Page 2 of 2

Posted: 08 Jul 2008, 13:26
by iwan21
dedy_r450 wrote:Om roji itu taunya darimana ya,.. hitung2 an demikian itu,.. share donk om.. :D


kalkulatornya tersedia gratis om , tinggal search aja dg keyword " motocalc"

Posted: 08 Jul 2008, 13:27
by Syafik
ok ilmu baru nih pak... bikin asal aja sih...
perlakuan sudut trust motor apakah sama untuk semua model pesawat??

Posted: 08 Jul 2008, 16:02
by iwan21
Syafik wrote:ok ilmu baru nih pak... bikin asal aja sih...
perlakuan sudut trust motor apakah sama untuk semua model pesawat??


Sama om, cuman kadang beda dinilai sudutnya aja...

Posted: 08 Jul 2008, 16:22
by Syafik
ok thanks... kalau ada hitung2annya... mohon bocorannya dong...
apakah trust motor dipengaruhi oleh model fuselage, sayap atau apa ya...

Posted: 08 Jul 2008, 22:45
by beta_james
Syafik wrote:ok thanks... kalau ada hitung2annya... mohon bocorannya dong...
apakah trust motor dipengaruhi oleh model fuselage, sayap atau apa ya...


Hitung-hitungannya untuk right Trust dan Down Trust setau saya 0 - 3 derajat........

Posted: 09 Jul 2008, 10:06
by Syafik
Thanks pak...

Posted: 21 Jul 2008, 08:30
by NGL
Pak Syafik,
Kalau bikin lagi, saya usulkan wing planformnya dibalik. Yang melengkung (elips) wing tip bagian depan. Kalau seperti sekarang, tip vortex (pusaran di tip) akibat sudut tajam dan perbedaan tekanan yang mendadak besar sehingga induce drag besar. Pada kondisi tertentu juga perubahan vortex kiri dan kanan bisa mengurang stabilitas.
Tapi kalau tujuannya memang mau bikin yang lain dari yang lain, gak masalah. Karena powernya juga berlebih.

Posted: 21 Jul 2008, 10:25
by Syafik
NGL wrote:Pak Syafik,
Kalau bikin lagi, saya usulkan wing planformnya dibalik. Yang melengkung (elips) wing tip bagian depan. Kalau seperti sekarang, tip vortex (pusaran di tip) akibat sudut tajam dan perbedaan tekanan yang mendadak besar sehingga induce drag besar. Pada kondisi tertentu juga perubahan vortex kiri dan kanan bisa mengurang stabilitas.
Tapi kalau tujuannya memang mau bikin yang lain dari yang lain, gak masalah. Karena powernya juga berlebih.

Thanks pak, mulanya mikirnya memang demikian sekaligus dari sudut artistiknya memang rounded wing ada di depan tapi waktu motong gak lihat posisi akhirnya kepotong aja... dan akhirnya ya sudah terlanjur.. apa sekalian dipotong lengkung juga yang depan juga ya biar full rounded wing tipnya... :D

Posted: 21 Jul 2008, 10:55
by NGL
Syafik wrote:Thanks pak, mulanya mikirnya memang demikian sekaligus dari sudut artistiknya memang rounded wing ada di depan tapi waktu motong gak lihat posisi akhirnya kepotong aja... dan akhirnya ya sudah terlanjur.. apa sekalian dipotong lengkung juga yang depan juga ya biar full rounded wing tipnya... :D


Kalau mau gampang ya dibuat full rounded sekalian. Atau mau dibiarkan sebenarnya antik juga sih pak. Yang penting pada bagian sudut tip cukup kaku, sehingga tidak melendut pada saat load besar (akibat maneuver ataupun sudut serang besar) atau lendutan kira dan kanan cukup simetri.
Saat terbang dengan manuver tajam atau sudut besar, bila stabilitas gak masalah berarti masih ok.

Posted: 21 Jul 2008, 11:38
by Syafik
ok kalau gitu dibiarin aja deh... kalo dari segi ukuran cukup kecil dengan power yang cukup berlebih sehingga tidak begitu pengaruh rasanya...

Progres selanjutnya trawang akan dibuatkan fuselage yg tidak wayang lagi, sedikit scale lah... nanggung rasanya