Saya biasa mondar-mandir bekasi surabaya tiap bulan...begini yg biasa saya lakukan...dgn helikopter listrik empat ratus lima puluh...
kalo transportnya pake montor mabur :
- segala macam battery ditempatkan dlm tupperware...semua ujung connector diisolasi pake electrical tape...kabelnya diringkas serapi mungkin...
- part2 heli masuk dlm kotak bawaannya..kebetulan saya pake pny align..yg paling utama diperhatikan adalah penempatan main blade dlm kotak...
usahakan selurus mungkin...jangan sampe terganjal sesuatu...perlakuan jg sama dgn tail boom
-powersupply masuk dlm tas juga...dibungkus koran..supaya tdk merusak baju..
Nah item2 diatas masuk cargo pesawat...
terus yg hand carry adalah..helikopternya...dicangking gitu aja..saya menggunakan back pack yg isinya adalah..radio(tanpa battery),perangkat electronic pendukung spt lipo charger dan ballancer..buku heli dan buku radio..kadang2 main blade..
Terus sedikit chit chat sm petugas X-ray...mereka pasti nanya2 tu..lucu2..ada yg nanya "bisa terbang gak,Pak", ato pertanyaan sensitif..seperti "harganya berapa,Pak"..hehhe..
Satu lagi tips dari saya..usahakan utk bersikap kooperatif dgn beliau2 ini...karena mereka hanya menjalankan tugas..termasuk ya nanya2 gitu...
jika di bandara cengkareng, mereka biasanya lebi kooperatif..berbeda dgn bandara di daerah2...misalkan di Minang Airport International,sumatra barat...saya sampe harus mengeluarkan lagi radio dlm back pack utk meyakinkan mereka bahwa radio tidak bisa diaktifkan sama sekali..
Kemudian di bandara juanda..tapi yg reseh justru petugas check in..dan cuma satu orang saja..justru petugas security lebih bijaksana...
Kalo naik motor...wah gampang lagi,Bro...bawa back pack isinya radio,battery dan part seperlunya...helinya?...digantung di leher..hehehe
demikian cara2 mobilisasi heli listrik empat ratus lima puluh yg biasa saya lakukan..
salam,
Budi