APA PENYEBAB STALL....?
- Tomtrojan
- Senior Airman
- Posts: 154
- Joined: 09 Feb 2007, 09:42
- Location: Dompu NTB
APA PENYEBAB STALL....?
Saya punya 2 pesawat yang selalu terkena penyakit stall setiap terbang yaitu pswt phoenix (sapac) & pswt jet dragonfly (esky) dua2nya bermoncong lancip. Penyakit tersebut baru terjadi akhir2 ini (waktu barunya enggak pernah stall). Stall selalu terjadi setelah pswt bbrp menit mengudara tiba2 pesawat langsung meluncur kebumi dgn posisi tegak lurus moncong dibawah. Pd posisi dmkn saya coba utk recovery dng menarik stik elevator maximal tpi nggak pernah berhasil. Kira2 apa penyebabnya ya...? mungkin ada pencerahan dr para suhu aerodinamika...
- flytosky
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1791
- Joined: 14 Apr 2007, 17:02
- Location: Nanga Pinoh
- Contact:
- beta_james
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1796
- Joined: 03 Apr 2007, 00:31
- Location: Jakarta
- DeVIN
- Master Sergeant
- Posts: 887
- Joined: 22 May 2007, 05:55
- Location: Tasbi MEDAN
- Contact:
- unhunt
- Senior Airman
- Posts: 134
- Joined: 31 Oct 2007, 19:23
- Location: Banda Aceh
- Contact:
- AgoesAurelz
- Major
- Posts: 3576
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: APA PENYEBAB STALL....?
Tomtrojan wrote:Saya punya 2 pesawat yang selalu terkena penyakit stall setiap terbang yaitu pswt phoenix (sapac) & pswt jet dragonfly (esky) dua2nya bermoncong lancip. Penyakit tersebut baru terjadi akhir2 ini (waktu barunya enggak pernah stall). Stall selalu terjadi setelah pswt bbrp menit mengudara tiba2 pesawat langsung meluncur kebumi dgn posisi tegak lurus moncong dibawah. Pd posisi dmkn saya coba utk recovery dng menarik stik elevator maximal tpi nggak pernah berhasil. Kira2 apa penyebabnya ya...? mungkin ada pencerahan dr para suhu aerodinamika...
Maksudnya stall spin? meluncur tegak lurus sambil muter-2 kan pak?
Saya udah berapakali mengalami hal itu.. terutama bila terbang dgn pswt type low wings..
Selain kekurangan lift waktu manuver akibat low speed, bisa juga stall spin akibat CG-nya ngga dapet.
Coba deh dicheck CG-nya pak. Posisi, berat dari battery/motor/mesin yg berubah bisa jadi penyebabnya..
Setiap ganti battery/motor/mesin dan pasang accessories tambahan CG juga harus di check lagi.
Pesawat yg pernah jatuh dan repairnya tidak di balanced dgn sempurna juga bisa mempengaruhi stall pak..
intinya pesawat sebelum terbang harus benar-benar "balanced" kiri-kanan, muka-belakang..

Kapan kalo ke Lombok bawa pesawat ya pak.. kita maen bareng..

- wonodikromo
- Airman First Class
- Posts: 90
- Joined: 26 Dec 2007, 18:00
- Location: SINGAPORE
- Contact:
Halo semua, ada berberapa sebab yg buat pesawat stall. Stall terjadi adakalanya waktu slow flight, stall waktu take off (berlepas) stall waktu final approach (landing), stall juga berlaku wakyu buat menuver seperti loop. Stall waktu slow flight terjadi kerena semulajadi nya pilot banyak mengunakan elevetor dan bila hampir stall langsung buka power (cfm stall) Stall waktu takeoff (berlepas) selalunya terjadi kerna CG yg kurang baik, belum cukup ROG speed sudah tarik elevator, motor yg kurang daya bila hampir hujung runway tidak close ppower tapi langsung tarik elevator ini semua penyebab stall. Stall waktu approach slalunya terjadi sama seperti slow flight, approach untuk pesawat model tidak boleh seperti 747 atau F18 depan lebih tinggi dari ekor. Pendapat saya lebih baik approach seperti B52 hujungnya rendah dari ekor untuk maintain speed terutama sedang angin kencang. Gaz
- wonodikromo
- Airman First Class
- Posts: 90
- Joined: 26 Dec 2007, 18:00
- Location: SINGAPORE
- Contact:
Halo semua, ada berberapa sebab yg buat pesawat stall. Stall terjadi adakalanya waktu slow flight, stall waktu take off (berlepas) stall waktu final approach (landing), stall juga berlaku wakyu buat menuver seperti loop. Stall waktu slow flight terjadi kerena semulajadi nya pilot banyak mengunakan elevetor dan bila hampir stall langsung buka power (cfm stall) Stall waktu takeoff (berlepas) selalunya terjadi kerna CG yg kurang baik, belum cukup ROG speed sudah tarik elevator, motor yg kurang daya bila hampir hujung runway tidak close ppower tapi langsung tarik elevator ini semua penyebab stall. Stall waktu approach slalunya terjadi sama seperti slow flight, approach untuk pesawat model tidak boleh seperti 747 atau F18 depan lebih tinggi dari ekor. Pendapat saya lebih baik approach seperti B52 hujungnya rendah dari ekor untuk maintain speed terutama sedang angin kencang. Gaz
- wonodikromo
- Airman First Class
- Posts: 90
- Joined: 26 Dec 2007, 18:00
- Location: SINGAPORE
- Contact:
Halo semua, ada berberapa sebab yg buat pesawat stall. Stall terjadi adakalanya waktu slow flight, stall waktu take off (berlepas) stall waktu final approach (landing), stall juga berlaku wakyu buat menuver seperti loop. Stall waktu slow flight terjadi kerena semulajadi nya pilot banyak mengunakan elevetor dan bila hampir stall langsung buka power (cfm stall) Stall waktu takeoff (berlepas) selalunya terjadi kerna CG yg kurang baik, belum cukup ROG speed sudah tarik elevator, motor yg kurang daya bila hampir hujung runway tidak close ppower tapi langsung tarik elevator ini semua penyebab stall. Stall waktu approach slalunya terjadi sama seperti slow flight, approach untuk pesawat model tidak boleh seperti 747 atau F18 depan lebih tinggi dari ekor. Pendapat saya lebih baik approach seperti B52 hujungnya rendah dari ekor untuk maintain speed terutama sedang angin kencang. Gaz
- wonodikromo
- Airman First Class
- Posts: 90
- Joined: 26 Dec 2007, 18:00
- Location: SINGAPORE
- Contact:
Halo semua, ada berberapa sebab yg buat pesawat stall. Stall terjadi adakalanya waktu slow flight, stall waktu take off (berlepas) stall waktu final approach (landing), stall juga berlaku wakyu buat menuver seperti loop. Stall waktu slow flight terjadi kerena semulajadi nya pilot banyak mengunakan elevetor dan bila hampir stall langsung buka power (cfm stall) Stall waktu takeoff (berlepas) selalunya terjadi kerna CG yg kurang baik, belum cukup ROG speed sudah tarik elevator, motor yg kurang daya bila hampir hujung runway tidak close ppower tapi langsung tarik elevator ini semua penyebab stall. Stall waktu approach slalunya terjadi sama seperti slow flight, approach untuk pesawat model tidak boleh seperti 747 atau F18 depan lebih tinggi dari ekor. Pendapat saya lebih baik approach seperti B52 hujungnya rendah dari ekor untuk maintain speed terutama sedang angin kencang. Gaz