hoi hoi hoi...
sengaja taro disini biar lebih afdol. hehehe...maap ya pak WR
bermula dari tanggal 23 kemaren, rencana mau maiden Kyosho Curtiss P40 Warhawk. pagi pagi sekali Afat alias Feri nelpon jam 6.09 ngajakin maen. yo wis ngacir ke tempat dia, setelah sebelumnya bertapa barang 1 atau 2 menit di wc. tapi semakin dilihat
nih cuaca koq semakin ngajak berantem ya?

foto didepan warnet saya sebelum si afat mampir menjemput pesawat saya. pas nyampe, si afat ternyata bawa 2 heli, Hirobo
Shuttle sama Raptor 50. so berangkatlah kita ke airport nanga pinoh.
eh beneran, nyampe dilapangan, hujan makin deras. nasib oh nasib. terpaksa ngejogrok didepan ATC sambil nunggu hujannya reda sembari bercanda canda sama afat dan ajun.
makin lama nunggu, tuh hujan makin seenaknya. si afat yang napsu terbang udah diubun ubun, ngamuk dan segera mengeluarkan shuttle nya. masa bodo katanya. wakakakakaka....


terbang ga lama, makin jengkel dia. 'ada tempat lain ga?', sy ma ajun ketawa. 'ada, kuburan'. 'ayo cabut' hooooo............mimpi apa dia semalam?
jadi...dengan menguatkan hati, sambil berdoa didalam hati...wajah the three musketeers tampak tegang...sambil mencium bumi memohon restu...berangkatlah para musketeers dengan hati ketar ketir....akhirnya...gerbang peristirahatan pun tampak bagaikan mulut monster....halaaah....paan sih...wakaka...nyampe lokasi, langsung berebutan turun ke bangunan kecil dipuncak bukit diareal pekuburan itu. tau ga, ditempat ini biar kata horor, banyak orang pacaran n mabuk mabukan. udah pada mental baja kali ya? disekitar areal pekuburan itu banyak ditemukan botol botol miras dan obat obatan. mungkin sudah seharusnya diadakan razia malam hari, baik oleh aparat maupun penduduk setempat.

ini airport keliatan dari atas bukit itu (klik untuk perbesar). perhatiin dibagian kiri bawah foto, ada kelihatan terpal biru? itu kuburan teman main basket saya. cewek umur 22 tahun, baru dikubur kemarin sore. dia meninggal karena kanker rahim. what a sad story...semoga dia beristirahat dengan tenang disana.

back to topic, ini heli afat sedang hover di pendopo kecil kuburan. main ga lama, abis hovernya ga enak gara gara efek turbulence. jadi pagi itu disudahi dulu.

siangnya, jam 12. cuaca mulai cerah. iseng iseng sy telpon afat nanyain tx sy apa ada di mobil dia. dia bilang ada. trus nanya mau main ga skr? gw bilang ayo aja. jadi dengan semangat 45, berangkat lagi keairport.

lagi test engine. ga ketemu settingan idle sama high rpm. mana landing gear nya ternyata bengkok ke kiri. pesawat jadi belok ke kiri terus. parah wae. akhiran ga jadi maiden hari itu.

pulang kerumah. pegel dan jengkel...ajun ajak panggang sate. tapi berhubung sate ga ada, gantinya landing gear Warhawk dipanggang. ternyata alot sodara sodara! urusan landing gear kelar, pulang telpon boss adi dibantu pak Lukman dari Aerotech untuk setting engine. sip! langsung setting engine, tapi setting ga lama, terdeteksi ada kebocoran ga wajar dari fuel tank. pas di periksa, ternyata mulut fuel tank pecah gara gara terlalu kuat menguncinya. akhiran di akali pakai hot glue, kawat dan araldite. tokcer, dipasang lagi, tapi ga sempat setting engine lagi karena terlalu malam. tanggal 27 kemarin, pagi pagi ajak afat main. ok! singkat kata, berangkat ke airport lagi. sayang sungguh disayang, abanglah senang...eleh...dangdut pula!. maksudnya, sayang bener kamera ketinggalan. jadi ga dibawa deh. afat langsung terbang raptor dengan kompori ajun yang berakibat raptor tersebut mencangkul tanah. afat bilang heli nya terbang nose in, saya dengan ajun bilang side in. debat sana debat sini. hahaha....heli nya hancur di tail boom, blades dan rotorhead. tapi afatnya cuek aja. emang edan pilot kita satu ini.
trus sy sama ajun kembali sibuk setting engine. masih ga dapet dapet. afat jengkel ngeliat tuh warhawk ga terbang terbang dari kemaren, langsung ambil alih. gila! ga ampe 10hari...eh...10 menit, langsung dapet idle sama high rpm nya. emang mantap teknisi kita ini. jadi...langsung cabut ke runway untuk take off. ketar ketir, takut crash, takut nangis darah tapi penasaran. akhiran naikin throttle pelan pelan. ga ampe 25%, ekor warhawk mulai terangkat. mau digas lagi, brebet dan mau mati, celaka! warhawk udah keburu airborne. ya udah terbang dengan throttle 25%. warhawk masih mampu naik tinggi. gila JBA 56 emang tokcer. ga sempat nyoba roll maupun loop karena takut kalau crash besok jadi singa ompong lagi. hehehe...jadi langsung landing lagi. landingnya mantap, meluncur deras sekali. begitu landing afat kembali ambil alih untuk setting engine lagi. setting sana setting sini, makin kacau. bunyinya makin aneh. kayak ada sekeluarga dinosaurus didalam pesawat itu. akhiran afat suruh bongkar sayapnya. pas dibongkar, buju buneng, servo throttle terlepas dari dudukannya. ya udah akhiran pulang.
pagi tadi tanggal 28 Agustus 2007, jam 6.30 ajun pagi pagi kerumah jerit jerit kayak preman pasar kejepit pintu. wakakaka...kurang tidur saya gara gara kebanyakan mikirin miyabi cabut ke airport, ajun bawa TWM SuperSport 40S. karena sudah diset dengan baik sama si afat, jadi hari ini bisa terbang seenaknya. coba start engine, agak susah dan keras. ternyata harus dibalikin pesawatnya (karena engine posisinya terbalik) baru gampang start.

warhawk mengambil posisi untuk take off.

gara gara kepala yang gatal, warhawk jadi nungging.




start engine lagi. throttle ga ampe 50%, ekornya udah naik. langsung airborne tajam. wooooooo.....
muter sana muter sini. coba loop. coba roll. ah! warbird emang ga cucok bo! sebel deh eikeh!
akhiran diputusin landing. sy cut enginenya. ternyata salah perhitungan, kecepatan pesawat terlalu rendah. pas mendarat, bounce dengan keras dan naik kembali sekitar 2 meter. sy kaget. baru kali ini ngeliat pesawat bouncing setinggi itu. akhiran pesawat itu menghujam runway dengan nose duluan. untung ga kenapa kenapa.

tukang gerobak pulang ke kandang.
start engine lagi. mabur....muer sana muter sini. pas mau nyoba loop. pesawat bergerak dengan liar. sepertinya batt di pesawat udah ga bagus. engine cut off sendiri. pesawat masih laju. tapi mau muter landing kearah sy udah ga mungkin. akhiran diputusin landing menjauh dari posisi sy. terpaksa micingin mata buat melihat posisi pesawat.

runway 28 Airport Nanga Pinoh. ow. ada apa itu diujung kiri landasan?

coba kita lihat lebih jelas...

lokasi tempat afat hover dikuburan...



ow...ternyata warhawk nungging lagi. hobi bener nih pesawat nungging?

onboard camera.

Super Sport versus Warhawk, the Movie
bonus :

nyaris tabrakan.
selesai...celaan dan hinaan dipersilahKEN.

ohya, lupa reviewnya.
Pesawat : Kyosho Curtiss P-40 Warhawk
Stability : 8/10
Manuvers : 5/10 (jelek, gampang stall)
take off : 9/10
landing : 7/10 (tergantung jempol dah ini. yang jelas landing ga bole low speed.)
covering : 4/10 (parah, monokote nya gampang lepas dan sepertinya bukan kualitas terbaik. bener bener a big dissapointment)
overall : 6/10. posisi engine yang terbalik sering merepotkan dan boros minyak karena banyak tertumpah.
semoga berkenan