Page 2 of 4

Posted: 06 May 2008, 09:58
by joko
iwan21 wrote:Mantaf......he hehehe, kalu buat saya ini masih ukuran besar om (normal..)...


Iya nih Om,..saya masih belum punya empedu (nyali) buat nerbangin yang baby-baby :-k :-k :-k , jd dg seukuran segitu tak anggap mini..takut gak safety... O:) O:) O:)

Posted: 06 May 2008, 12:34
by NF
betul betul mantaf tuh pesawat , apalagi dihedral yg segede itu so pasti akan terbang anteng bin stabil dan cocok untuk slooooooow flyer.....
welcome to the slow flyer guy's......

Posted: 06 May 2008, 13:11
by joko
NF wrote:betul betul mantaf tuh pesawat , apalagi dihedral yg segede itu so pasti akan terbang anteng bin stabil dan cocok untuk slooooooow flyer.....
welcome to the slow flyer guy's......


Pak dhe Cipto...
Tapi tetep aja masih mengesankan tipikal pesawat mini yg rada gesit-an di bandingkan pesawat yg rada gedean (TGF dg span 120 cm), tapi masih bisa sih...di handle sama jempol aye yg gak begitu lincah ini... O:) O:) O:)

BTW, pak dhe (dan suhu2 yg laen) mohon konsul yah...
3 kali terbang, dalam tiga hari ini,..terpaksa itu bilah elevator tak trim down sekian derajat,
dikarenakan itu pesawat maunya up terus , sehingga terjadilah apa yg mungkin dinamakan "Dolphin Syndrom" [-( [-( :lmao: :lmao: :lmao: dg data data penunjang sebagai berikut:

1. Wing incident = + 2 drjt
2. down trust = 3 drjt
3. Angle of Attack (AoA) Sudut Serang = 0 drjat
4. Under Chambered wing

Sebelumnya saya samakan dulu persepsi saya mengenai AoA....
Apakah benar AoA itu adalah Sudut yg terbentuk antara trust line dan Horizontal Stab" ?

Trims sebelumnya buat para suhu...

Posted: 06 May 2008, 13:23
by joko
Sambil nunggu jawaban konsul dari para suhu....
Tak jawab sebisanya request dari Om martin di balikpapan...

Mudah-mudahan sementara ini, foto ini cukup mewakili...

Sayap dibuat dari Polyfoam 3 mm dg type Underchambered, di skor dari LE sebanya 7 kali dg interspace 0.8 mm,diperkuat dg rib dari foam 1.5 cm di sepertiga depan dipasangkan spar kayu ramin setengah lingkaran diameter 3 mm,..

Catt: Foto ini adalah proses pembuatan Wing Mini STick beberapa waktu yg silam... O:) O:) tp kurang lebihnya sama lah..

Image

Image

Posted: 06 May 2008, 13:26
by NF
underchamber yg liftnya gede, wing incidentnya buat 0* saja dan throttle 30 % sudah enak buat puter puter sambil duduk di kursi malas dan es teh segelas......

Posted: 06 May 2008, 13:30
by iwan21
joko wrote:1. Wing incident = + 2 drjt
2. down trust = 3 drjt
3. Angle of Attack (AoA) Sudut Serang = 0 drjat
4. Under Chambered wing

Sebelumnya saya samakan dulu persepsi saya mengenai AoA....
Apakah benar AoA itu adalah Sudut yg terbentuk antara trust line dan Horizontal Stab" ?

Trims sebelumnya buat para suhu...


ini saya kok jadi bingung ??
1. Wing incident = + 2 drjt
3. Angle of Attack (AoA) Sudut Serang = 0 drjat

kalu yg nomer .1 itu oke, kita ukur waktu penempatan sayap , sudut diukur antara leading edge sayap dg posisi horisontal stab

nah yg nomer .3 itu pigimana ngukurnya ? karena AoA itu kan sudut sayap saat terbang terhadap relatif aliran udara ?

jadi pernyataan yg di bold itu bikin konfius jadinya.. #-o , karena enggak pernah diukur itu sudut antara thrust line ( yg ada down thrustnya ) dg hor. stab.

Dolphin syndrome, bisa jadi karena :
1. Wing incidence kegedean utk sayaf dg under cambered profil
2. posisi CG kurang mundur, coba geser lagi 1 cm kebelakang

nah down thrust nya ngukur 3 derajat itu dari horizontal stab kan Om ??

Posted: 06 May 2008, 14:01
by Abi Ghiffa
Out of Topic dikit,..om mau nyanyain itu penjepit yang kayak mulut Piranha boleh beli dimana ya om ? apa di toko bahan bangunan ada ?
Sambil merhatiin diskusi sudut serang (AoA),...:D

Posted: 06 May 2008, 14:04
by joko
NF wrote:
underchamber yg liftnya gede, wing incidentnya buat 0* saja dan throttle 30 % sudah enak buat puter puter sambil duduk di kursi malas dan es teh segelas......


Ha..ha..ha..boro-boro Sambil leyeh-leyeh sambil nyeruput es teh,..adanya juga terbang sambil nepukin betis yg digigit nyamuk kebon...BTW, trims Pak Dhe masukannya... apasalahnya entar tak coba....sampai ketemu settingan yg paling yahud...



iwan21 wrote:
joko wrote:1. Wing incident = + 2 drjt
2. down trust = 3 drjt
3. Angle of Attack (AoA) Sudut Serang = 0 drjat
4. Under Chambered wing

Sebelumnya saya samakan dulu persepsi saya mengenai AoA....
Apakah benar AoA itu adalah Sudut yg terbentuk antara trust line dan Horizontal Stab" ?

Trims sebelumnya buat para suhu...


ini saya kok jadi bingung ??
1. Wing incident = + 2 drjt
3. Angle of Attack (AoA) Sudut Serang = 0 drjat

kalu yg nomer .1 itu oke, kita ukur waktu penempatan sayap , sudut diukur antara leading edge sayap dg posisi horisontal stab

nah yg nomer .3 itu pigimana ngukurnya ? karena AoA itu kan sudut sayap saat terbang terhadap relatif aliran udara ?

jadi pernyataan yg di bold itu bikin konfius jadinya.. #-o , karena enggak pernah diukur itu sudut antara thrust line ( yg ada down thrustnya ) dg hor. stab.

Dolphin syndrome, bisa jadi karena :
1. Wing incidence kegedean utk sayaf dg under cambered profil
2. posisi CG kurang mundur, coba geser lagi 1 cm kebelakang

nah down thrust nya ngukur 3 derajat itu dari horizontal stab kan Om ??


Oh..keliru jadi saya yah,..tak kira AoA itu ada terlibat itu Hor Stab :-k :-k seperti ilustrasi kayak gini...

Image

Atau mungkin Wing Incidence apa perlu minus derajat?

Trims Om Iwan...

Posted: 06 May 2008, 14:27
by joko
Abi Ghiffa wrote:Out of Topic dikit,..om mau nyanyain itu penjepit yang kayak mulut Piranha boleh beli dimana ya om ? apa di toko bahan bangunan ada ?
Sambil merhatiin diskusi sudut serang (AoA),...:D


Banyak atuh Om Rozy...itu namanya klem (Clamp), bisa di cari di toko-toko bangunan,..tapi lebih amannya sih yg rada gedean dikit tokonya...ukurannya bervariasi dari yag segede mulut ikan teri ampe mulut Ikan Paus...hi..hi.... gak ding kayaknya terkecil 2 inc paliing gede 9 inc..

BTW, lebih baik punya yang gini aja, namanya Catok, ada jg yg nyebut ragum, atau Om Iwan yang pakar bhs belanda, (kalau ejaannya benar) Klaamer

Image

Posted: 06 May 2008, 14:28
by iwan21
gini om tepatnya

Image

utk wing incidence, coba aja dibuat nol dulu...