Page 3 of 4

Posted: 04 Jan 2008, 00:17
by beta_james
seasickers wrote:
Andreas Andri wrote:Kalau saya pakai cairan thinner untuk menghilangkan kerak/karbon, lumayan efektif dan tanpa menggunakan amplas...


Pake "carbon remover" lebih mantab om asal jangan kena meterial dari karet serta kena tangan aja, dijamin semua kerak rontok tanpa bikin mesin cacat. Tanpa di amplas malahan.....


Biasanya beli dimana " carbon removernya " Om........

Posted: 04 Jan 2008, 08:14
by Andreas Andri
Ada yang bilang pakai "Carbo Jets", biasa digunakan di bengkel resmi honda untuk menghilangkan kerak di piston dan klep mobil honda, tapi cukup mahal, di honda sendiri harganya perkalengnya 75 ribu (berbentuk cairan foam).


betul pak mendingan pakai yang sintetik, sudah terbukti bersih.

kalau saya setiap habis 5 tank fuel langsung saya bongkar head-nya, biasanya masih kuning jadi mudah dibersihkan.

Posted: 05 Jan 2008, 20:29
by Ravenchan
wah.. bang andreas.. setiap 5 tanki bongkar headnya? emangnya tuh mesin terpasang di pesawat apa? kok bisa mudah untuk bongkar pasangnya.. kalo trainer sih mudah ... apakah jika sering dibongkar demikian tidak akan merubah kompresi engine?

Posted: 07 Jan 2008, 08:39
by Andreas Andri
Pesawatnya seagull pak, menurut saya sering bongkar head tidak mengurangi kompresi, yang penting gasketnya di monitor kualitasnya..

Re: Engine OS 46 Problem

Posted: 22 Jan 2008, 07:28
by Pitra Ratulangi
newfly wrote:Para Suhu dan Pakar aero yang saya hormati,
Mohon bantuan pecerahan mengenai Engine OS 46 SF yang dudukan businya sudah 'dol' ulirnya atau drat-nya . Jadi nggak mau dikencangkan lagi. Hal ini mengakibatkan kompresinya bocor dan terdengar suara berdesis dari celah busi. Saya sudah bawa ke tukang bubut dan baru dipakai sekali ulirnya 'dol' lagi. Saat ini saya sedang mencoba mengatasinya dengan memperkuat dudukan menggunakan lem besi dextonce. Apakah ini aman? atau ada cara lain yang jitu selain beli mesin baru....he..he... mohon pencerahannya.
Demikian, terima kasih.


Mas Newfly...sy pernah mengalami pengalaman yg sama , lalu di bawah ke tukang bubut aluminium memang hasilnya engine bisa hidup tapi susah dapat idle alias harus thortle tinggi terus serta engine jadi panas ...mungkin karena tukang bubutnya belum paham detailnya kali, akhirnya hitung-hitung tidak jauh berbeda dgn beli baru al hasil pilihan terakhir beli cylinder head yg baru.

Posted: 22 Jan 2008, 07:58
by kresna
Ravenchan wrote:wah.. bang andreas.. setiap 5 tanki bongkar headnya? emangnya tuh mesin terpasang di pesawat apa? kok bisa mudah untuk bongkar pasangnya.. kalo trainer sih mudah ... apakah jika sering dibongkar demikian tidak akan merubah kompresi engine?

Bongkar mesin (bersihkan ataupun ganti part) justru mesin menjadi lebih joss .... para pemain RC car malah sering sekali bongkar pasang mesin, setiap habis race pasti bongkar mesin.

Posted: 03 Jul 2008, 19:17
by Abi Ghiffa
Saya juga pernah bongkar sekali, tapi sejak pak SU-31 bilang, "mesinnya jangan diubah settingannya dah bagus" jadi enggan bongkar2 lagi, gak tau ntar kalo dah jam terbang tinggi mungkin banyak kerak ya harus dibersihin :D

Posted: 03 Jul 2008, 19:41
by AgoesAurelz
Sebenarnya ada tips supaya mesin biar tidak mudah berkerak... setiap habis main (idealnya) harus disemprot after run oil... atau kalo ngga ada bisa juga disemprot WD-40 di lubang cylinder kopnya, cukup 3-4 kali burst.. kemudian mesin disetater (tanpa glowheater) kira-kira 2-3detik aja... dijamin mesin lebih bersih dan fit.. Jangan terlalu sering bongkar/pasang mesin... [-X kecuali kalo anda yakin mesin bener2 kotor..

Posted: 04 Jul 2008, 08:51
by justinus
Saya lebih suka terbang daripada bongkar mesin. Kayak pak Wisnu. Mesin saya tahunan gak pernah saya bongkar kalau gak ada problem.

Posted: 04 Jul 2008, 13:56
by Syafik
Apalagi yang gak ngerti mesin kaya saya... yg penting pake... hehehe