Page 1 of 3

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..

Posted: 07 Jul 2012, 04:07
by wibawana
iwan21 wrote:CG Cessna antara 25 - 30 % dari lebar sayap
kok digantung?, ngetesnya ya pake jari diletakin dibawah kiri kanan sayap pas diantara 25-30% itu
kalo ekor turun, batere geser kedepan, kalo ekor naik, mundurin batere

Kalo terbang madep angin ya pasti cenderung up, tapi ada kemungkinan juga :
1. masih tail heavy
2. wing incidence kegedean/ posisi pasang sayap depannya ketinggian
3. down thrust kurang
klo dicari ketinggian sayap itu beda berapa cm om? antara sayap depan dan elevator?

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..

Posted: 07 Jul 2012, 09:26
by iwan21
wibawana wrote: klo dicari ketinggian sayap itu beda berapa cm om? antara sayap depan dan elevator?
1 sampe 2 derajat udah cukup, gak perlu bnyak2 sampe 3 derajat
bahkan ada beberapa temen2 yg bikin nol derajat aja wing incidencenya

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..

Posted: 07 Jul 2012, 10:20
by christoffel
beda ketinggian sayap dari horisontal stab itu nggak ada pengaruh nya terhadap lift (yg ada sedikit pengaruh adalah efisiensi stab, karena terkena wake dari sayap. T-tail lebih efektif karena posisi nya yg di atas sayap sehingga minim terkena pengaruh wake sayap). yg benar adalah seperti jawaban suhu iwan21, yaitu sudut antara sayap terhadap horisontal stab (ini yg namanya AoA atau sudut serang). posisi stab nya boleh saja di atas (T-tail) atau sama ataupun di bawah sayap.

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..

Posted: 07 Jul 2012, 11:43
by opikandy
Kalau untuk menentukan CG mungkin link ini dapat membantu om :

http://www.palosrc.com/index.php?option ... &Itemid=50

bisa juga link yang ini om :

http://www.flyingsites.co.uk/downloads/index.htm




sekalian Ikut menimba ilmu dari suhu2

Jadi klo untuk pesawat jenis pattern F3A (aerobatik) antara sayap dan horizontal stab apa ada beda sudut ato sudutnya 0dec

Krn yang saya ketahui pesawat ini tidak perlu banyak koreksi untuk berbagai macam gerakan aerobatik

Mohon bimbingannya

Salam