Cara memakai dan Merawat Lipo battery

Moderators: unding, ajo.naim

Post Reply
User avatar
Franky
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 144
Joined: 13 Mar 2007, 11:13
Location: Jakarta
Contact:

Post by Franky »

Bisa ga ya menciptakan mekanisme penambahan mAH dengan tegangan yg sama?
contohnya saya ada T-Rex dengan 1 buah batt 2200 mAh, lalu saya beli lagi 1 buah batt 2200 mAh yg baru, batt tsb mau di gabung dgn asumsi bisa jadi 4400 mAh (bisa main lbh lama) tapi tegangannya tetap di
11,1 V ? (cuma penasaran aja...)
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 13591
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

itu namanya 3s2p om.....bisa aja asal type dan merk batere sama, sebelum diparalel tentu semua sel mesti udah balance.
User avatar
nubli
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 149
Joined: 13 Apr 2007, 20:17
Location: Alor Star, Malaysia
Contact:

Post by nubli »

om franky... kalo sambungan 3s2p begitu terbangnya lebih lama, cuma beratnya bertambah..munkin pertambahan 150-200 gram. lalu konsumsi (mah) juga bertambah..... ada baik buruknya... selamat mencoba
User avatar
puturai
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 108
Joined: 28 Feb 2007, 17:20
Location: Jakarta

Post by puturai »

nah tuh udah di jawab sama om om senior yang lain.. yang jelas mempararelkan 3s1p dengan 3s1p kan jadinya 3s2p seperti yang om iwan21 bilang, bobotnya nambah jadi lebih berat seperti kata om nubli, ukuran juga 2kalinya :)
User avatar
DeVIN
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 887
Joined: 22 May 2007, 05:55
Location: Tasbi MEDAN
Contact:

Post by DeVIN »

@om Puturai, dan om2 lainnya,....

Sepertinya Lipo tewasnya kalau meledak deh, setelah itu berkurang banyak flight timenya (mis: biasa 10 menit jadi 3 menit aja, dan sangat panas), tapi kalo tewas karena over discharge ato votage drop <3v, belum tewas tuh om.

Saya pake Lipo Charger yang ada "repair function"-nya, yang akan "memperbaiki" sel yang drop dengan "halus" dan "ramah" serta "smart" dengan memakai JB1100-smart charger.

Ato bisa juga dengan "Blown-Up", hi3x, dengan "kasar" serta "bahaya", memakai charger 1A biasa aja dari konektor baterenya (jst, dean, bukan balance konektornya) selama 10 detik, naik voltasenya, baru pake Lipo Balanced Charger lagi. Kadang2 nggak berhasil om.
User avatar
GADUK
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 62
Joined: 21 Mar 2007, 22:54
Location: bjm
Contact:

Post by GADUK »

puturai wrote:
GADUK wrote:semalam wd sy masuk parit, salah satu selnya meletup dan mengeluarkan asap merk align 3 s, lalu yg meletup tsb saya ganti dg sel produk china,gimana....?


yah mungkin buat eksperimen kali ya om, tapi diusahakan dengan C yang sama semisal battery align 1800mah 20C, kalau bisa diusahakan mencari sel yang sama-sama 1800mah 20C juga tp kalau ngak ada yah tidak apa-apa hehe itu kan supaya seimbang saja =P~

tqu, mas putu buat masukannya aku dah cb dan ternyata batryku msh ttp oke.salam ya buat rekan2 dsn.
User avatar
Franky
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 144
Joined: 13 Mar 2007, 11:13
Location: Jakarta
Contact:

Post by Franky »

Thx juga buat om Iwan, om Nubli dan om Puturai... jadi nambah ilmu baru untuk di pelajari nih...
User avatar
odie
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 264
Joined: 06 Jul 2007, 00:43

Post by odie »

sekalian, mumpung pd ngomongin li-po, saya udah setahun lebih maen t-rex, dan udah gak keitung pula berapa kali saya gonta ganti li-po dari berbagai merk tentunya. rata2 yang saya pake 11.1 v 2200 mah, ada yang 15C, 18C, 20C. saya pake charger (with balancer tentunya) li-po merk prolux yang ada selector charge-ratenya (500mah, 1000mah, 2000mah).
pertanyaan utama saya adalah : emang bener ya semua li-po itu lama kelamaan jadi gendut? pengalaman saya, dari merk murah sampe yang mahal pun semua jadi gendut alias bunting. pasti semua bakal nyalahin saya salah ngecharge atau mainnya kelamaan. nggak at all!!
saya ngecharge sesuai C-nya, 2200mah pake charge rate 2A aman dong... (sesuai instruksi boss Aris Irsansaputra). l/k 45-50 menit ti li-po udah "jadi".
mainnya? saya selalu pake timer di TX saya under 7 menit. saya tau banget kalo li-po kepanasan bakal drop, jadi saya akhiri terbang dgn li-po yang anget2 aja, standar, gak panas. saya selalu check tiap abis main, balance per cell-nya (pake ammeter) : rata2 sih selalu balance. mis : 3.85-3.86-3.85. balance dong?
nah masalahnya, saya udah "tertib" gini memperlakukan li-po tapi kok dia masih bunting aja ya?
oya, spek heli saya (kali aja pengaruh) : BL motor 3550kv & esc 35A.
User avatar
Budiman
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1894
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

odie wrote:sekalian, mumpung pd ngomongin li-po, saya udah setahun lebih maen t-rex, dan udah gak keitung pula berapa kali saya gonta ganti li-po dari berbagai merk tentunya. rata2 yang saya pake 11.1 v 2200 mah, ada yang 15C, 18C, 20C. saya pake charger (with balancer tentunya) li-po merk prolux yang ada selector charge-ratenya (500mah, 1000mah, 2000mah).
pertanyaan utama saya adalah : emang bener ya semua li-po itu lama kelamaan jadi gendut? pengalaman saya, dari merk murah sampe yang mahal pun semua jadi gendut alias bunting. pasti semua bakal nyalahin saya salah ngecharge atau mainnya kelamaan. nggak at all!!
saya ngecharge sesuai C-nya, 2200mah pake charge rate 2A aman dong... (sesuai instruksi boss Aris Irsansaputra). l/k 45-50 menit ti li-po udah "jadi".
mainnya? saya selalu pake timer di TX saya under 7 menit. saya tau banget kalo li-po kepanasan bakal drop, jadi saya akhiri terbang dgn li-po yang anget2 aja, standar, gak panas. saya selalu check tiap abis main, balance per cell-nya (pake ammeter) : rata2 sih selalu balance. mis : 3.85-3.86-3.85. balance dong?
nah masalahnya, saya udah "tertib" gini memperlakukan li-po tapi kok dia masih bunting aja ya?
oya, spek heli saya (kali aja pengaruh) : BL motor 3550kv & esc 35A.


Mas Odie,

Apa kabarnya ne?...lama ga maen di ASAC ya?.. =P~ ..
Gini Mas..battery Lipo..baik Align ato merk yg laen..dgn spec. yg sama..
juga threatment yg sama dgn sampean.. juga mengalami hal yg sama.. battery jadi gendut.. lalu ada temen yg bilang...ditusuk pake jarum pentul.. tapi jangan sampe tembus ke dalam..cukup sampe di kulitnya aja..pertama saya ragu...wong battery gendut kok ditusuk...
Iseng2 saya coba jg krn penasaran.. saya tusuk sedikit pas di bagian yg gendut...ternyata yg keluar adalah gas(sambil diurut)...dan battery jadi ramping lagi..tapi hati2 melakukannya..jangan sampe kebablasan...malah rusak nanti cellnya...krn setau saya cell battery LiPo ini menggunakan semacam gell...

Well..lalu saya jadi inget dgn pelajaran sekolah dulu... battery jenis apa pun..baik dry cell battery ato battery yg cell nya menggunakan larutan asam(battery konvensional).. selalu menghasilkan gas pd waktu proses charging..maka dr itu disarankan selama proses charging..selalu dilakukan di tempat yg memiliki sirkulasi udara yg bagus..
Oh ya...saya tambahkan..gas yg dihasilkan oleh battery ini,sifatnya mudah meledak..oleh krn hati2 selama proses charging....

Demikian semoga bisa membantu.. =P~

salam,

budi
User avatar
Wind Raider
Administrator
Administrator
Posts: 4394
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Post by Wind Raider »

Jangan ditusuk pak .. berbahaya ... Kalau udah gembung yah di buang aja . Daripada resiko .
Misalnya Anda charge lagi ; gasnya keluar lewat lubang tersebut . Gas tsb gampang terbakar .
Saya pernah buka bat lipo ; isinya seperti lembaran 2 tipis dan elektrolit memang mirip gel .
Baterai Lipo yang murmer kebanyakan specsnya meragukan . Lagipula dari mana kita tahu itu benar atau tidak ..Lipo , imho, adalah produk yang belum sempurna tapi anehnya sudah boleh beredar .

p.s:
Ada yang pernah pakai Lipo lebih dari 6 bulan gak dengan kondisi yang masih bagus ?? Kalau ada tolong kasih cara maintainnya .
Post Reply

Return to “Battery & Charger”