 2007, 17:44
Location: seribu sungai (Banjarmasin)
Contact:

Post by tn »

saya juga kok ga yakin dengan cara lemparan ya ?? sepertinya masalah setting aja deh....'Kemudian dgn full throttle dan setting yg normal (tidak terlalu rich/lean) kita coba dongkakkan keatas dan memang rpm turun'.... biasanya ini menandakan sett blom pas bener.
tapi klo dah sip ya alhamdulillah deh...
Post Reply

Return to “Engine”