Page 6 of 9
Posted: 14 Aug 2007, 06:03
by Redblur
ya bukan sampe habis hehhe
tpai masih ok tuh batre
yg kembung juga
tinggal tunggu tanggal Kempes aja hehe!!
siapa tau keluar lipo kecil
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
Posted: 14 Aug 2007, 08:18
by fikri
jangan dibakar yah blur batreynya...

Posted: 14 Aug 2007, 10:17
by nubli
Budiman wrote:...
....
Penggunaan ballancer dan charger yg punya kemampuan utk auto cut off wkt full charging sangat berguna..Wall charger tidak worthed utk battery Li-Po..dan sangat membahayakan.. krn charger akan terus mengisi sampe kapanpun..saya sudah meledakkan 1 battery Li-Po..gara2 pake wall chager...
Demikian semoga bisa membantu
salam,
Budi
bener sekali pak budi, saya sudah meledakkan 4 cell penggunaan wall charger.. hati2 ya..
sekarang saya guna power supply yang bisa hasilkan 12-16 volt, kemudian saya sambungkan kepada Lipo charger yang punya auto cut off, kemudian baru sambung kepada LIPO.. hasilnya bagus.. bila sudah capai 12.6V lantas auto cut off..
happy fly, and good luck
Posted: 14 Aug 2007, 11:53
by Ravenchan
kalo pake wall charger seperti bawaan DF4 gimana ya? kan dah ada kotak kecil balancernya. apakah itu juga berbahaya? charger ini masih saya pakai sampai sekarang, kemampuan isinya tidak bisa full mencapai 12.6 V setelah saya ukur persel tidak maksimal.. batere yang sudah dicharge dan belum full dengan charger digital JB1100 tidak sampai full, kemudian saya sambung ngecasnya pake wallcharger berikut balancernya.. ternyata sudah terbaca full ..
btw.. saya ingin bertanya juga jika batere lippo ada yang gepeng akibat crash tapi tidak sampai bocor apakah msih aman untuk dipakai? jika di cas masih sanggup isi dan tegangan juga bagus.
apakah batere lippo lebih bagus jika dilapisi busa diluarnya? maksudnya untuk menghindari kerusakan batere bila terjadi crash..semisal gepeng atau penyok terutama di bagian sudut2nya
Posted: 14 Aug 2007, 13:52
by nyonk
bateray sih nggak usah di lapisin om, yang perlu di lapisi busa adalah reciver nya, biar tetap aman kalo crash...........
Posted: 14 Aug 2007, 14:16
by MrDoms
Blur... kalau udah gembung saran saya dibuang saza. Tapi kalau tau tekniknya hanya cell yang gembung aja yang dibuang, misalnya dari 3 cell jadi 2 cell (re-assembled)... paling tidak menghilangkan rasa waswas pada saat re-charge...
tapi lebih baik dihindari... ntar kamu di tuntut loh...
tapi kalo batre kecil dah keluar... ya mesti diadain selametan...hehehehe...
Posted: 14 Aug 2007, 19:06
by sudjai sarmo
Benar, kalau punya LiPo tiga pcs dan masing2 gembung satu cell tinggal buang yang gembung maka dua pcs masih bisa diselamatkan.
Posted: 14 Aug 2007, 21:58
by Budiman
nubli wrote:Budiman wrote:...
....
Penggunaan ballancer dan charger yg punya kemampuan utk auto cut off wkt full charging sangat berguna..Wall charger tidak worthed utk battery Li-Po..dan sangat membahayakan.. krn charger akan terus mengisi sampe kapanpun..saya sudah meledakkan 1 battery Li-Po..gara2 pake wall chager...
Demikian semoga bisa membantu
salam,
Budi
bener sekali pak budi, saya sudah meledakkan 4 cell penggunaan wall charger.. hati2 ya..
sekarang saya guna power supply yang bisa hasilkan 12-16 volt, kemudian saya sambungkan kepada Lipo charger yang punya auto cut off, kemudian baru sambung kepada LIPO.. hasilnya bagus.. bila sudah capai 12.6V lantas auto cut off..
happy fly, and good luck
Alo Pak Cik Nubli,
Untuk lebih amannya lagi,..penggunaan ballancer after charger adalah sangat bagus...apalagi jika ballancer yang digunakan adalah yang mempunyai kemampuan ballancing yang soft dan selalu mendeteksi tiap cell setiap connect dengan battery.
salam,
budi
Posted: 14 Aug 2007, 22:07
by Budiman
Ravenchan wrote:kalo pake wall charger seperti bawaan DF4 gimana ya? kan dah ada kotak kecil balancernya. apakah itu juga berbahaya? charger ini masih saya pakai sampai sekarang, kemampuan isinya tidak bisa full mencapai 12.6 V setelah saya ukur persel tidak maksimal.. batere yang sudah dicharge dan belum full dengan charger digital JB1100 tidak sampai full, kemudian saya sambung ngecasnya pake wallcharger berikut balancernya.. ternyata sudah terbaca full ..
btw.. saya ingin bertanya juga jika batere lippo ada yang gepeng akibat crash tapi tidak sampai bocor apakah msih aman untuk dipakai? jika di cas masih sanggup isi dan tegangan juga bagus.
apakah batere lippo lebih bagus jika dilapisi busa diluarnya? maksudnya untuk menghindari kerusakan batere bila terjadi crash..semisal gepeng atau penyok terutama di bagian sudut2nya
Alo Pak Raven,
Menurut pengalaman saya..battery yg penyok..dengan catatan penyoknya tidak sampai merubah bentuk fisik battery secara keseluruhan..masi bisa dipakai...
Tapi sebelumnya utk memastikan..cek dulu voltage tiap cell..utamanya pada saat full charge..kalo masi bisa mencapai 4,2 volt per cell ..masi ok lah..tapi seperti yg telah saya sarankan...pakailah ballancer setiap kali charging..jadi lebi aman...
Kalo bole saya bilang...battery Li-Po ini perlu kita waspadai pd waktu charging...salah threadment pada tahap ini..akibatnya battery bisa meledak,Pak....Oleh sebab itu penggunaan charger dan ballancer yg masing punya kemampuan auto cut off..adalah sangat penting... bahkan dgn 2 alat ini,sampean bisa tau cell mana yg sudah tidak bisa di tolong lagi..krn biasanya ballancer akan memberi indikasi..cell sekian sudah Knock Out..dan pd saat yg bersamaan akan memutus hubungan listrik antara charger, ballancer dan battery..
Demikian semoga bisa membantu
salam,
budi
Posted: 20 Aug 2007, 10:18
by chandra
Budiman wrote:chandra wrote:Thanks Pak Budiman,
Akhirnya baterei lipo saya tusuk 2 cell yang dipinggir,karena tetap mengembung walaupun sudah didinginkan di ruangan ber Ac berhari2.
ditusuk kulitnya dengan hati hati dan kempes lalu bisa dipake lagi. setelah kempes lubang saya tutup pake lakban.
Alo Pak Candra..
Wah jadi sampean nekat juga ya..hehehe
Terus lubang hasil tusukan kalo bisa si jangan ditutup rapet2..harapannya gas bisa keluar dr lubang tsb..ini saran saya..
salam,
budi
Thanks Pak Budiman
setelah ditutup dan dipake, lalu saya charge lipo mengembung lagi .
jadi lubangnya saya buka lagi setelah full charge agar gas bisa keluar.
kemudian saya lakban lagi .