gyroplane

Moderator: wonodikromo

User avatar
yuda
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 488
Joined: 12 Oct 2007, 15:02
Location: kendal (jateng)
Contact:

Post by yuda »

setujuuuuuu..
Foto full view juga dimuat om supaya bisa ter imajinasi :D
User avatar
NF
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 7145
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

gyroplane ? search di RCG ada, elektrik pake cdrom (greg bacon 30 inch rotor dan big micro gyro)foamy lagi..........juga link dari jepang yang micro..................(mode ngracun lagi ON)
User avatar
wonodikromo
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 90
Joined: 26 Dec 2007, 18:00
Location: SINGAPORE
Contact:

Post by wonodikromo »

Halo Abi,Yuda benar kata NF semua itu bisa di lihat diRGC. Bahan2 sprt foamy memang cocok buat eksperiment gyro yg guna listrik. Sy tahu ramai di Indonesia yg buat pesawat sendiri dan kalau buat gyroplane sudah pasti ok. Kalau ada fuselage yg sudah retired (pension) ini lebih mudah cuma bikin rotornya saja dari foam juga. Untuk foam blade yg tidak aerodinamik harus ada negativ kira2 2-3deg supaya mudah putar.Leading edge ditempelkan karbon rod atau balsa supaya leading edge lebih berat dari trailing edge. Untuk foamy blade saya cadangkan 3 atau 4 blade tanpa ada kontrol tetapi mengunakan kontrol rudder/elevator saja seperti pesawat biasa. Dengan motor pada kedudukan 5-6deg downtrust rotor angleof attack(incident) 7-9 deg. Imbangan CG dari atas rotor yg berkedudukan 7-8 inchi diatas tiang rotor harus nose heavy kira2 15deg. Disambung lagi.... Gaz
User avatar
Abi Ghiffa
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2494
Joined: 19 Jan 2007, 13:30
Location: Jakarta - Lombok
Contact:

Post by Abi Ghiffa »

Sip,..ada pencerahan sikit nih kalau begitu :

1 Desain Paling sederhana menggunakan Fuselage biasa dulu.
2 Untuk posisi Blade diberi sudut 2-3 derajat supaya bisa berputar
3 Untuk Foam Blade bisa mengguanakn 3 atau 4 bilah
4 Kontrol cukup Elevator + Rudder sudah cukup (CMIW)
5 Motor 5-6 Down Trust
6 AoE 7-9 Derajat
7 CG terletak 7-8 Inchi dari atas tiang motor harus nose heavy sekitar 15 derajat (please describe more ?)
8 LE bisa ditempelkan karbon rod supaya lebig berat dari TE

Nah point 7 saya agak bingun nich, any explanation ?
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 13591
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

Abi Ghiffa wrote:Sip,..ada pencerahan sikit nih kalau begitu :


2 Untuk posisi Blade diberi sudut 2-3 derajat supaya bisa berputar

Nah point 7 saya agak bingun nich, any explanation ?


2. negartif om, jangan lupa itu.
7. Bagaimana nih om Gaz?, bisa dijelaskan lebih detail ?
User avatar
Abi Ghiffa
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2494
Joined: 19 Jan 2007, 13:30
Location: Jakarta - Lombok
Contact:

Post by Abi Ghiffa »

ASK :

Heli Normal dulu nich
Kalau posisi positif (+), ini posisi Throtle UP atau DOWN yach ?

Kalau posisi throtle UP posisi Blade postitif (+), mungkin yang point 2 itu juga positif, jika Vise versa maka suhu Benar.

(Maaf pertanyaan newbie bener, karena jangankan main, megang heli model saja kagak pernah, kecuali toys pico-z palsu, inipun gak ada posisi +/- nya)

Thanks Suhu
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 13591
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

ini loh om maksudnya...

Image

dibikin fix aja dari awall
User avatar
Abi Ghiffa
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2494
Joined: 19 Jan 2007, 13:30
Location: Jakarta - Lombok
Contact:

Post by Abi Ghiffa »

Maaf nich,. kok pengertian saya sebaliknya yach,..
Pengertianku sih pitchnya POSITIF, jadi arah pitchnya kalau digambar di atas sebaliknya, jadi Airfoilnya "Dongak" ke kanan (kalau di gambar suhu Nunduk Ke kanan)
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 13591
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

betul..arifoilnya nunduk yg sebelah depan..kalo dibikin positif gak bakalan autorotation om..ini beda ama blade heli
User avatar
Abi Ghiffa
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2494
Joined: 19 Jan 2007, 13:30
Location: Jakarta - Lombok
Contact:

Post by Abi Ghiffa »

Trus Dapet LIFT nya dari mana kalo nunduk gitu ya suhu ?

Bukankah yang membuat dia AUTOROTATION adalah BLADE yang bersebrangan dengan dia ? di dukung juga pengaturan LE lebih berat dari TE ?

Mohon diperjelas, wah jadi pengen (bahkan NGEBET) nich mau saya buat iseng ntar malem,..mudah2-an bahan tersedia,..

Thanks Suhu
Post Reply

Return to “Gyro plane”