Page 4 of 7

Posted: 13 Oct 2008, 11:24
by jedx
nice moment captured...
btw harus ati2 juga..
untung foamy.. lha kalo pesawat engine, meski pusher config.. ya tetep benjol segedhe jengkol hehehe

Posted: 13 Oct 2008, 12:53
by NF
waduh................itu or-tu nya ga komplen ?
memang betul kita harus hati hati , tapi kalo masih ada 'force majeur' (kok kaya paketan saja)......yah........penonton juga harus tahu diri
kalo masih lebam saja untunglah............but, don't worry + patah semangat om hery..................go ahead........

Posted: 13 Oct 2008, 14:33
by Charles
Kalau melihat kasus tersebut sih, kaya'nya om Hery sudah hati-hati, tapi penontonnya yang gak hati-hati.

Posted: 13 Oct 2008, 14:46
by Syafik
salut bagnet dg pswtnya om hery... apalagi catnya persis dengan model aslinya...

Posted: 13 Oct 2008, 20:58
by antonius bima
Image

om Hery...nah ini cessna saya tapi bentuknya jauh dari mirip (kotak2 lagi..he..he..he)....sorry saya salah....pesawat saya sayapnya pake KF bawah......

Posted: 14 Oct 2008, 02:07
by fajar
antonius bima wrote:Image

om Hery...nah ini cessna saya tapi bentuknya jauh dari mirip (kotak2 lagi..he..he..he)....sorry saya salah....pesawat saya sayapnya pake KF bawah......


dah inget lagi ya pass photobucketnya oom?? hehehehe

Posted: 14 Oct 2008, 02:43
by hery_s
fajar wrote:mantaap oom heri kreasi tiada henti....maaf nich oom sedikit masukan...saya juga pernah buat bronco type pusher sampe 4x semuanya enak, menurut saya karakter terbangnya pasti sama dengan pesawat yang oom heri buat...pengalaman rog pertama saya emang cukup panjang....sekitar 20 meteran tapi sekalinya naik langsung mendongak sekitar 50[sup]o[/sup] ke atas...seperti kaget...namun bisa saya akali dengan menggabungkan fungsi aileron dengan flap, menjadi flaperon yang kita gunakan pada saat rogging, dengan mengaktifkan fungsi flaperon maka saya bisa:

- menambah daya lift pesawat
- membuat pesawat menjadi lebih pendek roggingnya dan;
- pesawat dapat take-off dan landing dengan lebih smooth

mungkin masukan saya ini bisa oom heri coba thanks!


TX saya masih yang murahan om , nggak ada fungsi flaperon,yang ada mix elevon, mengacu pada " minimalis realistis " akan saya coba akali remote saya jadi tambahan flap dengan memanfaatkan channel 4 (rudder) karena nggak kepake, sayang nggak difungsikan.
:bow: :bow: :bow: buat teman-2 sesama grage, masukannya semua sangat berharga.

Posted: 14 Oct 2008, 03:09
by fajar
hery_s wrote:
fajar wrote:mantaap oom heri kreasi tiada henti....maaf nich oom sedikit masukan...saya juga pernah buat bronco type pusher sampe 4x semuanya enak, menurut saya karakter terbangnya pasti sama dengan pesawat yang oom heri buat...pengalaman rog pertama saya emang cukup panjang....sekitar 20 meteran tapi sekalinya naik langsung mendongak sekitar 50[sup]o[/sup] ke atas...seperti kaget...namun bisa saya akali dengan menggabungkan fungsi aileron dengan flap, menjadi flaperon yang kita gunakan pada saat rogging, dengan mengaktifkan fungsi flaperon maka saya bisa:

- menambah daya lift pesawat
- membuat pesawat menjadi lebih pendek roggingnya dan;
- pesawat dapat take-off dan landing dengan lebih smooth

mungkin masukan saya ini bisa oom heri coba thanks!


TX saya masih yang murahan om , nggak ada fungsi flaperon,yang ada mix elevon, mengacu pada " minimalis realistis " akan saya coba akali remote saya jadi tambahan flap dengan memanfaatkan channel 4 (rudder) karena nggak kepake, sayang nggak difungsikan.
:bow: :bow: :bow: buat teman-2 sesama grage, masukannya semua sangat berharga.


siaaap ditunggu reportnya oom...semoga berhasil dan goodluck!

Posted: 14 Oct 2008, 08:40
by antonius bima
fajar wrote:dah inget lagi ya pass photobucketnya oom?? hehehehe


tau aja deh om Fajar......

Posted: 15 Oct 2008, 16:44
by hery_s
fajar wrote:
hery_s wrote:
fajar wrote:mantaap oom heri kreasi tiada henti....maaf nich oom sedikit masukan...saya juga pernah buat bronco type pusher sampe 4x semuanya enak, menurut saya karakter terbangnya pasti sama dengan pesawat yang oom heri buat...pengalaman rog pertama saya emang cukup panjang....sekitar 20 meteran tapi sekalinya naik langsung mendongak sekitar 50[sup]o[/sup] ke atas...seperti kaget...namun bisa saya akali dengan menggabungkan fungsi aileron dengan flap, menjadi flaperon yang kita gunakan pada saat rogging, dengan mengaktifkan fungsi flaperon maka saya bisa:

- menambah daya lift pesawat
- membuat pesawat menjadi lebih pendek roggingnya dan;
- pesawat dapat take-off dan landing dengan lebih smooth

mungkin masukan saya ini bisa oom heri coba thanks!


TX saya masih yang murahan om , nggak ada fungsi flaperon,yang ada mix elevon, mengacu pada " minimalis realistis " akan saya coba akali remote saya jadi tambahan flap dengan memanfaatkan channel 4 (rudder) karena nggak kepake, sayang nggak difungsikan.
:bow: :bow: :bow: buat teman-2 sesama grage, masukannya semua sangat berharga.


siaaap ditunggu reportnya oom...semoga berhasil dan goodluck!


PROGRESS HARI KE 4....

Hari ini saya coba modif TX standart saya eks wilga 2000, 4 channel ( ada fungsi elevon ) dirubah menjadi fungsi " flaperon "
karena channel 4 rudder jarang dipake , jadinya rudder dipindahkan ke fungsi elevator, fungsi elevator dipakai buat flap ( dip switch mix chanel 1 dan 2 on ).

urut-2 an chanel pada RX sbb :

Channel 1 = fungsi aileron (disambung pada servo aileron kiri )
Channel 2 = fungsi flap ( disambung pada servo aileron kanan )
Channel 3 = fungsi throtlle ( ke ESC )
Channel 4 = fungsi elevator ( ke elevator )

keuntungannya :
besar sudut flap bisa diatur up/down sesuai kebutuhan

modif yg dilakukan pada TX standart sbb :

1. lepas potensiometer channel 4 untuk gerakan rudder ( solderan kabel jangan dilepas )
2. lepas potensiometer channel 2 untuk gerakan elevator
3. pasang potensiometer dari channel 4 yg sdh dibuka tadi ke tempat potensiometer channel 2
4. potensiometer channel 2 dipasang di bagian lain TX, dan dipasang knob potensio sehingga dapat di ajusdt dari luar ( posisi normal kedudukan knob
potensio pada center )
5. Pasang saklar toglle di bagian yg dikehendaki , fungsinya untuk flap pada saat akan take off dan landing, 2 kabel pada saklar dipararel dengan dua
kabel pada potensiometer ( 1 ke bagian tengah, 1 kebagian pinggir. potensio ada 3 kabel )
6. TX siap digunakan........dapat dipakai untuk pesawat dg fungsi elevon, flaperon, atau tanpa kedua fungsi tsb.
7. Tidak perlu mengeluarkan biaya yg mahal , cukup beli saklar toggle, jadi deh TX sesuai kebutuhan kita.....

saya sudah coba pada cessna 337 dan hasilnya sangat memuaskan..

Selamat mencoba.......

TX standar saya.

Image

setelah modifikasi......

Image

saklar flap....

Image


knob ajust sudut flap.....


Image

potensio channel 4 yg dilepas

Image

pemasangan knob potensio.

Image

2 bh kabel dari saklar flap yang dipararel dg kabel di potensiometer channel 2

Image

:bow: :bow: :bow: