Pesawat Kedua..
- emilhp
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1227
- Joined: 27 Oct 2008, 15:22
- Location: Pangkalan Kerinci-Pelalawan - Riau
- Contact:
Re: Pesawat Kedua..
Halo Om Klinci, salam kenal..
saya juga masih baru di dunia ini, dan masih tahap belajar.
Tadinya saya mau beli WD untuk belajar dan mengikuti step2 training..tapi dengan sharing dan berdiskusi dengan pakar-pakar aeromodelling, maka di putuskan untuk membuat sendiri dengan perkiraan minimalis, realistis gak makan biaya besar selama proses belajar. maka saya buat sendiri pesawat Cessna 150 electric dari bahan gabus/Foam.. alhamdulillah.. terbangnya bagus dan lebih PD selama proses belajar.. crash . . repair sendiri . . bisa loop, inverting, glide nya OK (throttle off masih bisa landing cantik) tapi gak tau ya.. kalau beli yg pabrikan apakah bisa sama performance nya ?
saya juga masih baru di dunia ini, dan masih tahap belajar.
Tadinya saya mau beli WD untuk belajar dan mengikuti step2 training..tapi dengan sharing dan berdiskusi dengan pakar-pakar aeromodelling, maka di putuskan untuk membuat sendiri dengan perkiraan minimalis, realistis gak makan biaya besar selama proses belajar. maka saya buat sendiri pesawat Cessna 150 electric dari bahan gabus/Foam.. alhamdulillah.. terbangnya bagus dan lebih PD selama proses belajar.. crash . . repair sendiri . . bisa loop, inverting, glide nya OK (throttle off masih bisa landing cantik) tapi gak tau ya.. kalau beli yg pabrikan apakah bisa sama performance nya ?
- sahid
- Lieutenant Colonel
- Posts: 4448
- Joined: 06 May 2008, 11:38
- Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
- Contact:
Re: Pesawat Kedua..
Setuju dg oom setyo, pesawat ke dua...pilih pesawat engine 46.....pertimbangan....PUAS....PUAS....PUAS
- flytosky
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1791
- Joined: 14 Apr 2007, 17:02
- Location: Nanga Pinoh
- Contact:
Re: Pesawat Kedua..
ok, sekedar masukan juga om.
waktu kita baru awal awal main, teman teman sy mulai langsung dari pesawat trainer engine, sedangkan saya mulai dari WD. teman teman udah pada bisa take off dan landing dengan mulus, tapi begitu mereka coba WD saya, mereka bahkan ga bisa terbang lurus, apalagi landing.
trus yang kedua, ada 1 teman lagi yang main pesawat trainer engine, seumur umur tuh pesawat dia ga pernah bisa landing pesawat itu. akhiran dia nyerah, dan kebetulan dia dikasi pesawat Super Sport sama temannya. akhiran dia nekat terbang tuh supersport. dan ternyata dia bisa landing dengan mulus. sekitar 1/2 tahun dia main itu supersport, dia coba kembali ke trainer lagi karena masih penasaran dengan landingnya. ternyata tetap ga bisa landing lho. hahaha...
jadi memang ada beberapa orang yang lebih gampang nerbangin low wing, ada pula yang terbiasa dengan high wing.
waktu kita baru awal awal main, teman teman sy mulai langsung dari pesawat trainer engine, sedangkan saya mulai dari WD. teman teman udah pada bisa take off dan landing dengan mulus, tapi begitu mereka coba WD saya, mereka bahkan ga bisa terbang lurus, apalagi landing.
trus yang kedua, ada 1 teman lagi yang main pesawat trainer engine, seumur umur tuh pesawat dia ga pernah bisa landing pesawat itu. akhiran dia nyerah, dan kebetulan dia dikasi pesawat Super Sport sama temannya. akhiran dia nekat terbang tuh supersport. dan ternyata dia bisa landing dengan mulus. sekitar 1/2 tahun dia main itu supersport, dia coba kembali ke trainer lagi karena masih penasaran dengan landingnya. ternyata tetap ga bisa landing lho. hahaha...
jadi memang ada beberapa orang yang lebih gampang nerbangin low wing, ada pula yang terbiasa dengan high wing.
- sahid
- Lieutenant Colonel
- Posts: 4448
- Joined: 06 May 2008, 11:38
- Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
- Contact:
Re: Pesawat Kedua..
flytosky wrote:ok, sekedar masukan juga om.
waktu kita baru awal awal main, teman teman sy mulai langsung dari pesawat trainer engine, sedangkan saya mulai dari WD. teman teman udah pada bisa take off dan landing dengan mulus, tapi begitu mereka coba WD saya, mereka bahkan ga bisa terbang lurus, apalagi landing.
trus yang kedua, ada 1 teman lagi yang main pesawat trainer engine, seumur umur tuh pesawat dia ga pernah bisa landing pesawat itu. akhiran dia nyerah, dan kebetulan dia dikasi pesawat Super Sport sama temannya. akhiran dia nekat terbang tuh supersport. dan ternyata dia bisa landing dengan mulus. sekitar 1/2 tahun dia main itu supersport, dia coba kembali ke trainer lagi karena masih penasaran dengan landingnya. ternyata tetap ga bisa landing lho. hahaha...
jadi memang ada beberapa orang yang lebih gampang nerbangin low wing, ada pula yang terbiasa dengan high wing.
oom fly, berarti pakem step by step high wing....low wing..dst g' baku amat ya Bang....
karena klo pengalaman sy pribadi pertama pakai cesna 206 electrick...sudah bisa take off...belom bisa landing...lsg gnti pesawat kedua trainer eng 46...mlh bs take off landing dst...
- flytosky
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1791
- Joined: 14 Apr 2007, 17:02
- Location: Nanga Pinoh
- Contact:
Re: Pesawat Kedua..
yap. bukan suatu hal yang mutlak. masalahnya gini. seperti teman saya itu, dia bermasalah dengan pesawat trainer karena pesawat trainer itu glide ratio nya tinggi, dan dia ga nyaman dengan itu. sedangkan supersport milik dia memiliki glide ratio yang rendah alias gampang stall, dan dia merasa nyaman dengan keadaan itu. beneran deh, runway sepanjang 1km untuk dia landing trainer kebablasan mulu. padahal kalau di pikir, dengan runway sepanjang itu mestinya ga masalah. tapi nyatanya dia ga pernah bisa landing trainer high wing.
- toto
- Colonel
- Posts: 6656
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Pesawat Kedua..
Pengalaman temennya om fly2sky pernah menghinggapi saya juga pakai calmato trainer, ngemesin tuh pesawat mau landing ngapung mulu kecuali diteken kalo diteken kelebihan otomatis reflek kita ngangkat kalo kelebihan eh malah ngapung lebih tinggi lagi jadi aja kaya lumba2. tapi sebenernya dengan trainer itu justru melatih feel and touch atau ada yang bilang groove kita khususnya untuk landing mulai dari cara approach sampai touch down, juga untuk take off butuh jarak lebih panjang dimana disini ada waktu sebelum untuk pesawat bergulir lurus hingga dia siap airborne untuk melatih kita kapan kita mulai mengangkat itu elevator, ceritanya kalo enggak salah dipesawat beneran masa V1 dimana kita mencari speed untuk mencapai kondisi ideal dimana pesawat siap tinggal landas dan setelah mencapai kondisi tersebut (V2) maka pesawat siap mengudara tanpa mengalami sinking alias merosot/ambles karena tidak cukupnya daya angkat. masih untuk kalo cuman ambles soalnya saya pernah mengalami itu pesawat jadi mlintir nah kalo udah kaya gini gimana, tapi itu semua terjadi karena kesalahan saya juga dimana speed belum dapat sudah diangkat tambahan kena cross wind yang tiba2 trus bukannya di counter pakai kombinasi rudder dan aileron malah cuman reflek aileron doang yach begitulah jadinya wing tip rinyek ....
Tapi itu semua yang saya rasakan dan pelajari, enggak tahu temen2 yang lain karena sangat tergantung dari karakter dan terutama bakat juga ya dan jangan lupa usia kaya saya yang sudah lanjut ini ........




Tapi itu semua yang saya rasakan dan pelajari, enggak tahu temen2 yang lain karena sangat tergantung dari karakter dan terutama bakat juga ya dan jangan lupa usia kaya saya yang sudah lanjut ini ........



- setyo antarikso
- Technical Sergeant
- Posts: 536
- Joined: 01 Apr 2008, 12:33
- Location: Jakarta Timur
- Contact:
Re: Pesawat Kedua..
sahid wrote:Setuju dg oom setyo, pesawat ke dua...pilih pesawat engine 46.....pertimbangan....PUAS....PUAS....PUAS
enaknya pesawat pertama WD (elektrik flyer)..bisa dimainin buat belajar atau pas lg butuh main di waktu yang sempit.
yg kedua idem dito sama Oom Sahid..46. Ambil aja perabotan engine 45 dan skt 5 servo standar. Tinggal nyari kit balsa, mau high wing atu low wing sami mawon. Kl main high wing ngga bisa landing, tinggal simpen ganti low wing..jeroan pindah semua..
jadi udah pas, kl mau main cuma setengah jam, WD keluarin. Kl main lama, pake 46. Kl crash, main WD lagi..
bener ngga nih suhu suhu mohon koreksinya lagi..
pesawat idaman
boxfly
- suprayitno
- Second Lieutenant
- Posts: 2370
- Joined: 12 Mar 2008, 10:05
- Location: Sidoarjo
Re: Pesawat Kedua..
Syafik wrote:Sulistiyo wrote:kalo menurut saya... setelah ngerasain enaknya pswt bikinan pabrik.... sudah saatnya ngerasain enaknya pswt bikinan sendiri...
So...pswt ke2 adalah pswt yang bikinan sendiri ataw homemade karena modal dasar sudah ada yaitu:
- Main Wing WD yang sangat melegenda
- servo wd
- ESC (syukur2 dah BL)
- motor (syukur2 dah BL)
- battery
- TX & RX
Cari model yang high wing... bedain rasanya nerbangin pswt pabrikan dgn bikinan sendiri...
pasti tak terkatakan....
Saran yang mantap... bikin sendiri pasti kepuasannya tiada tara kalau bisa terbang enak
Kalau beli, yang pasti dicemberutin sama istri.
Kalau bikin sendiri, yang pasti di sayang dan dibanggakan sama istri. Meskipun terkadang habisnya tidak lebih murah dari beli jadi.



- Klinci
- Airman
- Posts: 40
- Joined: 14 Jan 2008, 20:51
- Location: Jakarta Barat
- Contact:
Re: Pesawat Kedua..
setyo antarikso wrote:yg kedua idem dito sama Oom Sahid..46. Ambil aja perabotan engine 45 dan skt 5 servo standar. Tinggal nyari kit balsa, mau high wing atu low wing sami mawon. Kl main high wing ngga bisa landing, tinggal simpen ganti low wing..jeroan pindah semua..
jadi udah pas, kl mau main cuma setengah jam, WD keluarin. Kl main lama, pake 46. Kl crash, main WD lagi..
bener ngga nih suhu suhu mohon koreksinya lagi..
pesawat idaman
boxfly
Haha.. dipanas2in gini..kalo gak kuat iman, lama2 bisa jadi pake engine juga nih saya.. hehe.. musti sering2 liat buku tabungan biar sadar..
Boxfly kayak apa sih?
Liat fotonya dong..
Thanks
- setyo antarikso
- Technical Sergeant
- Posts: 536
- Joined: 01 Apr 2008, 12:33
- Location: Jakarta Timur
- Contact:
Re: Pesawat Kedua..
Oom Klinci..
boxfly ada di cibinong. KL mau liat gambarnya coba buka thread 3C cibinong deh..
btw main engine ngga salah kok, main elektrik juga ngga salah. So kenapa mesti ragu ambil engien? Coba diitung itung deh, kl pake lipo, esc, BL kan udah dapet engine..
yah yang enak sih ada dua duanya..jadi ngga ada rasa penasaran..ya kan? ini bukan manasin, cuma ngomporin kok he he
boxfly ada di cibinong. KL mau liat gambarnya coba buka thread 3C cibinong deh..
btw main engine ngga salah kok, main elektrik juga ngga salah. So kenapa mesti ragu ambil engien? Coba diitung itung deh, kl pake lipo, esc, BL kan udah dapet engine..
yah yang enak sih ada dua duanya..jadi ngga ada rasa penasaran..ya kan? ini bukan manasin, cuma ngomporin kok he he