fajar wrote:hery_s wrote:fajar wrote:mantaap oom heri kreasi tiada henti....maaf nich oom sedikit masukan...saya juga pernah buat bronco type pusher sampe 4x semuanya enak, menurut saya karakter terbangnya pasti sama dengan pesawat yang oom heri buat...pengalaman rog pertama saya emang cukup panjang....sekitar 20 meteran tapi sekalinya naik langsung mendongak sekitar 50[sup]o[/sup] ke atas...seperti kaget...namun bisa saya akali dengan menggabungkan fungsi aileron dengan flap, menjadi flaperon yang kita gunakan pada saat rogging, dengan mengaktifkan fungsi flaperon maka saya bisa:
- menambah daya lift pesawat
- membuat pesawat menjadi lebih pendek roggingnya dan;
- pesawat dapat take-off dan landing dengan lebih smooth
mungkin masukan saya ini bisa oom heri coba thanks!
TX saya masih yang murahan om , nggak ada fungsi flaperon,yang ada mix elevon, mengacu pada
" minimalis realistis " akan saya coba akali remote saya jadi tambahan flap dengan memanfaatkan channel 4 (rudder) karena nggak kepake, sayang nggak difungsikan.

buat teman-2 sesama grage, masukannya semua sangat berharga.
siaaap ditunggu reportnya oom...semoga berhasil dan goodluck!
PROGRESS HARI KE 4....
Hari ini saya coba modif TX standart saya eks wilga 2000, 4 channel ( ada fungsi elevon ) dirubah menjadi fungsi " flaperon "
karena channel 4 rudder jarang dipake , jadinya rudder dipindahkan ke fungsi elevator, fungsi elevator dipakai buat flap ( dip switch mix chanel 1 dan 2 on ).
urut-2 an chanel pada RX sbb :
Channel 1 = fungsi aileron (disambung pada servo aileron kiri )
Channel 2 = fungsi flap ( disambung pada servo aileron kanan )
Channel 3 = fungsi throtlle ( ke ESC )
Channel 4 = fungsi elevator ( ke elevator )
keuntungannya :
besar sudut flap bisa diatur up/down sesuai kebutuhan
modif yg dilakukan pada TX standart sbb :
1. lepas potensiometer channel 4 untuk gerakan rudder ( solderan kabel jangan dilepas )
2. lepas potensiometer channel 2 untuk gerakan elevator
3. pasang potensiometer dari channel 4 yg sdh dibuka tadi ke tempat potensiometer channel 2
4. potensiometer channel 2 dipasang di bagian lain TX, dan dipasang knob potensio sehingga dapat di ajusdt dari luar ( posisi normal kedudukan knob
potensio pada center )
5. Pasang saklar toglle di bagian yg dikehendaki , fungsinya untuk flap pada saat akan take off dan landing, 2 kabel pada saklar dipararel dengan dua
kabel pada potensiometer ( 1 ke bagian tengah, 1 kebagian pinggir. potensio ada 3 kabel )
6. TX siap digunakan........dapat dipakai untuk pesawat dg fungsi elevon, flaperon, atau tanpa kedua fungsi tsb.
7. Tidak perlu mengeluarkan biaya yg mahal , cukup beli saklar toggle, jadi deh TX sesuai kebutuhan kita.....
saya sudah coba pada cessna 337 dan hasilnya sangat memuaskan..
Selamat mencoba.......
TX standar saya.
setelah modifikasi......
saklar flap....
knob ajust sudut flap.....
potensio channel 4 yg dilepas
pemasangan knob potensio.
2 bh kabel dari saklar flap yang dipararel dg kabel di potensiometer channel 2
