BINGUNG CG YANG BENAR..

Diskusi pesawat rc secara umum

Moderators: toto, Susilo

User avatar
wibawana
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 166
Joined: 04 Jun 2009, 07:26
Location: Bali
Contact:

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..

Post by wibawana »

iwan21 wrote:CG Cessna antara 25 - 30 % dari lebar sayap
kok digantung?, ngetesnya ya pake jari diletakin dibawah kiri kanan sayap pas diantara 25-30% itu
kalo ekor turun, batere geser kedepan, kalo ekor naik, mundurin batere

Kalo terbang madep angin ya pasti cenderung up, tapi ada kemungkinan juga :
1. masih tail heavy
2. wing incidence kegedean/ posisi pasang sayap depannya ketinggian
3. down thrust kurang
klo dicari ketinggian sayap itu beda berapa cm om? antara sayap depan dan elevator?
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 13591
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..

Post by iwan21 »

wibawana wrote: klo dicari ketinggian sayap itu beda berapa cm om? antara sayap depan dan elevator?
1 sampe 2 derajat udah cukup, gak perlu bnyak2 sampe 3 derajat
bahkan ada beberapa temen2 yg bikin nol derajat aja wing incidencenya
User avatar
christoffel
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1547
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..

Post by christoffel »

beda ketinggian sayap dari horisontal stab itu nggak ada pengaruh nya terhadap lift (yg ada sedikit pengaruh adalah efisiensi stab, karena terkena wake dari sayap. T-tail lebih efektif karena posisi nya yg di atas sayap sehingga minim terkena pengaruh wake sayap). yg benar adalah seperti jawaban suhu iwan21, yaitu sudut antara sayap terhadap horisontal stab (ini yg namanya AoA atau sudut serang). posisi stab nya boleh saja di atas (T-tail) atau sama ataupun di bawah sayap.
User avatar
opikandy
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 200
Joined: 23 Dec 2011, 21:56
Location: Banda Aceh - Surabaya

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..

Post by opikandy »

Kalau untuk menentukan CG mungkin link ini dapat membantu om :

http://www.palosrc.com/index.php?option ... &Itemid=50

bisa juga link yang ini om :

http://www.flyingsites.co.uk/downloads/index.htm




sekalian Ikut menimba ilmu dari suhu2

Jadi klo untuk pesawat jenis pattern F3A (aerobatik) antara sayap dan horizontal stab apa ada beda sudut ato sudutnya 0dec

Krn yang saya ketahui pesawat ini tidak perlu banyak koreksi untuk berbagai macam gerakan aerobatik

Mohon bimbingannya

Salam
Post Reply

Return to “RC Airplane : General”