Engine OS 46 Problem

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
Ravenchan
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 2844
Joined: 31 May 2007, 11:07
Location: M-E-D-A-N
Contact:

Post by Ravenchan »

hik hik hik... punya saya engine os46 juga dol kemarin.. apakah maksud pak Mukti dengan mengganti busi OS P6 yang memiliki diameter yang lebih besar dibanding dengan OS8, sehingga masih dapat menggunakan cylender head yang lama..dan hanya dibuat drat yang baru dengan tap tersebut?

Pak Newfly.. bagaimana dengan operasi engine os46nya? akhirnya cara apakah yang dipakai? mohon petunjuk... rencana sih.. mo dibawa ke tukang bubut.. ditambal dulu lalu dibuat ulir baru..kira2 bisa gak ya..

(akibat penguncian busi yang terlalu kuat.... )
User avatar
seasickers
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 183
Joined: 23 Jan 2007, 13:50
Location: Semarang
Contact:

Post by seasickers »

(akibat penguncian busi yang terlalu kuat.... )


Yah,..... itulah feeling harus jalan, termasuk di bidang kunci / ngerasin baut,
baut dol ataupun "slek" (baut gak pas tapi dipaksa) memeng sering terjadi apalagi blik mesin RC rata rata dari aluminium jadi rentan sekali masalah itu.
User avatar
Ravenchan
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 2844
Joined: 31 May 2007, 11:07
Location: M-E-D-A-N
Contact:

TOLONG... TOLONG..ENGINEKU

Post by Ravenchan »

setelah ulir engine OS46FX ku dol.. akhirnya engine ini kubuka dari pesawatku... kucoba dengan seal tape ke glow plugnya.. ternyata kurang kuat karena sisa ulir tidak bisa mengikat kuat lagi.. sesuai saran dari om Su31 dan om WR akhirnya kuputuskan ganti selinder head saja.. supaya lebih safety..
pada awalnya masih gak percaya dengan pengalaman dari om SU31 bahwa jika glowplug tidak kuat maka saat terjadi ledakan glowplug bisa terlempar.. lalu saya coba.. benar saja.. ledakan pertama langsung tuh glowplug mental keatas...
gak berani lagi... akhirnya saya putuskan... ganti head selinder dulu...
berbekal kunci L akhirnya kubongkar 6 baut pengikatnya..
maka jadilah seperti ini
Image
dan
Image

nah.. ada yang mau saya tanyakan..
1.apakah kepala piston yang hitam ini boleh diamplas supaya bersih dan kinclong kembali? Jika iya.. baiknya dengan cara apa?
2.apakah kepala piston yang bersih akan membuat engine lebih awet lagi dan kinerjanya semakin baik?
3.Biasanya yang dibongkar di engine mencakup apa saja?

Mohon maaf sebelumnya karena pertanyaan saya terlalu panjang... karena baru pertama kali bongkar mesin pesawat..

Terima kasih..
User avatar
Andreas Andri
Airman
Airman
Posts: 44
Joined: 26 Sep 2007, 14:53
Location: Tangerang

Post by Andreas Andri »

Kalau saya pakai cairan thinner untuk menghilangkan kerak/karbon, lumayan efektif dan tanpa menggunakan amplas...
User avatar
Andreas Andri
Airman
Airman
Posts: 44
Joined: 26 Sep 2007, 14:53
Location: Tangerang

Post by Andreas Andri »

kalau keraknya tebal bisa gunakan carburator cleanner (yang biasa buat ngebersihin kerak di karburator mobil, murah cuma 18 rb) tinggal semprot dan luntur sendiri.

P.Jai

Aman tidak ya?
User avatar
Ravenchan
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 2844
Joined: 31 May 2007, 11:07
Location: M-E-D-A-N
Contact:

Post by Ravenchan »

apakah penggunaannya hanya disemprot ke kepala piston tanpa diamplas lagi? begitu mudah.. yup.. aman gak pak Jai?
User avatar
su-31
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2507
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: TOLONG... TOLONG..ENGINEKU

Post by su-31 »

Ravenchan wrote:...
Image


..liat tuh betapa jorok engine nya..., coba dibersihin dikerik atau disikat...
Apa akibatnya?, iya engine nya bersih, tapi kompresinya bakal drop drastis..., hayo lho....

Itu lah akibat penggunaan CASTOR...
Gum and Varnish everywhere !.
Dan itu yg bikin seal di liner dan piston sehingga engine bertahan hingga kini.
Dan dijamin gak bakal ada karat...

Mau bersih ???
Jangan sekali kali pakai Castor..., pakailah Full Sintetis !.
Bakal mulus bisa seperti baru...
Tapi sampai berapa lama bertahan kompresinya..???

Kalo mau buktiin, ya siapin 2 engine sama, yg satu pelumas Castor, yg satunya lagi sintetis.
Jalanin sama2..., 2,3 thn kemudian bandingkan kompresinya...

jadi, pilihan ada di tangan abang... O:)
User avatar
su-31
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2507
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Post by su-31 »

urusan ulir busi dol itu...
kalo gak bisa bikin ulir baru yg "proper", jangan akal2an deh Hen.

Bahaya.., pls..safety safety & safety !!!
User avatar
Ravenchan
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 2844
Joined: 31 May 2007, 11:07
Location: M-E-D-A-N
Contact:

Post by Ravenchan »

su-31 wrote:urusan ulir busi dol itu...
kalo gak bisa bikin ulir baru yg "proper", jangan akal2an deh Hen.

Bahaya.., pls..safety safety & safety !!!


beres om Wis.. aku dah membuktikan sendiri perkataan om.. benar-benar kaget.. ledakan pertama saja sudah cukup mementalkan glowplugnya..
Kuputuskan ganti head selinder aja.. pakai yang safety aja..

untuk kepala piston itu..hmm.. jika dibersihkan kompresi akan berkurang... kalo begitu biarkan begitu sajalah... wong enginenya masih top perform.... engine ini akan kupakai dengan fuel castor.. melanjutkan tradisi sejak engine ini dilaunching..
Dah terbukti engine ini kuat sekali tenaganya..
User avatar
seasickers
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 183
Joined: 23 Jan 2007, 13:50
Location: Semarang
Contact:

Post by seasickers »

Andreas Andri wrote:Kalau saya pakai cairan thinner untuk menghilangkan kerak/karbon, lumayan efektif dan tanpa menggunakan amplas...


Pake "carbon remover" lebih mantab om asal jangan kena meterial dari karet serta kena tangan aja, dijamin semua kerak rontok tanpa bikin mesin cacat. Tanpa di amplas malahan.....
Post Reply

Return to “Engine”