mau tanya dong
gmn caranya landing tapi tidak loncat2
padahal throttle sudah close eh masih gas nya kenceng
apa trim nya di kurangin ???
glow plug itu untuk semua engine yah?
apa ada ukuran nya??
engine 10 dan 15 bisa ngankat berapa gram??
beginner mau tanya
Moderator: sudjai sarmo
- Redblur
- Lieutenant Colonel
- Posts: 4324
- Joined: 01 Apr 2007, 19:48
- Location: Cinere
- Contact:
- christoffel
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1547
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Pada pesawat, proses landing yg benar itu harus dikondisikan agar pesawat pada tahap hampir stall, alias kecepatannya sudah hampir memasuki stall speed. Stall speed pada tiap pesawat pasti nggak sama, faktor yg paling dominan adalah wing loading & airfoil sayap.
Jadi, body pesawat akan turun (ketinggiannya) bukan karena elevator down (malah biasanya elevator sedikit up) tapi karena memang daya angkat sayap sudah nggak cukup untuk bikin pesawat naik.
Idealnya, saat touch, hidung pesawat malah agak naik, jadi sepertinya pesawat masih pengen terbang, tapi nggak bisa karena kecepatannya nggak cukup tinggi.
Landing loncat2 itu berarti pesawat masih memiliki cukup kecepatan untuk naik, disamping juga ada kemungkinan faktor bounching akibat hard landing ...
Saran saya, jangan terlalu takut untuk nambah throttle ... (Banyak orang takut untuk nambah throttle saat landing karena takut pesawatnya nggak bisa berhenti). Landing dg bantuan mesin jauh lebih enak daripada landing dengan mesin mati ....
Dengan sedikit elevator up, sudut serang sayap akan bertambah, akibatnya drag juga nambah, jadi pesawat akan lebih ngerem. (kalau pesawatnya malah naik, berarti kecepatannya masih terlalu tinggi). Trus setelah memasuki tahap hampir stall, gunakan tenaga mesin untuk menjaga agar kecepatan pesawat bisa bertahan konstan, sampai touch. baru tutup throttle ....
Wah, koq jadi panjang ya ... Sorry ... mudah2-an bisa membantu, dan nggak tambah bingung.
Jadi, body pesawat akan turun (ketinggiannya) bukan karena elevator down (malah biasanya elevator sedikit up) tapi karena memang daya angkat sayap sudah nggak cukup untuk bikin pesawat naik.
Idealnya, saat touch, hidung pesawat malah agak naik, jadi sepertinya pesawat masih pengen terbang, tapi nggak bisa karena kecepatannya nggak cukup tinggi.
Landing loncat2 itu berarti pesawat masih memiliki cukup kecepatan untuk naik, disamping juga ada kemungkinan faktor bounching akibat hard landing ...
Saran saya, jangan terlalu takut untuk nambah throttle ... (Banyak orang takut untuk nambah throttle saat landing karena takut pesawatnya nggak bisa berhenti). Landing dg bantuan mesin jauh lebih enak daripada landing dengan mesin mati ....
Dengan sedikit elevator up, sudut serang sayap akan bertambah, akibatnya drag juga nambah, jadi pesawat akan lebih ngerem. (kalau pesawatnya malah naik, berarti kecepatannya masih terlalu tinggi). Trus setelah memasuki tahap hampir stall, gunakan tenaga mesin untuk menjaga agar kecepatan pesawat bisa bertahan konstan, sampai touch. baru tutup throttle ....
Wah, koq jadi panjang ya ... Sorry ... mudah2-an bisa membantu, dan nggak tambah bingung.
- christoffel
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1547
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
- Redblur
- Lieutenant Colonel
- Posts: 4324
- Joined: 01 Apr 2007, 19:48
- Location: Cinere
- Contact:
- x wing
- Technical Sergeant
- Posts: 625
- Joined: 06 Mar 2007, 10:23
- Location: Pamulang
- Contact:
- Yudha
- First Lieutenant
- Posts: 2732
- Joined: 01 May 2007, 15:20
- Location: Medan
- Contact:
- Redblur
- Lieutenant Colonel
- Posts: 4324
- Joined: 01 Apr 2007, 19:48
- Location: Cinere
- Contact:
- su-31
- First Lieutenant
- Posts: 2507
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
christoffel wrote:Landing loncat2 itu berarti pesawat masih memiliki cukup kecepatan untuk naik...
Yudha wrote:idlle throtle nya terlalu tinggi tuh blur
makasih buat oom Christoffel, bang Yudha & rekan lain tuh Blur...
Ayo, tanya terus.., belajar trus.., terbang terusssssssssss !.
Jangan ngecewain oom Kucing ya... he he he.
- Ary
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1107
- Joined: 16 Feb 2007, 21:10
- Location: Bali
christoffel wrote:glow plug nggak bisa sama untuk semua mesin .... ada macem2 pak ...
tapi OS8 secara umum bisa untuk semua ....
Salam pak Chris, baru gabung ya, dah ditungguin dari dulu...
gimana kabar anak2 asuh pondok candra? dah mantap semua ya... pada hover semua sy dengar...
Pak redblur ini,

beri pencerahan yg banyak pak, biar keracunan enginenya tambah mantap...

- Redblur
- Lieutenant Colonel
- Posts: 4324
- Joined: 01 Apr 2007, 19:48
- Location: Cinere
- Contact:
su-31 wrote:christoffel wrote:Landing loncat2 itu berarti pesawat masih memiliki cukup kecepatan untuk naik...Yudha wrote:idlle throtle nya terlalu tinggi tuh blur
makasih buat oom Christoffel, bang Yudha & rekan lain tuh Blur...
Ayo, tanya terus.., belajar trus.., terbang terusssssssssss !.
Jangan ngecewain oom Kucing ya... he he he.
tapi om wis kemaren aku dah close terus naikin elevator malahan naik ke atas lagi hehehehe
