Page 2 of 9
Posted: 31 May 2007, 10:22
by Franky
Bisa ga ya menciptakan mekanisme penambahan mAH dengan tegangan yg sama?
contohnya saya ada T-Rex dengan 1 buah batt 2200 mAh, lalu saya beli lagi 1 buah batt 2200 mAh yg baru, batt tsb mau di gabung dgn asumsi bisa jadi 4400 mAh (bisa main lbh lama) tapi tegangannya tetap di
11,1 V ? (cuma penasaran aja...)
Posted: 31 May 2007, 10:38
by iwan21
itu namanya 3s2p om.....bisa aja asal type dan merk batere sama, sebelum diparalel tentu semua sel mesti udah balance.
Posted: 31 May 2007, 12:28
by nubli
om franky... kalo sambungan 3s2p begitu terbangnya lebih lama, cuma beratnya bertambah..munkin pertambahan 150-200 gram. lalu konsumsi (mah) juga bertambah..... ada baik buruknya... selamat mencoba
Posted: 31 May 2007, 14:24
by puturai
nah tuh udah di jawab sama om om senior yang lain.. yang jelas mempararelkan 3s1p dengan 3s1p kan jadinya 3s2p seperti yang om iwan21 bilang, bobotnya nambah jadi lebih berat seperti kata om nubli, ukuran juga 2kalinya

Posted: 01 Jun 2007, 10:48
by DeVIN
@om Puturai, dan om2 lainnya,....
Sepertinya Lipo tewasnya kalau meledak deh, setelah itu berkurang banyak flight timenya (mis: biasa 10 menit jadi 3 menit aja, dan sangat panas), tapi kalo tewas karena over discharge ato votage drop <3v, belum tewas tuh om.
Saya pake Lipo Charger yang ada "repair function"-nya, yang akan "memperbaiki" sel yang drop dengan "halus" dan "ramah" serta "smart" dengan memakai JB1100-smart charger.
Ato bisa juga dengan "Blown-Up", hi3x, dengan "kasar" serta "bahaya", memakai charger 1A biasa aja dari konektor baterenya (jst, dean, bukan balance konektornya) selama 10 detik, naik voltasenya, baru pake Lipo Balanced Charger lagi. Kadang2 nggak berhasil om.
Posted: 01 Jun 2007, 12:57
by GADUK
puturai wrote:GADUK wrote:semalam wd sy masuk parit, salah satu selnya meletup dan mengeluarkan asap merk align 3 s, lalu yg meletup tsb saya ganti dg sel produk china,gimana....?
yah mungkin buat eksperimen kali ya om, tapi diusahakan dengan C yang sama semisal battery align 1800mah 20C, kalau bisa diusahakan mencari sel yang sama-sama 1800mah 20C juga tp kalau ngak ada yah tidak apa-apa hehe itu kan supaya seimbang saja

tqu, mas putu buat masukannya aku dah cb dan ternyata batryku msh ttp oke.salam ya buat rekan2 dsn.
Posted: 04 Jun 2007, 09:36
by Franky
Thx juga buat om Iwan, om Nubli dan om Puturai... jadi nambah ilmu baru untuk di pelajari nih...
Posted: 07 Jul 2007, 12:01
by odie
sekalian, mumpung pd ngomongin li-po, saya udah setahun lebih maen t-rex, dan udah gak keitung pula berapa kali saya gonta ganti li-po dari berbagai merk tentunya. rata2 yang saya pake 11.1 v 2200 mah, ada yang 15C, 18C, 20C. saya pake charger (with balancer tentunya) li-po merk prolux yang ada selector charge-ratenya (500mah, 1000mah, 2000mah).
pertanyaan utama saya adalah : emang bener ya semua li-po itu lama kelamaan jadi gendut? pengalaman saya, dari merk murah sampe yang mahal pun semua jadi gendut alias bunting. pasti semua bakal nyalahin saya salah ngecharge atau mainnya kelamaan. nggak at all!!
saya ngecharge sesuai C-nya, 2200mah pake charge rate 2A aman dong... (sesuai instruksi boss Aris Irsansaputra). l/k 45-50 menit ti li-po udah "jadi".
mainnya? saya selalu pake timer di TX saya under 7 menit. saya tau banget kalo li-po kepanasan bakal drop, jadi saya akhiri terbang dgn li-po yang anget2 aja, standar, gak panas. saya selalu check tiap abis main, balance per cell-nya (pake ammeter) : rata2 sih selalu balance. mis : 3.85-3.86-3.85. balance dong?
nah masalahnya, saya udah "tertib" gini memperlakukan li-po tapi kok dia masih bunting aja ya?
oya, spek heli saya (kali aja pengaruh) : BL motor 3550kv & esc 35A.
Posted: 07 Jul 2007, 14:36
by Budiman
odie wrote:sekalian, mumpung pd ngomongin li-po, saya udah setahun lebih maen t-rex, dan udah gak keitung pula berapa kali saya gonta ganti li-po dari berbagai merk tentunya. rata2 yang saya pake 11.1 v 2200 mah, ada yang 15C, 18C, 20C. saya pake charger (with balancer tentunya) li-po merk prolux yang ada selector charge-ratenya (500mah, 1000mah, 2000mah).
pertanyaan utama saya adalah : emang bener ya semua li-po itu lama kelamaan jadi gendut? pengalaman saya, dari merk murah sampe yang mahal pun semua jadi gendut alias bunting. pasti semua bakal nyalahin saya salah ngecharge atau mainnya kelamaan. nggak at all!!
saya ngecharge sesuai C-nya, 2200mah pake charge rate 2A aman dong... (sesuai instruksi boss Aris Irsansaputra). l/k 45-50 menit ti li-po udah "jadi".
mainnya? saya selalu pake timer di TX saya under 7 menit. saya tau banget kalo li-po kepanasan bakal drop, jadi saya akhiri terbang dgn li-po yang anget2 aja, standar, gak panas. saya selalu check tiap abis main, balance per cell-nya (pake ammeter) : rata2 sih selalu balance. mis : 3.85-3.86-3.85. balance dong?
nah masalahnya, saya udah "tertib" gini memperlakukan li-po tapi kok dia masih bunting aja ya?
oya, spek heli saya (kali aja pengaruh) : BL motor 3550kv & esc 35A.
Mas Odie,
Apa kabarnya ne?...lama ga maen di ASAC ya?..

..
Gini Mas..battery Lipo..baik Align ato merk yg laen..dgn spec. yg sama..
juga threatment yg sama dgn sampean.. juga mengalami hal yg sama.. battery jadi gendut.. lalu ada temen yg bilang...ditusuk pake jarum pentul.. tapi jangan sampe tembus ke dalam..cukup sampe di kulitnya aja..pertama saya ragu...wong battery gendut kok ditusuk...
Iseng2 saya coba jg krn penasaran.. saya tusuk sedikit pas di bagian yg gendut...ternyata yg keluar adalah gas(sambil diurut)...dan battery jadi ramping lagi..tapi hati2 melakukannya..jangan sampe kebablasan...malah rusak nanti cellnya...krn setau saya cell battery LiPo ini menggunakan semacam gell...
Well..lalu saya jadi inget dgn pelajaran sekolah dulu... battery jenis apa pun..baik dry cell battery ato battery yg cell nya menggunakan larutan asam(battery konvensional).. selalu menghasilkan gas pd waktu proses charging..maka dr itu disarankan selama proses charging..selalu dilakukan di tempat yg memiliki sirkulasi udara yg bagus..
Oh ya...saya tambahkan..gas yg dihasilkan oleh battery ini,sifatnya mudah meledak..oleh krn hati2 selama proses charging....
Demikian semoga bisa membantu..
salam,
budi
Posted: 08 Jul 2007, 00:57
by Wind Raider
Jangan ditusuk pak .. berbahaya ... Kalau udah gembung yah di buang aja . Daripada resiko .
Misalnya Anda charge lagi ; gasnya keluar lewat lubang tersebut . Gas tsb gampang terbakar .
Saya pernah buka bat lipo ; isinya seperti lembaran 2 tipis dan elektrolit memang mirip gel .
Baterai Lipo yang murmer kebanyakan specsnya meragukan . Lagipula dari mana kita tahu itu benar atau tidak ..Lipo , imho, adalah produk yang belum sempurna tapi anehnya sudah boleh beredar .
p.s:
Ada yang pernah pakai Lipo lebih dari 6 bulan gak dengan kondisi yang masih bagus ?? Kalau ada tolong kasih cara maintainnya .