<ask>about exhaust system...

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
su-31
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2507
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Post by su-31 »

Ary wrote:Kalau dalam control line muffler bisa dicopot karena throttle nya kan full terus, tapi kalau uniflow tank diterapkan pada
control line, kita dapat pressurenya dari mana suhu 31 ?? :-k


Waduh ampoon pak Bli..., padahal aku dah bilang sama Eidri kalo nanya Uniflow aku lari deh....

Tapi ngikut2 kaum Control liner, itu saya kasi semacam vent keluar, masangnya kayak pitot tube pesawat beneran.
Cuma vent ini ujung yg didalem tanki di solder jadi satu sama clunk (main) yg ke carb.
Bukan kayak vent R/C yg di tekuk keatas tanki.
Jadi kayak ada 2 clunk di dalem tanki, satu ke carb, satunya lagi ke pitot tube diluar (atas), dan point to the airstream.
(Vent yg nyambung ke pitot itu ujung/clunk nya kecelup didalem Fuel)

Beberapa contoh yg beredar di Kaum C/L
:
Image
Image

Ini uniflow juga, pakai muffler, tapi ndak ada nipple alias gak pakai muffler pressure.
Image

Ya bener saya juga nanya begitu (mana pressurenya??), dan Uniflow model gitulah solusinya kata para C/Liner tsb.
Dan memang banyak yg jual jadi tank2 uniflow gitu, misalnya merek Brodak dll.
Ini (versi C/L) kayaknya jadi untuk equalized pressure di dlm tank yg udah ada (ya atmospheric) aja.
Maka Stunter C/L yg ndak uniflow, biarpun throttle konstan kadang berubah sendiri.., bisa berantakan manuvernya !

Tapi kalo bicara pressure di Combat... (Gak pake muffler).
Naaah, ini malah bener2 pressure beneran kaya injection..., tekanan tinggi, super kenceng.
Lha wong.., Fuel tanknya kan pakai "Kondom"/ Karet Pipet yg ngisi fuelnya malah di teken/press dulu pake suntikan...
Maka kalo fuel line nya dilepas..., byaaarrrr :lol:

Saya denger2 ada yg pakai Uniflow di RC, apa model lain kah ???
Saya pernah liat skemanya buat OS 91 Heli, lebih complicated, Uniflow dengan Header Tank nya segala.


Dari Control Line Forum:
With the Uniflow system there are three lines. The feed line and the pressure line both have a clunk and got to within 1/4 to 3/8 of the back of the tank. The third line is the vent and goes to the top of the tank. As the pressure line is usually the most accessible it is used for filling the tank however either line can be used for filling. Some fuel will run up the feed or the pressure line but very little as the escaping air is easier to push out of the vent. when the tank is full fuel will come out of the vent. the vent will have to be plugged for flying. A check valve is not necessary.

In very basic terms, because both lines are submerged the only time that air can enter is when fuel exits, so there is a better balance of pressure/fuel in the tank. That is the very short answer. One of the disadvanteges is that the engine will quit at the end of the tank with no warning splutters.
User avatar
Budi
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 9685
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Post by Budi »

Charles wrote:
Pemula 1 wrote:Iya jadi bertanya tanya, pressurenya darimana? Kecuali tanknya posisi diatas carb, atau suction flow venturi sangat kuat sehingga bisa menarik fuel dari tank.

Saya pernah lihat temen modif dgn membuka exhaust. Tekanan utk fuel tank diambil dari bikin tap backplate crankcase dipasangin nipple line up ke tanki......

Bahasanya om Pemula 1 makin susah aja dimengerti....he...he....


Tadinya mau pakai bhs ibu....tapi koq ngga sopan..........
Jadi ada yg modifikasi dgn membolongi (maaf) belakang/pantatnya (tuh kan...) enjin......itu tuh yg nutupin crankase.......terus dipasangin colokan selang disambung ke tanki untuk menekan fuel.........ampuun......ntar kalo sampai jakarta saya upload fotonya.......ampuuun maaf
User avatar
Budi
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 9685
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Post by Budi »

su-31 wrote:
Ary wrote:Kalau dalam control line muffler bisa dicopot karena throttle nya kan full terus, tapi kalau uniflow tank diterapkan pada
control line, kita dapat pressurenya dari mana suhu 31 ?? :-k


Waduh ampoon pak Bli..., padahal aku dah bilang sama Eidri kalo nanya Uniflow aku lari deh....

Tapi ngikut2 kaum Control liner, itu saya kasi semacam vent keluar, masangnya kayak pitot tube pesawat beneran.
Cuma vent ini ujung yg didalem tanki di solder jadi satu sama clunk (main) yg ke carb.
Bukan kayak vent R/C yg di tekuk keatas tanki.
Jadi kayak ada 2 clunk di dalem tanki, satu ke carb, satunya lagi ke pitot tube diluar (atas), dan point to the airstream.
(Vent yg nyambung ke pitot itu ujung/clunk nya kecelup didalem Fuel)



Wah ini ilmu baru .........jadi sepenuhnya mengandalkan tekanan generated by propeler seperti pitot tube..........cerdas. =D>

Saya pernah lihat Pak Ekozz menggunakan selang dari kuningan untu freon AC di colokin ke exhaust karena nipple patah.....it works fine untuk putaran tinggi, tapi untuk idle akan bermasalah, apalagi jika menggunakan cowl dan letak pitot juga sangat menentukan...... [-(

Pertanyaan ekstrimnya mungkin seperti ini......... pada saat RC plane dive, keadaan engine idle, kira2 dgn menggunakan uniflow tank ini akan bermasalah nggak ya Suhu?? :-k
User avatar
Ary
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1107
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

@ Om Su 31 ..... waduh pintar sekali caranya ya Om ... baru tahu saya uniflow yg tanpa pressure dari muffler, selama ini yg sy tahu
kalau untuk rc tetap masih memerlukan pressure dr muffler.... ilmu baru ini pressure dr pitot..
Post Reply

Return to “Engine”