Engine OS 46 Problem

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
newfly
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 219
Joined: 25 Jan 2007, 19:16
Location: Bekasi Selatan

Engine OS 46 Problem

Post by newfly »

Para Suhu dan Pakar aero yang saya hormati,
Mohon bantuan pecerahan mengenai Engine OS 46 SF yang dudukan businya sudah 'dol' ulirnya atau drat-nya . Jadi nggak mau dikencangkan lagi. Hal ini mengakibatkan kompresinya bocor dan terdengar suara berdesis dari celah busi. Saya sudah bawa ke tukang bubut dan baru dipakai sekali ulirnya 'dol' lagi. Saat ini saya sedang mencoba mengatasinya dengan memperkuat dudukan menggunakan lem besi dextonce. Apakah ini aman? atau ada cara lain yang jitu selain beli mesin baru....he..he... mohon pencerahannya.
Demikian, terima kasih.
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Cylinder Headnya saja dibelikan baru, Mas. Nggak usah ganti baru keseluruhan. Coba Anda tanyakan di Mas Agung SD Surabaya Hobby.
User avatar
seasickers
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 183
Joined: 23 Jan 2007, 13:50
Location: Semarang
Contact:

Re: Engine OS 46 Problem

Post by seasickers »

newfly wrote:...Saat ini saya sedang mencoba mengatasinya dengan memperkuat dudukan menggunakan lem besi dextonce. Apakah ini aman? ..


wah dextone gak tahan panas pak, kalo untuk nutup komresi aja masih bisa tapi kalo panas ya ntar retak trs pecah itu lem nya.

emang menurut saya solusi terbaik ganti cyl. head nya aja ato kalo mau experimen ya minta di tambah daging las pake las aluminium terus di bubut sesuai drat ulir nya.
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Dilas sih bisa tapi mengingat kecilnya yang mau dilas jangan2 malah jadi bulat kayak biji bearing.
User avatar
newfly
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 219
Joined: 25 Jan 2007, 19:16
Location: Bekasi Selatan

Post by newfly »

Saya sudah beberapa kali coba ke tukang bubut tapi hasilnya tidak memuaskan, malah yang terakhir cylinder headnya nggak bulat sehingga piston nggak seret banget bergeraknya.... Nampaknya harus ganti mesin nih...
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Ya, kalau yang lain masih baik saja kenapa harus ganti mesin? Dibelikan cylinder headnya saja Mas,lumayan selisihnya bisa buat beli parts yang lain.
User avatar
tn
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 974
Joined: 17 Jan 2007, 17:44
Location: seribu sungai (Banjarmasin)
Contact:

Post by tn »

coba ke pak Hani (0811318927)surabaya,saya biasa belanja part OS ke beliau
moga bisa membantu
User avatar
newfly
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 219
Joined: 25 Jan 2007, 19:16
Location: Bekasi Selatan

Post by newfly »

Ya... pak Dja'i nanti saya coba cari dan trim's pak Tn atas info-nya...
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Kalau engine OS spareparts banyak yang menyediakan, jadi nggak perlu risau.
User avatar
Mukti
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 215
Joined: 19 Jan 2007, 13:17
Location: Bekasi

Post by Mukti »

Saya belum pernah coba di Engine pesawat, tapi kayaknya bisa. Cari tap M8x0.75 dan Busi OS P6 (Busi Turbo untuk mobil RC) dan minta tolong tukang bubut untuk bikin ulirnya dengan tap tersebut (Atau kalau tukang bubutnya punya kita gak usah beli). Tapi tapnya jangan sampai tembus habis, sisakan bagian ujungnya agak tirus untuk dudukan ujung busi turbo yang juga tirus. Waktu pasang busi harus agak kencang biar gak bocor. Oh ya busi standard ulirnya ukuran UNEF 1/4-32 jadi lubang busi yang baru lebih besar.
Post Reply

Return to “Engine”