Terminologi Helly

Moderators: Syafik, ferry, medy, thom45

Post Reply
User avatar
medy
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 452
Joined: 30 Jul 2008, 10:34
Location: Jakarta
Contact:

Terminologi Helly

Post by medy »

Saya coba translit dari bahasanya Pak Budiman.....pakai program...lumayan bisa diartikan point2nya :

Autorotation - A way of 'gliding' a helicopter safely back to the ground without engine power. To achieve this you need to be able to set the main rotor blades to a negative pitch - not something we have covered in this article
Cara 'terbang layang' helikopter dengan selamat kembali ke tanah tanpa tenaga mesin. Untuk mencapai ini anda perlu menjadi dapat mengental mata pisau baling-baling utama sampai bubungan negatif - tak ada sesuatu kami sudah menutupi di artikel ini

CCPM - Cyclic/Collective Pitch Management - a computer controlled system where three or four servos are used to control the collective pitch and cyclic controls on a helicopter. Each servo controls one part of the swashplate and the computer works out what position the servos need to be in to achieve the correct swashplate movements. This system is complicated but more precise and is typically the system used on larger, more expensive machines
CCPM - Cyclic/Collective Pitch Management - komputer menguasai sistem di mana tiga atau empat servos terbiasa dengan kontrol bubungan kolektif dan cyclic menguasai di atas helikopter. Masing-masing servo menguasai satu bagian swashplate dan komputer menyusun posisi yang mana servos perlu untuk menjadi di untuk mencapai yang benar swashplate gerak-gerik. Sistem ini rumit tetapi lebih tepat dan adalah biasanya sistem bekas di lebih besar, mesin yang lebih mahal

Cyclic Controls - Those controls which affect the helicopter's attitude in two directions namely rolling left and right (known as the aileron control) and moving the nose up and down (known as the elevator control). Confusingly, on an aeroplane, the elevator is said to control the 'pitch' of the aircraft. For this reason, with model helicopters we simply refer to the elevator so that it is not confused with the pitch of the main rotor blades
Cyclic Controls - kontrol itu yang mempengaruhi sikap helikopter di dua jurusan yaitu berguling meninggalkan dan sebelah kanan (dikenal sebagai kontrol kemudi guling) dan merapatkan hidung dan bulu burung (dikenal sebagai kontrol lift). Secara membingungkan, di atas pesawat terbang, lift seharusnya menguasai 'bubungan' pesawat udara. Untuk sebab ini, dengan helikopter model kami dengan sederhana merujuk pada lift agar tidak dikelirukan dengan

Dual Conversion - A type of receiver in which the signal from the transmitter is filtered twice (instead of once) and thus suffers less from radio interference.
Konversi ganda - Sejenis kurator di yang tanda dari pemancar disaring dua kali (lebih baik daripada satu kali) dan demikian menderita kurang karena ganguan pada radio

ESC (Electronic Speed Controller) - This is an electronic device which can control the power output of the motor. Some ESCs are designed to with an additional function called a 'Governor' - this controls the speed of the motor. This is handy for helicopters because we want to setup the helicopter so that it maintains a constant head speed
Esc (Kecepatan Elektronik Pengontrol) - ini adalah alat elektronik yang bisa menguasai tenaga mesin tenaga mesin. Some ESCs didesain ke dengan fungsi tambahan dianggap seorang 'Gubernur' - ini menguasai kecepatan mesin. Ini dekat untuk helikopter karena kami ingin ke susunan helikopter agar mengurusi sabu-sabu kepala terus-menerus

Flight Mode - Some manufacturers refer to their transmitters being in different flight modes, e.g. Normal (for hovering), Idle Up or Stunt (for aerobatics) and Hold (for practising autorotations amongst other things). Each flight mode is selected by means of a switch and allows the pilot to select different throttle and pitch curves to suit the type of flying he is doing. In some cases, it can also determine other settings such as the gyro gain.
Cara penerbangan - Beberapa pengusaha pabrik merujuk pada pemancar mereka yang di cara penerbangan berbeda, e.g. Biasa (karena menunggu dengan berhasrat), Idle Up atau Menghalangi (untuk aerobatik) dan Memegang (untuk practising autorotations di antara hal lain). Masing-masing cara penerbangan dipilih oleh alat perubahan dan membolehkan pilot memilih garis lengkung katup penghambat dan bubungan berbeda untuk cocok bagi macam terbang dilakukan dia. Di beberapa kasus, juga bisa menentukan tempat lain seperti gyro memperoleh.

Flybar - Also known as the control rotor, the flybar is partially responsible for the cyclic control of the helicopter, the rest of this control coming directly from the swashplate. These two control methods - direct (the Bell system) and flybar (the Hiller system) - complement one another on many radio control helicopters offering a good compromise between responsiveness and stability. The degree to which each system affects the cyclic controls is defined by the mechanical ratio designed into the mixing arms on the flybar seesaw
Flybar - Juga dikenal sebagai baling-baling kontrol, flybar sebagian bertanggung jawab untuk cyclic kontrol helikopter, sisa kedatangan kontrol ini secara langsung dari swashplate. Dua metode kontrol ini - langsung (sistem Lonceng) dan flybar (sistem Hiller) - melengkapi satu sama lain di atas banyak helikopter kontrol radio yang menawarkan kompromi baik di antara responsiveness dan stabilitas. Tingkat ke yang masing-masing sistem mempengaruhi cyclic menguasai ditegaskan oleh rasio mesin didesain ke dalam persenjataan mencampur di flybar papan jungkat-jungkit

Gain - The degree to which a gyro will attempt to correct an un-commanded change in yaw. If you set the gain too low the tail of the helicopter will not maintain its heading well - if you set it too high the tail will wag from side to side.
Memperoleh - tingkat ke yang gyro akan mencoba memperbaiki ganti yang tak diperintah di merewang. Jika anda menetapkan perolehan terlalu rendah ekor helikopter tidak akan mengurusi sumur mengepalainya - jika anda menetapkannya terlalu tinggi ekor akan dikibas-kibaskan dari sampingan untuk memihak.

Gyro Sense - The setting in your gyro which tells its circuitry which way it should move the servo to correct errors in the yaw attitude of the helicopter. If this is set incorrectly, the helicopter will spin uncontrollably at take-off. It will do this because as soon as an error is detected it will attempt to correct it the wrong way. It picks up this error and again tries to correct it. This is a cumulative problem and happens so quickly that it is impossible to control.
Gyro Sense - tempat di anda gyro yang mengatakan sistem aliran listriknya yang jauh sebaiknya berpindah servo untuk memperbaiki kesalahan di sikap ganti haluan helikopter. Jika ini ditentukan salah, helikopter akan berputar secara tak terkendali di mengambil-dari. Akan melakukan ini karena begitu kesalahan diketahui akan mencoba memperbaikinya cara salah. Mendapat kesalahan ini dan lagi mencoba memperbaikinya. Ini adalah masalah kumulatif dan terjadi begitu cepat bahwa mustahil menguasai.

Governor - With electric models, this is a feature on an ESC that allows the pilot to determine the head speed electronically rather than by using a throttle curve.
dengan model listrik, ini adalah ciri-ciri di Esc itu membolehkan pilot menentukan kecepatan kepala secara elektronik daripada dengan memakai garis lengkung katup penghambat

Head Speed - The rotational speed of the main rotor assembly - in other words how many times the head goes round every minute.
Heading Hold - A gyro mode in which the gyro will not only resist un-commanded changes in direction (yaw) but correct them as well. Some gyros are capable of both heading hold and normal modes.
Idle Up - Sometimes known as Stunt, Idle Up is a term that refers to a group of settings on your transmitter which enable the helicopter to perform aerobatic manoeuvres such as flying upside down. One of the most notable features of Idle Up is that it allows you to set the transmitter so that the throttle control is high when the throttle stick is low. You'll find more about this in the aerobatics article.
Kecepatan kepala - kecepatan pemutaran perkumpulan baling-baling utama - di kata lain berapa kali kepala cukup setiap menit. Heading Hold - gyro cara di yang gyro tak hanya akan menolak perubahan yang tak diperintah di pimpinan (merewang) tetapi benar mereka juga. Beberapa gyros cakap baik mengepalai memegang maupun cara biasa. Idle Up - Kadang-kadang dikenal sebagai Menghalangi, Idle Up adalah masa yang merujuk pada sekelompok tempat di atas pemancar anda yang memungkinkan helikopter melakukan manuver aerobatik seperti terbang terbalik. Salah satu roman Idle Up yang paling penting adalah bahwa membolehkan anda mengental pemancar agar kontrol katup penghambat tinggi kalau tongkat katup penghambat rendah. Anda akan menemukan lebih banyak di sekitar ini di artikel aerobatic

Normal Mode - (sometimes called Standard Mode) - usually refers to one of two things - either the basic transmitter mode which is used for taking off and doing hovering manoeuvres or the gyro mode which does not hold its heading - see Heading Hold
Cara biasa - (sometimes mengadakan Cara Standar) - biasanya merujuk pada satu di antara dua hal - baik cara pemancar dasar yang dipergunakan untuk berangkat dan melakukan menunggu dengan berhasrat bergerak atau gyro cara yang tidak tetap kepalanya - melihat Heading Hold

Optical Tachometer - A gadget for measuring head speed consisting of a box with a hole through which you view the rotor disk of the helicopter. There is a moving vane inside the box which creates a 'waggon wheel' effect on the image of the helicopter. You adjust the speed of the vanes and when the blades appear to stop you read off the head speed on a digital readout
Optical Tachometer - perkakas karena mengukur kecepatan kepala yang terdiri atas sebuah kotak dengan lubang lewat yang anda pandangan cakra baling-baling helikopter. Ada sebuah baling-baling mengharukan di dalam kotak yang menciptakan 'waggon' efek 'roda' atas tamsilan helikopter. Anda mengatur kecepatan baling-baling dan kalau mata pisau kelihatannya menghentikan anda membacakan kecepatan kepala di digital readout

PCM - Pulse Coded Modulation - This is a better and normally a more expensive system than PPM and offers a function called 'failsafe' which allows the pilot to program the receiver with a set of default servo positions in case of radio failure. Want to know more? Take a look here.
PCM - Pulse Coded Modulation - ini lebih baik dan biasanya sistem yang lebih mahal daripada PPM dan tawaran fungsi singgah 'failsafe' yang membolehkan pilot memprogram kurator dengan set kelalaian servo posisi kalaupun kegagalan radio. Mau tahu lebih banyak

Pitch - More correctly called Collective Pitch, with helicopters this normally refers to the angle of the main rotor blades. Positive pitch creates lift. (Negative pitch creates lift if you are flying upside down.)
Memasang - Lebih Banyak Pola Titinada Kolektif yang dipanggil dengan benar, dengan helikopter ini biasanya merujuk pada sudut mata pisau baling-baling utama. Pola titinada positif menciptakan mengangkat. (pola titinada Negatif menciptakan menyingsing jika anda sedang terbang terbalik. )

Rate Gyro - A rate gyro is one which controls the helicopter's rate of yaw and will set it depending on the pilot's rudder control. This is distinct from older type of gyro where the pilot effectively just controls the pitch of the tail rotor blades and the gyro endeavours to prevent the models from any yaw at all. In a sense, with these older style gyros the pilot was always 'fighting' the gyro. This is a subtle but very important difference and the introduction of rate gyros has made certain manoeuvres much smoother and easier to control.
Rate Gyro - laju gyro adalah yang menguasai laju helikopter merewang dan akan menggerakkannya bergantung pada kontrol kemudi pilot. Ini jelas berbeda dari lebih tua macam gyro di mana pilot secara efektif hanya menguasai bubungan mata pisau baling-baling ekor dan gyro berusaha keras mencegah model dari ganti haluan yang mana pun di semua. Dalam arti, dengan yang ini lebih tua gaya gyros pilot selalu 'prajurit' gyro. Ini adalah perbedaan tak kentara tetapi sangat penting dan perkenalan laju gyros sudah membuat manuver tertentu begitu lebih mulus dan lebih mudah menguasai.

Rotor Disk - An illusion, this is the transparent disk which appears to be formed when the rotor blades are rotating quickly.

Sense - See Gyro Sense

Standard Mode - See Normal Mode.
Swashplate - A device on a helicopter which connects the static non-rotating controls to the ones which rotate with the rotor blades. The swashplate always controls the cyclic controls and, on some types of helicopter, also plays a part in controlling the collective pitch.

Rotor Disk - khayal, ini adalah cakra transparan yang kelihatannya terbentuk kalau mata pisau baling-baling sedang berselang-seling dengan cepat. Pengertian - melihat Gyro Sense Cara standar - memahami Cara Biasa. Swashplate - alat di atas helikopter yang menyambung kontrol yang tak berputar yang statis ke yang berselang-seling dengan mata pisau baling-baling. Swashplate selalu menguasai cyclic menguasai dan, atas beberapa macam helikopter, juga memainkan sebagian dalam menguasai bubungan kolektif

Throttle Hold - A feature which is activated by a switch on the transmitter and which sets the throttle either to zero/near zero (on electric helicopters) or to a tick-over setting (on glow-powered models). It does this irrespective of the position of the throttle/collective pitch stick and does not directly affect the pitch unless the transmitter has a separate pitch curve for throttle hold. Typically the feature is used to practise autorotations but is also a useful safety feature which can, for example, be engaged when carrying the model to the take-off spot. It is also a useful means of recovering from a tail rotor/gyro failure during flight which, by removing the torque from the engine/motor will prevent the helicopter from spinning uncontrollably and enable the pilot to autorotate safely to the ground. It is worth noting that problems can occur when practicing autorotations with electric models which have an electronic speed controller programmed with a 'soft' start. This is because, if the pilot is forced to 'bail out' of a practice autorotation, flicking the throttle hold switch off again will not necessarily bring power back quickly enough to be effective. It may therefore be advisable to set the speed controller to a relatively 'hard' start to avoid this if you plan to practise this sort of manoeuvre.
Throttle Hold - ciri-ciri yang digiatkan oleh perubahan di atas pemancar dan set yang mana katup penghambat baik untuk mengenolkan/dekat nol (di atas helikopter listrik) atau ke kutu-lebih menentukan (di atas model yang digerakkan oleh cahaya). Dilakukan ini terlepas dari posisi katup penghambat/saham tak terjual bubungan kolektif dan secara langsung tidak mempengaruhi bubungan kecuali kalau pemancar mempunyai memisahkan memasang melengkung untuk mencekik memegang. Biasanya ciri-ciri dipakai ke practise autorotations tetapi adalah juga ciri-ciri keamanan berguna yang bisa, misalnya, bertunangan waktu membawa model ke pengambilan-dari tempat. Ialah juga alat berguna sembuh dari baling-baling ekor/gyro kegagalan selama pelarian yang, dengan menghilangkan daya putar dari mesin/mesin akan mencegah helikopter berputar secara tak terkendali dan memungkinkan pilot ke autorotate dengan selamat ke tanah. Layak untuk menyadari bahwa masalah bisa terjadi kalau berlatih autorotations dengan model listrik yang mempunyai elektronik

Tracking - This refers to the degree to which the two blades on the main rotor are set at the same angle. If they are the same then the blades will rotate in the same plane and in flight the rotors will appear to form a single disk. If they are not at the same angle, then the two blades will not rotate in the same plane and in flight the rotor disk will appear to be split into two.
Mengikuti - ini merujuk pada tingkat ke yang dua helai mata pisau itu di atas baling-baling utama ditentukan di sudut sama. Jika mereka menjadi yang sama lalu mata pisau akan berputar di pesawat sama dan di pelarian baling-baling akan kelihatannya membentuk satu cakra. Jika mereka tidak di sudut sama, lalu dua helai mata pisau itu tidak akan berputar di pesawat sama dan di pelarian baling-baling cakra akan kelihatannya dibagi ke dalam dua.
Transmitter Mode - The type of transmitter you have. If your throttle stick (the one that doesn't spring back to the centre when you move it forwards and backwards) is on the right-hand side you have a Mode 1 transmitter. If it's on the left-hand side your transmitter is Mode 2 (this is the most common type). For more details, see this article.
Cara pemancar - Macam pemancar anda mempunyai. Jika tongkat katup penghambat anda (yang tidak meloncat kembali ke pusat kalau anda memajukannya dan ke belakang) di sisi kanan anda mempunyai Cara 1 pemancar. Jika di sisi kiri pemancar anda adalah Cara 2 (ini adalah macam yang paling biasa). Untuk lebih banyak detail, melihat artikel ini.

Yoke - (Typically) the device which controls the pitch of the tail rotor blades, also known as the tail pitch slider or the Tail Rotor Control Assembly.
(Typically) alat yang menguasai bubungan mata pisau baling-baling ekor, juga dikenal sebagai bubungan ekor slider atau Perkumpulan Kontrol Baling-baling Ekor


semoga manfaat
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Sekarang sudah tambah pinter pengetahuan soal heli ya... sip deh
ayo kapan terbang bareng helinya... tp heliku sek ngandang dulu
User avatar
Budi
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 9685
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Post by Budi »

sangat bermanfaat Oom,.......kalo definisi 3D kira2 apa ya oom? saya koq dengar macam2 pendapat? thx
User avatar
cangkriwan
Airman
Airman
Posts: 27
Joined: 13 Sep 2008, 13:55
Location: surabaya
Contact:

Post by cangkriwan »

terus terang saya lagi muter2 forum untuk nyariin artinya definisi untuk rc. abis baca2 kagak ngerti maksudnya apa. ternyata di sini ada thanks banget.
User avatar
andre77
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1472
Joined: 17 Jan 2007, 14:38
Location: BANJARMASIN
Contact:

Post by andre77 »

Pemula 1 wrote:sangat bermanfaat Oom,.......kalo definisi 3D kira2 apa ya oom? saya koq dengar macam2 pendapat? thx


3D itu yang pasti sih Duit...Duit...Duit

hahaha maaf bercanda om \:D/
User avatar
Adrian
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 565
Joined: 16 Sep 2007, 04:59
Location: yogyakarta
Contact:

Post by Adrian »

Wah, ini bermanfaat buanget om...
Soalnya dulu nemu yang b. Inggris bingung deh, hehehe....
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Bahasanya malah membingungkan dg translate Bhs Indonesia... :D tapi cukup bisa dimengerti
User avatar
suprayitno
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2370
Joined: 12 Mar 2008, 10:05
Location: Sidoarjo

Post by suprayitno »

Syafik wrote:Bahasanya malah membingungkan dg translate Bhs Indonesia... :D tapi cukup bisa dimengerti


Dari transtools langsung di posting. Tapi syukurlah ngetiknya juga butuh keringat =P~ =P~ =P~
Post Reply

Return to “SURABAYA”