Page 6 of 20

Posted: 31 Oct 2008, 11:26
by medy
tuh.....nasip.....nasip......

Posted: 31 Oct 2008, 13:32
by Syafik
Tapi tenang om yang penting diterbangkan dulu lihat bagaimana hasil terbangnya...

Posted: 31 Oct 2008, 13:40
by suprayitno
Pemula 1 wrote:
medy wrote:........ untuk nemo kok powernya kecil, karena take of tidak kuat, tetapi musti dilempar ....saya masih belum paham
kemudian di fertikal finnya klu digerakin mentok kena....saya tdk tau namanya gambar ada :

SOAL kekuatan memang diakui ok....crash tidak ada cacat sedikitpun.



Nemo ini memang kalau menggunakan motor yang ada Motor: 370s (brushed) dan Battery: 9.6V NI-MH 650mAh Speed controller:20A memang kurang memadai untuk terbang dari lapangan yg kurang rata, tapi kalau take offnya dari aspal harusnya bisa.......rekomendasi di ganti dgn brushless 2408 dan ESC18-25amp batt 3ceell 11.1v 1300mAh baru akan lebih baik.....(bisa untuk basic 3D).......

juka vertical fin (rudder) mentok ke Elevator, push rod untuk elevator di cantolin ke lubang servo horn yg terpendek, jgn yang terluar pak...kalau remotenya pakai Futaba bisa mengggunakan EPA dikecilin, jika JR maka travel adjustnya dikurangi..........tetapi saya lebih suka potong elevator supaya gerakan rudder (incidentnya/thrownya besar) ........selamat mencoba


Dipotong kayak begini ya pak.
Image

Posted: 31 Oct 2008, 13:44
by Budi
suprayitno wrote:Dipotong kayak begini ya pak.
Image


Benar pak.........yang penting tidak kena rudder pada maksimum throw. diusahakan yg dipotong seperlunya saja supaya tidak mengurangi surface control area elevator......

Posted: 31 Oct 2008, 14:38
by medy
thanks pak prayid kapan mulai dipotong....jangan saya yang motong...nanti malah jadi dua itu nemo.......

Posted: 31 Oct 2008, 14:47
by Syafik
Saran lagi taruh pushrod dilubang clevis di bagian dalam dan sisanya dipotong biar gak terlalu banyak potong elevatornya...

Posted: 31 Oct 2008, 15:08
by suprayitno
Mana-mana, mana nih yang di potong? Cutter, penggaris, spidol dah siap.

Posted: 31 Oct 2008, 15:12
by Budi
Syafik wrote:Saran lagi taruh pushrod dilubang clevis di bagian dalam dan sisanya dipotong biar gak terlalu banyak potong elevatornya...


ini dia nih kuncinya.........untuk pesawat 3D umumnya throw atau defleksi control surface harus maksimum.......
lubang terdalam di Clevis Rudder dan lubang terluar di servo horn.......supaya dgn travel ygsama defleksi rudder lebih besar.....

Posted: 31 Oct 2008, 15:35
by suprayitno
Pemula 1 wrote:
Syafik wrote:Saran lagi taruh pushrod dilubang clevis di bagian dalam dan sisanya dipotong biar gak terlalu banyak potong elevatornya...


ini dia nih kuncinya.........untuk pesawat 3D umumnya throw atau defleksi control surface harus maksimum.......
lubang terdalam di Clevis Rudder dan lubang terluar di servo horn.......supaya dgn travel ygsama defleksi rudder lebih besar.....


Siip bos laksanakan.......

Posted: 31 Oct 2008, 19:17
by sevenslidegrills
Syafik wrote:@Medy: saran saya... jangan tanggung buat nemo kalau mau enak, ganti motor pake BL... coba GWS blm003 1030kv uenak banget... escnya 25A dg lipo 3sel 1000-1300mah pasti mantap buat hover2 hehehe... sekalian belikan RX trus pake JR nya pasti maknyus...

Tempo hari waktu di laguna ada temen main nemo RTF di maiden, hasilnya pertama terbang sangat kurang power apalagi angin cukup gede, terbang kedua dudukan motor (mounting) copot, terbang ketiga lebih naas motor langsung mati (hangus) setelah nyoba lipo 3sel. Minggu depannya nemo diganti motornya ke tempatnya pak Hany diganti motor 250wat, esc 25A, lipo 3sel baru sangat ngacir buat jumpalitan serasa nggak ngoyo sama sekali...


Habis kena racun wilga, trus kena lagi nemo, e sakarang kena lagi motor barushless+ESC.
Welcome to the jungle deh om, Dunia itu keras!
\:D/ \:D/ \:D/ \:D/ \:D/ wakakakakakakaka