GL dan Rex

Moderators: Syafik, ferry, medy, thom45

Post Reply
User avatar
suprayitno
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2370
Joined: 12 Mar 2008, 10:05
Location: Sidoarjo

Post by suprayitno »

Tail drive gear sudah di ganti dengan punya TREX. Tetapi kendalanya stoper pinion Trex agak kepanjangan. Jadi posisi pinion ke autorotation gear ndak bisa lurus, ada selisih kurang lebih 1mm. Solusinya lubang bearing brecket bagian bawah harus di Oval kurang lebih 1mm, agar AR Gear dan pinion drive gear bisa lurus. (Belum saya lakukan).
Tadi pagi sudah saya coba lagi, langsung maknyus. Meskipun selisih 1mm.
Kesimpulannya puley bawaan kit yang tidak senter menyebabkan timing belt vibrasi, bisa jadi pada kecepatan tertentu timeng velt bersinggungan akibat vibrasi yang tinggi. Sama kalau kita naik mobil yang steernya semi. Pada kecepatan tertentu getaran steer keras, setelah melewati kecepatan tertentu getaran jadi hilang.
Mungkin begitu kali ya?
Hehehe
User avatar
Budiman
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1894
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

suprayitno wrote:Tail drive gear sudah di ganti dengan punya TREX. Tetapi kendalanya stoper pinion Trex agak kepanjangan. Jadi posisi pinion ke autorotation gear ndak bisa lurus, ada selisih kurang lebih 1mm. Solusinya lubang bearing brecket bagian bawah harus di Oval kurang lebih 1mm, agar AR Gear dan pinion drive gear bisa lurus. (Belum saya lakukan).
Tadi pagi sudah saya coba lagi, langsung maknyus. Meskipun selisih 1mm.
Kesimpulannya puley bawaan kit yang tidak senter menyebabkan timing belt vibrasi, bisa jadi pada kecepatan tertentu timeng velt bersinggungan akibat vibrasi yang tinggi. Sama kalau kita naik mobil yang steernya semi. Pada kecepatan tertentu getaran steer keras, setelah melewati kecepatan tertentu getaran jadi hilang.
Mungkin begitu kali ya?
Hehehe


Ok sip,Pak Prayit..sekarang tinggal heli nya diwolak-walik...biar gak gosong ...hehehehehhe...saya ikut senenglah..

salam,

Budi
User avatar
suprayitno
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2370
Joined: 12 Mar 2008, 10:05
Location: Sidoarjo

Post by suprayitno »

Budiman wrote:
suprayitno wrote:Tail drive gear sudah di ganti dengan punya TREX. Tetapi kendalanya stoper pinion Trex agak kepanjangan. Jadi posisi pinion ke autorotation gear ndak bisa lurus, ada selisih kurang lebih 1mm. Solusinya lubang bearing brecket bagian bawah harus di Oval kurang lebih 1mm, agar AR Gear dan pinion drive gear bisa lurus. (Belum saya lakukan).
Tadi pagi sudah saya coba lagi, langsung maknyus. Meskipun selisih 1mm.
Kesimpulannya puley bawaan kit yang tidak senter menyebabkan timing belt vibrasi, bisa jadi pada kecepatan tertentu timeng velt bersinggungan akibat vibrasi yang tinggi. Sama kalau kita naik mobil yang steernya semi. Pada kecepatan tertentu getaran steer keras, setelah melewati kecepatan tertentu getaran jadi hilang.
Mungkin begitu kali ya?
Hehehe


Ok sip,Pak Prayit..sekarang tinggal heli nya diwolak-walik...biar gak gosong ...hehehehehhe...saya ikut senenglah..

salam,

Budi


Belum berani bolak-balik pak, masih orientasi dulu terutama orientasi rudder yang ternyata terbalik, figur eight saja masih belepotan, biar comfort dulu. Soalnya latihan terakhir kurang lebih 8 bulan lalu progressnya masih belajar invert Setelah crash akhirnya putus asa dan main pesawat sampai skrg.
Kadang juga terlintas untuk nyoba flip's soalnya kalau di simulator sudah jago. Tapi tahan dulu dah, jantung dag dig dug.
he he he,...
Salam
Prayit.
User avatar
Budiman
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1894
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

suprayitno wrote:
Budiman wrote:
suprayitno wrote:Tail drive gear sudah di ganti dengan punya TREX. Tetapi kendalanya stoper pinion Trex agak kepanjangan. Jadi posisi pinion ke autorotation gear ndak bisa lurus, ada selisih kurang lebih 1mm. Solusinya lubang bearing brecket bagian bawah harus di Oval kurang lebih 1mm, agar AR Gear dan pinion drive gear bisa lurus. (Belum saya lakukan).
Tadi pagi sudah saya coba lagi, langsung maknyus. Meskipun selisih 1mm.
Kesimpulannya puley bawaan kit yang tidak senter menyebabkan timing belt vibrasi, bisa jadi pada kecepatan tertentu timeng velt bersinggungan akibat vibrasi yang tinggi. Sama kalau kita naik mobil yang steernya semi. Pada kecepatan tertentu getaran steer keras, setelah melewati kecepatan tertentu getaran jadi hilang.
Mungkin begitu kali ya?
Hehehe


Ok sip,Pak Prayit..sekarang tinggal heli nya diwolak-walik...biar gak gosong ...hehehehehhe...saya ikut senenglah..

salam,

Budi


Belum berani bolak-balik pak, masih orientasi dulu terutama orientasi rudder yang ternyata terbalik, figur eight saja masih belepotan, biar comfort dulu. Soalnya latihan terakhir kurang lebih 8 bulan lalu progressnya masih belajar invert Setelah crash akhirnya putus asa dan main pesawat sampai skrg.
Kadang juga terlintas untuk nyoba flip's soalnya kalau di simulator sudah jago. Tapi tahan dulu dah, jantung dag dig dug.
he he he,...
Salam
Prayit.


Gampang,Pak...pelan2 aja dulu..ga perlu buru2...ng-flip itu mudah..nanti sampean juga akan berani,karena di simulator udah bisa...lalu..orientasi heli..jangan berpedoman pada tail rotor,acuan tetap pada hidung dan rotor disc si GL,Pak...mau posisi apapun..orientasi pada dua hal itu aja...

salam,

Budi
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Mas Prayit kalau simulator jago pasti tidak sulit di realnya... tapi harus dibiasakan dulu orienatasinya...

Kapan nih bisa terbang bareng lagi JD... atau nunggu yang dilaut turun kedarat dulu, wah kelamaan dong :D
User avatar
suprayitno
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2370
Joined: 12 Mar 2008, 10:05
Location: Sidoarjo

Post by suprayitno »

Syafik wrote:Mas Prayit kalau simulator jago pasti tidak sulit di realnya... tapi harus dibiasakan dulu orienatasinya...

Kapan nih bisa terbang bareng lagi JD... atau nunggu yang dilaut turun kedarat dulu, wah kelamaan dong :D


Ya om Syafik, sementara terbang sopan dulu, terbang kesana kemari, sambil melatih jantung agar tidak terlalu berdebar. Soalnya kalau sudah begitu jempol jadi ikut berdebar pula =P~ =P~ =P~
User avatar
suprayitno
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2370
Joined: 12 Mar 2008, 10:05
Location: Sidoarjo

Post by suprayitno »

Dengan GL, Nose in sudah lumayan agak tenang helinya, meskipun jempol masih bergidig. Pinginya di foto dari samping kayak sedang komunikasi dengan heli, terus dicetak besar tempel di dinding keren kali ya. =P~
Sementara terbang sopan kesana kemari sambil mengembalikan refleks jempol. Padahal dari dulu refleks jempolnya jelek hik's. #-o
User avatar
Budiman
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1894
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

suprayitno wrote:Dengan GL, Nose in sudah lumayan agak tenang helinya, meskipun jempol masih bergidig. Pinginya di foto dari samping kayak sedang komunikasi dengan heli, terus dicetak besar tempel di dinding keren kali ya. =P~
Sementara terbang sopan kesana kemari sambil mengembalikan refleks jempol. Padahal dari dulu refleks jempolnya jelek hik's. #-o


Wah kalo gitu bentar lagi helinya nose in inverted dlm waktu dekat ini..hehehehe..

salam,

Budi
User avatar
Adnan_Mokodompit
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 225
Joined: 05 Aug 2008, 19:53
Location: Manado

Post by Adnan_Mokodompit »

mantab om suprayitno...
semanat terus... semoga cepat jadi nose in invertednya... =D>
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

cepet bagnet progresnya langsung nosein... bakalan ada pilot 3D lagi nih di JD
Post Reply

Return to “SURABAYA”