Page 3 of 5
Posted: 16 Jun 2007, 05:42
by sudjai sarmo
Posted: 24 Jun 2007, 21:43
by Yudha
Terbukti sudah, sayap WD yang dilapisin lakban bening memang ampuh, sudah berkali2 crash tapi wingnya ngga apa2
Manuver tidak ada masalah
Thanks om djai atas masukannya

Posted: 25 Jun 2007, 07:12
by sudjai sarmo
Itulah minimalis realistis, tetapi kalau penjual biasanya menyarankan jangan dilapisi apapun yang tentunya sama saja dengan biar daganganku laku, he he he .
Posted: 25 Dec 2007, 23:13
by bayukaze
Daripada membuat topik baru, mendingan melanjutkan thread ini berhubung masih satu keluarga: klan WD.
kita tampilnya....

MEMBUAT AILERON DENGAN TALI SKUR DAN SATU MINI SERVO ...
maksudnya biar ringan (ringan di kantong&AUW) merencanakan dengan satu servo. tiba2 dpt wangsit membuat pegangan skur bentuk "Y".
dudukannya menggunakan mika simCard, ditempel ke sayap dgn doubletape.
ditali kawat dan sedikit lem CA
pandangan atas. agak blur (bukan RedBlur)
KET:
-engsel menggunakan plastik mika tebal (lebih tebal dari transparansi OHP), @lebar 2cm, satu sisi @ 3 engsel.
-skur hitam masing2 sepanjang 18 cm
-mengunakan kawat gitar listrik no.3
-hasil coba terbang ternyata gerakan gimbal aileron tidak signifikan menggoyangkan pesawat. (a.k.a. gagal)
-analisa: mungkinkah gerakannya kurang maksimal, misalnya lengan servo dibuat agak panjang agar pitch aileron bisa lebih lebar? atau keberatan engsel?
Suhu, expert dan semuanya.... masukan welcome...
Posted: 25 Dec 2007, 23:20
by dion
heuheuhu tak pikir sudah sukses mulus ....
ternyata..........
apa mungkin itu kurang flexi ... engselnya
Posted: 25 Dec 2007, 23:27
by bayukaze
dion wrote:heuheuhu tak pikir sudah sukses mulus ....
ternyata..........
apa mungkin itu kurang flexi ... engselnya
mangkanya minta petunjuk para suhu disini. tapi setidaknya sudah mencoba walaupun..hmm.. engh, ...gagal.
geraknya sih bisa. tapi waktu terbang diatas, si WD gak bisa miring mengikuti gimbal/stik nya
Posted: 25 Dec 2007, 23:29
by kucing
kalau bisa foto sayap full biar keliatan dan sekalian ukur lebar dan panjang aileron yg dibikin, atau mungkin kawat penarik seret ndak?ama pergerakan engselnya berat atau ndak?
Posted: 26 Dec 2007, 00:04
by bayukaze
kucing wrote:kalau bisa foto sayap full biar keliatan dan sekalian ukur lebar dan panjang aileron yg dibikin, atau mungkin kawat penarik seret ndak?ama pergerakan engselnya berat atau ndak?
Siap Om, ini gambarnya. tidak bisa full size gak cukup viewnya. harap maklum.
kawat penarik dipastikan tidak seret, lancar sekali. pergerakan engsel itu yang sulit dinilai berat/tidaknya karena tidak ada pembandingnmya. kalau dibandingkan rudder standar kira2 lebih enteng rudder.
Posted: 26 Dec 2007, 08:13
by Ravenchan
servo eskynya yang brp gr bang? kalo bisa diatas 9gr supaya torsinya lebih kuat dibanding yang 5gr.. sepertinya membuat aeleron dengan satu servo sudah pernah ditampilkan bang Irvan Flytosky.. dengan memakai lengan servo kiri kanan menarik pushrod di kiri kanan.. lebih efektif bang..
yang kedua mungkin bagian aeleron yang dipotong kurang panjang...
Posted: 26 Dec 2007, 08:19
by iwan21
Pertanyaan saya sama dg om Kucing,
1. apakah panjang aileron sepanjang sayap ?
2. apakah lebar aileron ada 5 cm ?.
3. apakah pergerakan aileron (keatas dan kebawah) masing2 ada 1 cm ?
kalo ketiga ukuran diatas kurang, aileron kan kurang efektif, karena WD terkenal stabil dan enggak gampang stall
4. horn yg dipasang pake double tape itu yg buat ngiket tali skur apa yg terpasang di aileron ya ?, kalo yg di aileron mestinya di lem aja karena double tape gampang lepas