Page 4 of 10

Posted: 07 May 2008, 15:31
by Syafik
Pak Iwan... bukan disitu posisi linkage aileronnya...

posisinya ada dibelakang penahan 2 wing... ini fotonya, blm dikasih kawat/carbon

Image

Posted: 07 May 2008, 16:01
by x wing
waaahhh ini baru orang design beneran nih.. MANTAB dan CANTIK :-)

tinggal maiden nya aja ya :-)

Posted: 07 May 2008, 16:31
by joko
iwan21 wrote:mungkin gini om ngakalinya,
1. Horn kearah pushrod servo tetep deket engsel/hinge
2. posisi horn linkage di trailelng edge ( baik atas maupun bawah)
3. lebar aileron dipastikan sama

maka mestinya gerakan aileron atas bawah jaraknya akan sama


No.1 = saya benar
2 = saya salah
3 = Mungkin saya benar, kalau pas motongnya, tangan gak gemeter...he..he...he...

Wah..3 pertanyaan yg benar cuman 1,5 nilainya 50 dong, wah gak lulus UAN nih aye...

Trims Om Iwan...

Kalau ngeliat gambarnya Om Syafik 100% benar !!! Nilainya pun 100 !!! :smt023 :smt023 :smt023


Image[/quote]

Posted: 07 May 2008, 16:40
by iwan21
Syafik wrote:Pak Iwan... bukan disitu posisi linkage aileronnya...

posisinya ada dibelakang penahan 2 wing... ini fotonya, blm dikasih kawat/carbon

Image


wah salah liat..hi hi hi hi hi..habis digambar itu ada kliatan garis tipis kawat sih.............. 8-[

Posted: 08 May 2008, 09:35
by Syafik
x wing wrote:waaahhh ini baru orang design beneran nih.. MANTAB dan CANTIK :-)

tinggal maiden nya aja ya :-)

Hehehehe... bisa aja om, iya nih jadi agak kuatir dibagus2in deg2an apa bisa terbang gak ya...

Posted: 08 May 2008, 09:46
by Syafik
joko wrote:Trims Om Iwan, atas penerawangannya...

Problem yg acapkali saya alami ya menghubungkan 2 bilah aileron itu...
Entah itu besaran gerakannya tdk sama (yg atas dan bawah), atau melengkung kawat.. (bisa sih klo pake kawat gedean dikit...tapi timbulnya berat + ribet)

Tampak belakang

Image


Saya ikut nambahi ya... kalau saya lihat linkage antara 2 aileron itu menyebabkan sudut gerakan aileron gak sama karena posisi pushrod yang menghubungkan 2 aileron yang atas dan bawah tidak sama, yang atas ada diujung ail, yang bawah ada deket hinge... jadi logikanya bila aileron atas digerakkan setengah maka aileron yang bawah akan bergerak dg sudut lebih besar karena posisi pushrodnya di deket hinge... harusnya posisi atas bawah di ukuran yang sama dari jarak poros/hinge... demikian pak Joko

Posted: 08 May 2008, 10:17
by sevenslidegrills
Klo om syafik urusan motong memotong mah lancar2 aja. Gak pake penggaris juga bakal lurus. namanya juga rang desain....... Bengkoknya saat bikin garis justru jadi seni.
Hehehehehehe....

Posted: 08 May 2008, 11:01
by ardian
wah om syafik ini maemnya apa ya ? ?? motongnya kaya mesin aja...bisa mulus pisan...om bagi2 ilmu potong memotongnya om..

Posted: 08 May 2008, 11:01
by joko
Trims Om Syafik...

Entar tak perbaiki sistem aileronnya deh..thanks a lot suhu-suhu...

Posted: 08 May 2008, 13:52
by Syafik
Akhirnya selesai juga... Semoga sabtu atau minggu ini bisa maiden, doakan ya sukses

sedikit dipoles dan painting hasilnya seperti ini... (masih blm dipasang servo rod)

Side view...

Image

Front view

Image

Top view

Image

Bottom view

Image

Perspective view

Image

Pemasangan Front Landing Gear dan battery mount (sudah dites balance CG posisi ini pas...)

Image